Siapa yang tak kenal dengan software (perangkat lunak) chatting via internet di komputer? Saya yakin Anda telah cukup akrab atau paling tidak pernah mendengar software chatting ” Yahoo! Messenger “. Kemarin (13/11/2009), secara resmi Yahoo! Messenger 10 diluncurkan. Inilah kira-kira deskripsi tentang Yahoo! Messenger dari website resmi Yahoo! :

Yahoo Messenger adalah sebuah layanan gratis yang memungkinkan Anda untuk melihat ketika teman-teman online dan mengirim pesan instan kepada mereka. Hal ini juga dapat mengingatkan Anda saat ada e-mail baru masuk ke dalam account Yahoo Mail atau account Pribadi Yahoo, atau bila Anda memiliki agenda untuk suatu acara yang dicatat dalam Kalendar Yahoo anda. Yahoo Messenger menawarkan dukungan firewall, sebuah modus siaga yang meminimalkan program sampai sambungan Internet dapat digunakan, kemampuan untuk menyimpan dan mencetak percakapan Anda, dan sebuah tab antarmuka yang memberikan akses cepat ke saham favorit, berita, dan skor olahraga.
Fitur-fitur lainnya mencakup kemampuan untuk menciptakan ruang chat otomatis, harga saham, kemampuan untuk mengirim pesan ke teman-teman (bahkan jika mereka sedang tidak online), modus kompak untuk menyembunyikan Yahoo Messenger sehingga dapat memaksimalkan tampilan layar monitor, Tema Messenger, dan voice chat, yang memungkinkan Anda untuk berbicara secara gratis kepada orang lain di Internet. Ini juga termasuk LAUNCHcast Radio, Yahoo Games, dan Yahoo Audibles. Dengan menggunakan Webcam, Anda dapat melihat siapa yang mengobrol dengan Anda atau melihat Webcam dari semua anggota Yahoo yang telah mengijinkan akses kepada Anda.

YM_10_SSSekarang pada pokok permasalahan yang sebenarnya. Ada satu keluhan yang sering saya dengar ketika orang-orang (termasuk saya) saat ingin mendownload program Yahoo! Messenger. Setiap kali kita men-download Yahoo! Messenger setup dari website resmi Yahoo, sebenarnya kita hanya mendownload file installer kecil pada komputer. Selanjutnya kita membutuhkan koneksi internet online saat instalasi yang digunakan untuk men-download file setup yang sebenarnya. Tentu saja ini bukanlah suatu masalah jika Anda berencana untuk menggunakannya pada satu komputer saja. Tetapi bagaimana jika anda perlu menginstal lebih dari satu komputer? Bagaimana jika Anda ingin menyimpan installer untuk penggunaan di masa depan? Karena Anda akan selalu memerlukan koneksi internet untuk menyelesaikan instalasi Yahoo! Messenger setiap kali Anda akan menjalankan program setup.

Berbekal pengalaman terdahulu saat mencoba untuk mendownload program Yahoo! Messenger v8 dan 9, saya mencoba untuk mendownload installer offline dari Yahoo Messenger dengan menggunakan link yang sama, hanya saja angka versi lama (8 atau 9) diganti dengan angka versi Yahoo! Messenger yang terbaru yaitu angka 10.
Perhatikan link lama yang saya gunakan untuk mendownload YM versi 9:

[http://us..com/do..com/dl/msgr9/us/ymsgr9us.exe]

Sekarang saya mengganti angka 9(untuk YM versi 9) menjadi angka 10 (YM versi terbaru)

[http://us..com/do..com/dl/msgr10/us/ymsgr10us.exe]

Trik ini ternyata berhasil dan membuat saya bisa mendownload program installer YM 10 versi offline-nya. Dan yang menarik, link ini ketika kita download menggunakan program downloader akan membawa kita ke file installer yang terbaru secara otomatis (saat saya menulis artikel ini, nama file installernya menjadi ‘ymsgr1000_1102_us.exe’).
Bagaimana, sudah tidak sabar lagi untuk segera mencoba Yahoo! Messenger 10? Silahkan download offline installer-nya [ Klik di SINI ]. Untuk yang lebih suka menggunakan Yahoo! Messenger 10 dalam bahasa Indonesia, bisa download [ Klik di SINI ].

Selamat berchatting ria.