Di awal tahun ini, seorang teman sempat bertanya kepada saya: “Wah, sekarang website kamu sudah terpasang iklan dari giveawayoftheday.com ya? Daftar di mana? Dapat duit berapa tiap bulannya atau paling tidak, berapa dollar komisi yang kamu terima kalau ada yang klik di sana?”.
Kemarin, saya mendapat email pribadi dari salah satu pengunjung setia AcaRossa (terimakasih, tulisan ini terinspirasi oleh Anda) yang isinya juga menanyakan hal yang kurang lebih sama seperti yang dulu ditanyakan oleh teman saya. O_o?

Jika Anda memperhatikan ruang sebelah kanan dari website AcaRossa ini, tampak sebuah kolom khusus bertajuk “SOFTWARE GRATIS SETIAP HARI – Giveaway of the Day”. Kolom khusus ini akan menampilkan isi yang berbeda setiap harinya, terutama setiap jam 15.00WIB.

Bagi AcaRossa, banner Giveaway of the Day ini lebih dari sekedar banner biasa, tapi merupakan papan pengumuman layanan masyarakat. Mengapa demikian? Karena dengan memperhatikan tampilan di sana, kita bisa mengetahui software apa yang hari ini sedang diberikan gratis oleh giveawayoftheday.com.

Apa atau siapa giveawayoftheday.com ini?
giveawayoftheday.com adalah sebuah website yang secara khusus memberikan software gratis dan resmi dari bermacam developer yang berbeda setiap hari. Mulai dari konverter video, musik atau gambar, pengatur partisi harddisk, bahkan sampai software-software aneh bin ajaib yang tidak pernah kita duga ada sebelumnya. Lebih tepatnya, website ini adalah ajang promosi dan persaingan para developer software di dunia.
Kedengarannya memang seperti hal yang mustahil, bagaimana mungkin para developer software bersedia memberikan software hasil ciptaannya secara cuma-cuma tanpa mengharapkan imbalan.
Benar, memang ada hal-hal yang diharapkan sebagai imbalan (meskipun secara riil tidak merugikan kita sama sekali) jika ditelaah lebih dalam.
Kondisi yang berlaku di sana sebenarnya cukup mudah dipahami, yaitu:

  • Bagian dari software development. Bagi pengembang software (terutama produser baru), bisa dikatakan giveawayoftheday.com (GOTD) adalah tempat untuk mengetes produk mereka.Pengguna dianggap sebagai beta tester. Setiap kali sebuah software diberikan gratis, akan selalu muncul komentar-komentar di sana. Dari orang awam hingga ada sebuah website yang secara khusus sering memberikan kritik plus dan minus. Tentu ini akan menjadi input balik yang sangat bagus bagi para pengembang software dalam perbaikan mutu software-software hasil kreasi mereka di kemudian hari.
  • Ajang unjuk gigi dan adu supremasi. Fakta: Jika sebuah software diberikan gratis oleh developer A, maka developer B,C dan seterusnya tentu merasa tersaingi. Tak ingin ketinggalan para peminat, para developer dengan bidang produk software yang sama tentu berusaha merebut simpati dengan memberikan software yang lebih dari para pesaing. Contoh: Paragon -x- Easeus, WinX -x- Extra, Wondershare -x- iPixSoft, dsb.

Lalu, apa keuntungan bagi AcaRossa dengan memasang banner Giveaway of the Day?
Secara materiil, TIDAK ADA. Karena pemasangan banner ini murni tanpa kompensasi apapun alias sukarela. Tidak ada komisi atau komitmen khusus. Tetapi secara moral, dengan memasang Banner GOTD di AcaRossa, saya merasa sangat senang karena dengan cara inilah website AcaRossa bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat berupa informasi adanya software berbayar tetapi bisa kita dapatkan dengan gratis dan legal untuk semua pengunjung AcaRossa atau siapapun yang memerlukan, terutama untuk orang-orang Indonesia.

Adakah saran untuk pengunjung AcaRossa?
Tentu. Saya pribadi sangat menganjurkan agar para pengunjung AcaRossa ikut menikmati software gratis yang digelar di GOTD. Karena bagaimanapun bentuknya, GRATIS adalah kata-kata yang sangat menyenangkan untuk didengar.
Tapi ada beberapa hal yang semestinya diperhatikan, yaitu:

  • Tidak semua software yang diberikan secara gratis di GOTD sana diperlukan oleh orang-orang semacam kita. Jika Anda merasa software yang diberikan di sana saat itu kurang bermanfaat bagi Anda, jangan didownload. Ingat, 1 hari = 1 software gratis. Bisa-bisa komputer kita hanya penuh dengan software yang malah bikin pusing karena bingung mau menggunakan yang mana. Pengalaman saya pribadi, diantara 100 software gratis dalam 3,5 bulan, separuh di antaranya hanyalah software konverter video dalam berbagai merek berbeda saja.
  • Software yang diberikan gratis di GOTD hanya software sekali jalan. Artinya, kita hanya bisa memasang software itu HANYA pada hari dimana software itu diberikan secara gratis. Harus online ke internet, karena kode lisensi akan diberikan secara kasat mata, langsung di seting otomatis di komputer kita. Tanpa program setup/installer, atau catatan kode lisensi. Jadi misal harddisk kita perlu diformat ulang atau reinstall Windows, musnah sudah software-software gratis yang sudah terpasang tadi.
  • Tidak disediakan versi pembaruan. Artinya Anda tidak bisa update software tsb ke versi yang lebih baru (jika ada), kecuali jika Anda bersedia membeli dengan harga upgrade (diskon).
  • Kadang-kadang para developer software meminta alamat email kita untuk mengirim lisensi (meskipun ini jarang sekali terjadi). Dalam hal ini, biasanya mereka ikut memberikan program installer untuk kita, agar bisa digunakan/diinstall di kemudian hari. Jika developer software ini punya nama bagus dan terpercaya (contoh: Paragon dengan Partition Managerâ„¢ 9.5 Professional-nya, WOW, Kereeeen), jangan sungkan-sungkan untuk memberikan alamat email kita. Sikat aja Bosss!
  • Mari kita berdoa bersama-sama agar Microsoft juga ikut di GOTD. Siapa tahu Windows 7 juga ikut diberikan gratis. Amiiiin.

Kesimpulan Akhir?
Tidak ada. Silahkan kunjungi GOTD dengan harapan bisa menemukan software idaman Anda secara gratis. Klik banner di samping kanan website ini, atau ketik saja giveawayoftheday.com atau Giveaway of the Day di browser Anda, dijamin Google (kalau tercantum di browser Anda) akan segera membawa Anda ke GOTD. Tuh kan, Google aja tahu…