Ada banyak sekali software di luar sana yang difokuskan untuk menangani baterai di laptop kita, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Dari yang punya kemampuan paling dasar seperti untuk informasi status baterai, otomatisasi skema daya, kalibrasi baterai sampai yang terberat layaknya software diagnosa (benchmark) kemampuan maksimal suatu baterai dalam tahap-tahap tertentu. Di sini banyak sekali titel software yang beradu nama, semacam BatteryCare, BatteryBar, BatteryEater dsb.
BatteryCare adalah software yang paling saya sukai karena sifatnya yang gratis (freeware) serta fitur-fiturnya cukup lengkap dan bagus. Kemampuan prima yang cocok untuk para pemilik laptop  yang tidak ingin pusing memikirkan cara perawatan baterai, kalibrasi atau apalah namanya karena semua sudah di kontrol oleh program manis dan powerful ini.
Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, ada baiknya para pembaca yang punya laptop atau yang tertarik dengan tulisan ini untuk mengetahui lebih dahulu dasar-dasar pemakaian dan perawatan baterai laptop yang benar [ Baca tulisan saya sebelumnya tentang cara penggunaan baterai laptop yang tepat ].
Jika sebelumnya saya telah menjelaskan apa yang harus dilakukan untuk menjaga baterai laptop agar tetap punya performa prima secara manual, maka kali ini saya akan membahas cara melakukan perawatan dan kalibrasi baterai laptop secara software yaitu dengan BatteryCare.
BatteryCare adalah sebuah perangkat lunak (software) yang punya kemampuan untuk mengoptimalkan penggunaan dan kinerja baterai laptop. Program ini akan memonitor siklus pemakaian baterai, menganjurkan kalibrasi secara otomatis  sehingga meningkatkan masa pakai baterai laptop itu sendiri.
Berikut adalah kemampuan BatteryCare yang cukup signifikan dalam perawatan baterai:

  • Algoritma penghitungan yang akurat karena semua aktifitas baterai (siklus pengisian dan pemakaian) tercatat dalam log tersendiri. Ketika batas siklus pemakaian baterai sudah tercapai, akan muncul pop up notifikasi yang mengingatkan bahwa proses pengosongan penuh dan kalibarasi baterai perlu dilakukan.

  • Menunjukkan semua informasi rinci tentang baterai laptop anda, seperti tingkat pakai, kapasitas, konsumsi, pabrik pembuatnya, dll.

  • Ketika sedang menggunakan baterai untuk operasional laptop, statistik waktu yang tersisa dan prosentase daya akan ditampilkan secara akurat lewat tampilan ikon di taskbar Windows.

  • Tergantung pada sumber daya yang sedang digunakan laptop, BatteryCare dapat secara otomatis memilih skema daya yang bisa anda definisikan sebelumnya.
  • BatteryCare sangat ringan di sumber daya, hanya menggunakan sekitar 0,1% dari sumber daya Prosesor and Memori.
  • Mulai dari Windows Vista ke atas, saat laptop berjalan menggunakan baterai untuk operasional, BatteryCare akan menon-aktifkan Windows Aero (thema Windows yang mengeksplorasi kemampuam maksimal kartu grafis untuk efek tampilan, seperti transparasi window) sehingga waktu hidup baterai lebih awet.
  • SuperFetch, ReadyBoost dan SearchIndexer adalah tiga layanan (service) Windows Vista ke atas yang dalam modus baterai sekalipun, akan terus mengakses hard disk dan banyak meningkatkan konsumsi daya total, sehingga menurunkan masa pakai baterai. Layanan ini juga akan ditangguhkan sementara oleh BatteryCare saat menggunakan baterai.
    Untuk sekedar diketahui, 3 layanan ini sama sekali tidak berdampak negatif terhadap kinerja atau keamanan Windows saat dinon-aktifkan. Windows Aero,SuperFetch, ReadyBoost dan SearchIndexer akan diaktifkan kembali setelah laptop kembali menggunakan listrik A/C (PLN).

BatteryCare bisa anda download [ Klik di SINI ] dan install di laptop anda tanpa biaya sedikitpun karena software ini termasuk kelas gratis atau freeware.

Tapi harus diingat, meskipun BatteryCare sangat efektif dalam melakukan fungsinya, tetap saja pada saat pengosongan penuh dan kalibrasi baterai laptop anda harus melakukannya secara manual (Baca: Panduan Penggunaan Baterai Laptop Yang Tepat).

Nah pembaca, selamat mencoba.

Data otentifikasi:
Nama Software: BatteryCare
Versi Terakhir: 0.9.7.7
Tanggal Release: 20-11-2009
Lisensi: Gratis (Freeware)
Standalone: Tidak, setup
Operating System: Windows XP / Vista / 7
Software pendukung wajib: .NET Framework 2.0
Tipe Pengguna: Administrator
Developer: Filipe Lourenço