Mozilla Firefox merupakan browser internet kaya fitur terbaik dan (mungkin) tercepat di luar sana, tetapi seiring dengan berlalunya waktu, browser yang satu ini akan mulai terasa melambat. Di perlukan banyak waktu untuk load ketika startup, browsing Histories dan kecepatan secara keseluruhan akan terus menurun. Ini adalah masalah yang sangat umum dan sebagian besar terjadi karena fragmentasi database.
SpeedyFox adalah adalah sebuah program utilitas portabel yang kecil nan manis yang akan memperbaiki masalah ini hanya dengan satu klik! Tampaknya sulit dipercaya, tapi setelah Anda mengoptimalkan Firefox dengan tool ini, Anda akan merasa mendapat kecepatan browsing seperti baru menginstall firefox. Kecepatan startup Firefox Anda akan 3 kali lebih cepat, browsing history akan menjadi lebih cepat, dan melakukan operasi dengan cookie akan lebih cepat daripada sebelumnya.

Bagaimana cara kerjanya?
Firefox (dan kadang-kadang pengaya/add-ons) menggunakan database SQLite untuk menyimpan banyak seting/pengaturannya. Pada saat database tumbuh membengkak dan Firefox mulai melambat, SpeedyFox akan merampingkan database mereka tanpa kehilangan data apapun.
Tampak di bawah ini contoh database yang dioptimalkan dalam ukuran agar diperoleh kinerja yang lebih cepat:

Seberapa sering saya harus menjalankan SpeedyFox?
Tergantung pada aktivitas browsing Anda, sebaiknya optimalkan profil anda setidaknya sekali dalam 2 minggu.

Tutorial
Setelah diinstal, SpeedyFox secara otomatis akan mendeteksi profil default Firefox Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu profil, Anda dapat memilih salah satu yang Anda inginkan untuk dioptimalkan dari menu drop-down. Jika Anda memiliki versi portable Firefox, pilih profil Anda secara manual dengan memilih profil “Custom …”. Yang harus Anda lakukan hanyalah dengan menekan tombol “Speed Up My Firefox!”.

Proses optimasi bisa memakan waktu dari 30 detik sampai satu jam, tergantung pada seberapa besar basis data Anda. Seluruh proses optimasi ini dijamin aman karena tidak berimbas pada browsing history Anda, bookmark, sandi, dsb.

Masih bingung dan belum mengerti?
Tidak usah bingung! Untuk menjalankan SpeedyFox, kita sebagai orang awam tidak perlu pusing dan memikirkan apa itu database, SQLite, cookie, history dsb.
Yang harus Anda ketahui sebenarnya sangat sederhana saja. Jika Firefox Anda terasa mulai lamban kinerjanya, jalankan saja program SpeedyFox. Tekan tombol “Speed Up My Firefox!”, selesai.
Firefox anda berjalan cepat lagi, Anda senang, saya senang, anak-anak juga ikut senang, pengunjung Taman Mini juga senang (Nah, mulai nggak nyambung kan?).

Tertarik? Ingin membuktikan sendiri kehebatan SpeedyFox?
Silahkan kunjungi website SpeedyFox [ Klik di SINI ] atau download langsung program portabel SpeedyFox [ Klik di SINI ].

Data otentifikasi:
Nama Software: SpeedyFox
Versi Terakhir: 1.4.0.27
Tanggal Release: 21 Oktober 2009
Lisensi: Gratis (Freeware)
Standalone: Ya, portable
Operating System: Windows 2000/XP/Vista/7
Software pendukung wajib: –
Tipe Pengguna: semua
Developer: CrystalIDEA Software