Jika suatu saat anda mendapati sebuah email yang melampirkan file yang menurut anda mencurigakan, atau file yang tidak dikenal di kumpulan file-file anda, bisa jadi itu adalah sebuah file virus atau malware. Lalu apa yang akan anda lakukan? Tentu saja anda akan memeriksa file itu dengan program antivirus yang anda miliki. Jika antivirus anda menyatakan bahwa file itu adalah virus atau malware, tentu secara otomatis file tersebut akan segera dimusnahkan. Seandainya dianggap bersih (bukan virus/malware) maka anda akan berpikir bahwa file ini aman-aman saja. Benarkah???

Umumnya orang akan beranggapan bahwa suatu program antivirus/malware yang ternama atau terpercaya pasti mampu mendeteksi suatu virus/malware dengan akurat tanpa ampun. Faktanya, tidak ada program antivirus yang sempurna bekerja di bidangnya. Perlu beberapa program antivirus yang bekerja secara bersamaan untuk mengurangi faktor kesalahan dan menambah kemungkinan hasil yang akurat. Untuk memperoleh hasil analisa yang benar, tentu sulit bagi kita jika harus memasang beragam antivirus dalam satu komputer. Selain memberatkan proses kinerja CPU, tentu tidak efisien jika hanya untuk mendeteksi satu atau 2 file saja kita harus repot memasang beragam program antivirus.
Untuk hal-hal seperti inilah kita perlu sebuah layanan pendeteksian virus/malware yang mumpuni tetapi tidak secara fisik harus terpasang di komputer kita.

VirusTotal adalah layanan online gratis lewat internet yang akan menganalisa file yang mencurigakan dan mendeteksi virus, worm, trojan, dan segala jenis malware yang dideteksi oleh beberapa program antivirus sekaligus secara cepat. VirusTotal menggunakan beberapa versi program antivirus, diperbarui secara teratur (upgrade) dengan file database resmi yang diterbitkan oleh masing-masing pengembang antivirus.
Berikut ini adalah daftar perusahaan yang berpartisipasi di VirusTotal dengan program antivirusnya masing-masing.

Saat ini saya memiliki sebuah file virus trojan/bredo berukuran 32KB (murni file virus, bukan file yang terinfeksi virus!) yang sudah saya persiapkan untuk di tes. Virus ini sudah saya coba untuk dites di komputer saya sendiri dengan menggunakan program Avira AntiVir Premium dan a-squared Anti-Malware Pro dengan database virus terakhir (per tanggal 12 Januari 2010). Hasilnya sungguh mengecewakan, kedua program anti virus itu menganggap file ini bukanlah virus melainkan file aplikasi biasa. Padahal seandainya virus ini sempat dijalankan di komputer anda, maka hardisk anda pasti porak poranda dan harus diformat ulang total!

Sekarang saatnya untuk mengetes file trojan ini di VirusTotal pada hari ini (16 Januari 2010).
Saat masuk pertama kali ke laman VirusTotal, kita akan disodori menu untuk meng-upload file yang akan di tes.

File virus yang saya beri nama Virus_tes_AcaRossa.exe ini saya upload, segera setelah itu muncul window yang meminta kita untuk menunggu hasil deteksi dan meminta kita untuk tidak menutup browser terlebih dahulu.
Proses scan mulai dilakukan…

Setelah sekitar 12 detik, ditampilkan hasil diagnosa secara lengkap.

Mudah, akurat dan gratis. Itu yang saya suka dari layanan online VirusTotal ini. Silahkan mencoba layanan gratis VirusTotal ini [ Klik di SINI ].
Satu hal yang harus diingat, layanan ini bukanlah program antivirus yang terpasang di komputer anda. Ini hanyalah sebuah layanan pemeriksaan file dari virus/malware secara online lewat internet. Sedangkan untuk menjaga komputer anda agar aman dari serangan virus/malware secara real time, tentu harus diinstal program antivirus yang baik dan terpercaya menurut anda.