Banyak alasan mengapa aplikasi portable sekarang cenderung menjadi pilihan utama bagi kaum pecinta komputer. Ringkas, bisa dibawa kemanapun kita pergi (tersimpan dalam USB Flashdrive, tentunya), serasa membawa desktop milik sendiri meskipun kita pinjam komputer tetangga, misalnya. Selain itu, tentu saja tidak mempengaruhi kinerja Windows menjadi lebih berat, karena aplikasi portable memang seharusnya tidak meninggalkan tambahan registri seperti kita menginstal aplikasi secara normal. Secepat kita menutup aplikasi portable itu, secepat itu juga Windows akan melupakannya.
Tak terkecuali juga dengan aplikasi kompresi file bertajuk WinRAR ini, tersedia juga dalam versi portable yang cukup menarik dan berfungsi sama dengan versi install/setup.


Terus terang saja, sebenarnya saya kurang begitu bersemangat untuk membahas software yang notabene untuk mendapatkannya kita harus merogoh kocek seharga sekian rupiah (karena saya lebih suka yang gratis tapi legal, bukan hasil crack). Tapi khusus untuk hal WinRAR portable ini, saya cukup antusias karena adanya tawaran gratis (orang Jawa bilang: Ora usah mbayar Mas..).
Lalu apa perbedaan WinRAR Portable ini dengan WinRAR versi normal dengan installernya. Selain hal-hal positif dari aplikasi berjenis portabel yang sudah saya sampaikan di awal tulisan ini, tidak ada perbedaan.
Jadi jika Anda sudah terbiasa dengan WinRAR, tentu Anda akan merasakan manfaatnya jika menggunakan yang versi portable.
Khusus untuk WinRAR, bila Anda menempatkan WinRAR pada perangkat eksternal, Anda dapat menggunakannya di komputer di mana saja. Karena kunci lisensi juga diikut sertakan di sana.
Lalu bagaimana cara mendapatkan kunci lisensi WinRAR portable ini?
Jika Anda sudah mempunyai kunci lisensi WinRAR versi normal (baca cara mendapatkan kunci lisensi resmi WinRAR pada tulisan saya sebelumya tentang Download WinRAR 3.80 Full Version Dengan Lisensi Resmi), maka kunci lisensi tersebut juga bisa digunakan untuk WinRAR versi portable ini (v3.80.1).
Tapi satu hal yang harus diingat.
Jika Anda menjalankan WinRAR versi portable dari media portable (USB Flashdisk, PenDrive), Anda harus memastikan bahwa WinRAR sudah tidak aktif atau dimatikan sebelum Anda mencabut media portablenya. Karena jika tidak, kerusakan hardware atau kehilangan data bisa saja terjadi.
Bagaimana, tertarik? Silahkan kunjungi website WinRAR portable ini [ Klik di SINI ] atau download langsung WinRAR portable [ Klik di SINI ] dan aktifkan versi penuhnya dengan kunci lisensi yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.