Sejatinya software yang bertajuk USB Safeguard ini merupakan sebuah software portabel untuk USB pen drive yang sekarang sedang marak di pasaran. Fungsi utamanya bisa terlihat dari pilihan nama yang digunakan, Safeguard = penjaga keamanan. Bila dijabarkan sesuai deskripsi dari pembuatnya, USB Safeguard adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjaga privasi data-data penting yang ada di sebuah USB pen drive dengan cara mengenkripsi file-file yang dimaksud dengan menggunakan metode enkripsi tingkat tinggi AES 256 bits. Sehingga siapapun yang mencoba mengakses file-file tersebut (termasuk pemilik file) harus mempunyai kata sandi pembuka, jika tidak jangan berharap bisa melihat daftar file-file tersebut apalagi sampai melihat isinya.
Terlalu sulit atau beresiko untuk dipelajari? Tidak juga, justru sangat sederhana dan mudah dimengerti. Selama Anda tidak lupa dengan password yang sudah Anda definisikan sebelumnya, semuanya akan terasa lancar dan aman. Tapi jika lupa? Silahkan mengucapkan selamat tinggal kepada file-file yang diproteksi oleh USB Safeguard ini.
Meskipun ditujukan untuk USB pen drive, saya tetap mencoba untuk menggunakan software ini pada USB flashdisk saya untuk sekedar mengetahui hasilnya. Dan memang bisa berjalan mulus tanpa kendala apapun.
Seperti kata orang tua dulu, pengalaman sendiri adalah guru yang terbaik, jadi mari kita bersama-sama mencoba dan mempelajari cara penggunaanya.
Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Download USB Safeguard dari FreewareFiles.com [ Klik di SINI ].
  • Salin/copy file hasil download ini (usbsafeguard.exe, ukuran file 736KB) ke USB flashdisk Anda.
  • Jalankan USB Safeguard ini, anda akan diminta untuk memberi password utama yang akan digunakan sebagai kunci pembuka. Ingat password Anda, jangan sampai lupa!

  • Setelah ini akan ditampilan sebuah window tempat anda memasukkan daftar file (file-file dalam USB flashdisk) yang akan dienkripsi/dirahasiakan. Masukkan daftar file atau folder yang akan diproteksi dengan cara drag & drop (seret dan lepaskan).

  • USB Safeguard akan segera melakukan enskripsi:

  • Setelah proses enkripsi selesai, anda akan diberi pilihan untuk menghapus file yang asli atau tetap dibiarkan di sana. Pilih seperti gambar di bawah ini:

  • Jika Anda periksa USB flashdisk Anda, semua file yang Anda masukkan ke dalam daftar file yang diproteksi akan hilang tanpa bekas, digantikan sebuah file (image.dsk) yang sebenarnya merupakan hasil enkripsi semua file-file tadi ke dalam satu file saja.
  • Selesai, sekarang tak seorangpun mampu melihat file-file yang Anda proteksi yang ada di USB flashdisk Anda tadi.

Lalu bagaimana cara mengembalikan atau mengakses kembali file-file yang tadi diproteksi? Mudah saja, tinggal jalankan USB Safeguard, masukkan password yang sudah Anda definisikan sebelumnya (Ingat, jangan sampai lupa password Anda!), pilih file/folder yang akan diakses, tekan tombol Decrypt, ABRAKADOMBRENG… file-file yang tadi dienkripsi akan langsung nongol di USB flashdisk Anda entah darimana datangnya.

Kesimpulan yang dapat saya utarakan tentang USB Safeguard ini adalah:
USB Safeguard sangat berguna dan software yang wajib dimiliki jika Anda ingin memproteksi/menyembunyikan file atau folder di dalam perangkat flashdisk Anda. Entah itu file data penting ataupun sekumpulan file film saja (ehm.., hayo ngaku! Siapa yang suka ke warnet untuk download dan ngumpulin film bok… kartun?).
Dijamin aman… man.. man..

Data otentifikasi:
Nama Software: USB Safeguard
Versi Terakhir: 1.1
Tanggal Release: 16 Januari 2010
Lisensi: Gratis (Freeware)
Standalone: Ya, portable
Operating System: Windows XP / Vista / 7
Software pendukung wajib: –
Developer: USB Safeguard, Soft.