Font adalah suatu hal yang tidak bisa kita lupakan saat menulis di komputer, baik di saat kita menggunakan program untuk menulis sesuatu layaknya Microsoft office, atau program dengan basis vektor seperti CorelDRAW. Dengan mengganti-ganti font pada suatu tulisan, kita bisa mendapatkan sentuhan tampilan dan makna yang berbeda-beda juga. Tapi tentu saja kita tidak bisa mengharapkan font-font standar bawaan Windows, karena selain jumlahnya terbatas, model font yang ada juga hanya itu-itu saja. Tidak salah jika kita kemudian mulai berburu font di internet, mengkoleksi dan menginstalnya sebanyak mungkin ke Windows. Semakin banyak font yang kita miliki, semakin banyak juga perbendaharaan model tulisan kita.
Tapi benarkah ini tidak membawa pengaruh buruk di komputer? Tidak terpikirkah oleh kita bahwa semakin banyak font yang kita instal, semakin lambat juga program-program kita dalam bekerja? Atau, justru semakin bingung kita di saat memilih untuk menggunakan font yang mana?
Pengalaman saya adalah contoh dalam hal ini. Dengan hampir 800 font yang ada di komputer saya, selain hampir semua program yang menggunakan tulisan dan font mulai terasa berat beroperasi, saya juga mulai kesulitan menentukan untuk menulis dengan menggunakan font yang mana. Terlalu banyak pilihan, dan terlalu banyak font yang berbeda nama tetapi memiliki tampilan yang hampir mirip.
Di sinilah saya mulai berpikir untuk mencari suatu program atau cara untuk mengatur font-font ini, sebuah font manager. Suatu pengelola font yang bagus sehingga bisa saya gunakan untuk membandingkan bentuk-bentuk setiap font, membuang yang tidak perlu atau yang memiliki tampilan serupa, mengurangi jumlah font yang ada hingga sesedikit mungkin tetapi sangat bervariasi dalam model atau bentuknya.

Pilihan saya tertuju pada sebuah software Font Manager dari Styopkin. Software yang satu ini cukup membuat saya terkesan, karena selain fitur-fiturnya sebagai sebuah font manager cukup lengkap, untuk mendapatkannya juga gratis (he..he..he..) meskipun ini bukan software gratis/freeware.
Hasilnya? Dengan font manager ini, saya bisa mengurangi jumlah font yang terpasang hingga kurang dari 500 jenis saja (dan sepertinya ini akan terus berkurang), dengan cara membuang font yang tidak menarik atau punya tampilan yang mirip dengan yang lain.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari Styopkin Font Manager:
· Melihat tampilan semua font sekaligus dalam satu window.
· Menginstal atau menbuang font.
· Memproteksi font asli bawaan Windows agar tidak hilang/terbuang.
· Membuang semua font yang bukan bawaan Windows (Eh, be careful!).
· Melihat bentuk font yang akan diinstall ke Windows.
· Memperlihatkan Unicode, info pembuat font, zoom, warna dan ukuran.
· Serta beberapa fitur lainnya.

Sebenarnya Styopkin Font Manager ini bukan freeware, tapi dijual seharga $39. Tapi lewat ‘serpihan’ promosi gratis untuk pembaca PC User Australia di bulan Juni 2009 kemarin (Old, but still gold), ternyata masih berguna untuk kita (setidaknya sampai saya menulis artikel ini).
Jika Anda tertarik atau membutuhkan software font manager ini, silahkan kunjungi website Styopkin [ Klik di SINI ] atau download langsung installer-nya [ Klik di SINI ]. Untuk kode lisensi, gunakan kode ini:

040gIPADmev7TOaFcZaRU7XPo8RSol
RN/9mYCn3mPndqSJUi/RaoIAepZkOx
OR/oftOpVh4wl4DHDiP8ZvqjcEe41F
51qlxBq8YHLVcnRmKL2j5mjMzYy1zs
Wn0299xzjbJsOA7i1XVCXanAEMoQsA
aVZDpPRQY5QKmqiiOC4/k0=

Hmm, hampir lupa. Untuk memasukkan kode lisensi, lihat gambar di bawah.

Salam, semoga bermanfaat.

AcaRossa [via] Raymond.CC Blog