Font adalah suatu hal yang tidak bisa kita lupakan saat menulis di komputer, baik di saat kita menggunakan program untuk menulis sesuatu layaknya Microsoft office, atau program dengan basis vektor seperti CorelDRAW. Dengan mengganti-ganti font pada suatu tulisan, kita bisa mendapatkan sentuhan tampilan dan makna yang berbeda-beda juga. Tapi tentu saja kita tidak bisa mengharapkan font-font standar bawaan Windows, karena selain jumlahnya terbatas, model font yang ada juga hanya itu-itu saja. Tidak salah jika kita kemudian mulai berburu font di internet, mengkoleksi dan menginstalnya sebanyak mungkin ke Windows. Semakin banyak font yang kita miliki, semakin banyak juga perbendaharaan model tulisan kita.
Tapi benarkah ini tidak membawa pengaruh buruk di komputer? Tidak terpikirkah oleh kita bahwa semakin banyak font yang kita instal, semakin lambat juga program-program kita dalam bekerja? Atau, justru semakin bingung kita di saat memilih untuk menggunakan font yang mana?
Pengalaman saya adalah contoh dalam hal ini. Dengan hampir 800 font yang ada di komputer saya, selain hampir semua program yang menggunakan tulisan dan font mulai terasa berat beroperasi, saya juga mulai kesulitan menentukan untuk menulis dengan menggunakan font yang mana. Terlalu banyak pilihan, dan terlalu banyak font yang berbeda nama tetapi memiliki tampilan yang hampir mirip.
Di sinilah saya mulai berpikir untuk mencari suatu program atau cara untuk mengatur font-font ini, sebuah font manager. Suatu pengelola font yang bagus sehingga bisa saya gunakan untuk membandingkan bentuk-bentuk setiap font, membuang yang tidak perlu atau yang memiliki tampilan serupa, mengurangi jumlah font yang ada hingga sesedikit mungkin tetapi sangat bervariasi dalam model atau bentuknya.

Pilihan saya tertuju pada sebuah software Font Manager dari Styopkin. Software yang satu ini cukup membuat saya terkesan, karena selain fitur-fiturnya sebagai sebuah font manager cukup lengkap, untuk mendapatkannya juga gratis (he..he..h