Di bulan Desember 2009 kemarin, AcaRossa sempat memberikan info seputar promosi gratis TuneUp Utilities 2009 di Jerman sana. Nah, kali ini acara gratis TuneUp Utilities 2009 kembali digelar oleh TuneUp. Namun tidak seperti promosi TuneUp tahun lalu yang berlangsung hampir 1 bulan penuh, promosi gratis lisensi TuneUp Utilities 2009 kali ini hanya digelar sampai 30 Maret 2010 saja! Jadi buruan raih kesempatan emas ini sebelum terlambat!
Kenapa TuneUp Utilities 2009? Karena menurut saya pribadi, TuneUp Utilities 2009 bisa dikatakan sebagai program komersial yang paling berkompeten dibandingkan dengan program-program sejenis. Bahkan lebih bagus dari keluarga terbarunya, TuneUp Utilities 2010! Lho, Kok bisa? Tentu bisa, karena TuneUp Utilities 2009 lebih mudah di konfigurasikan sesuai keinginan pengguna dibanding TuneUp Utilities 2010 meskipun fitur-fiturnya tidak jauh berbeda (kecuali modus Turbo). Tapi jika Anda adalah pemakai Windows 7, memang Anda harus menggunakan versi yang terbaru yaitu TuneUp Utilities 2010 (ingat.. TuneUp Utilities 2010 tidak gratis lho!), karena TuneUp Utilities 2009 belum dan tidak akan pernah mendukung Windows 7.
Lalu apa saja kemampuan TuneUp Utilities 2009 ini?

Berikut adalah beberapa fitur TuneUp Utilities 2009 sesuai dengan keterangan dari website resminya:
Halaman awal yang baru
Halaman awal TuneUp Utilities 2009 akan memberitahu anda mengenai status komputer Anda. Jika ada suatu masalah atau pengaturan yang tidak optimal ditemukan, Anda hanya perlu klik mouse Anda untuk menyelesaian semua masalah itu. Halaman Awal juga memberitahu Anda ketika ada tips baru untuk meningkatkan kinerja komputer ataupun jika ada seting pemeliharaan kinerja komputer yang perlu dilakukan secara otomatis. Halaman Awal juga menunjukkan kepada Anda jika ada startup otomatis program-program baru yang telah ditambahkan ke Windows sejak terakhir kali Anda menggunakan TuneUp Utilities. Anda dapat memutuskan apakah program yang start up secara otomatis ini benar-benar diperlukan atau dibuang saja.

TuneUp Speed Optimizer
Fitur ini akan memeriksa seluruh sistem anda dari biang kemacetan/bottle neck yang menyebabkan komputer Anda bekerja tidak optimal, program latar belakang/background yang berlebihan, dan setingan yang salah di Windows. Koneksi internet Anda juga akan dikonfigurasi secara optimal. Selain itu, TuneUp Speed Optimizer juga akan memberikan saran untuk mempercepat sistem anda jika ada.

TuneUp Shortcut Cleaner
Menghapus Shortcut yang tidak valid dari menu Start, Desktop, dan Quick Launch bar hanya dengan mengklik sebuah tombol. TuneUp Shortcut Cleaner juga akan memeriksa program-program yang sering digunakan dan membersihkan daftar file yang baru dibuka (recent documents).

Dukungan untuk browser internet Opera
Setelah Firefox, Safari dan IE, TuneUp Utilities 2009 sekarang juga mendukung penuh Opera. Melalui beberapa pengaturan khusus, TuneUp System Control sekarang memungkinkan Anda untuk mengubah jumlah entri Speed Dial, memilih mesin pencari default Anda dengan mudah, dan mengaktifkan kembali navigasi cepat mundur dan maju. Optimasi internet memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan kinerja Opera untuk koneksi internet Anda dan menghapus cache Opera.

TuneUp Styler
Sekarang Anda juga dapat mengubah logo animasi Vista yang muncul sesaat sebelum logon (animasi bisa Anda download dari situs TuneUp). Atau, jika Anda suka, Anda dapat memilih gambar Anda sendiri untuk ditampilkan ketika Vista dijalankan. Dengan Vista, Anda juga dapat menambahkan gambar Anda sendiri ke Vista logon Screen hanya dengan beberapa klik mouse saja.

TuneUp Uninstall Manager
TuneUp Utilities 2009 memperlihatkan kepada Anda daftar program yang tidak digunakan untuk waktu yang lama, sehingga Anda dapat menargetkan untuk menghapus aplikasi mereka yang menghabiskan ruang harddisk yang berharga dan dalam keadaan tertentu bahkan memperlambat kinerja komputer anda.

TuneUp StartUp Manager
TuneUp Startup Manager akan mengatur program-program yang berjalan secara otomatis saat Windows start ke dalam kelompok-kelompok dan memberikan penjelasan yang jelas untuk membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi program-program yang tidak diperlukan. Program startup otomatis baru akan disorot, sehingga Anda dapat menonaktifkan entri yang tidak diinginkan dengan lebih mudah.

Free up disk space
Menampilkan ruang harddisk untuk dibersihkan, seperti file backup setelah update service pack Windows Vista, cache Opera dan Safari. Kedua modul “Free up disk space” akan membantu Anda mematikan fungsi Windows yang menggunakan ruang disk yang berlebihan. Windows Search indeks sekarang dapat dinonaktifkan dan dihapus dengan satu klik. Hal ini cukup berguna jika Anda sudah menggunakan mesin pencari yang berbeda. Selain itu, TuneUp Disk Space Explorer sekarang berjalan lebih cepat, bisa menganalisa seluruh drive atau hanya folder tertentu saja ang Anda pilih.

Dan lain sebagainya.

Sungguh sebuah program yang sangat kaya akan fitur-fitur handal bukan? Lalu bagaimana cara mendapatkannya secara gratis?
Cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi halaman promosi  gratis TuneUp Utilities 2009 [ Klik di SINI ].
  • Saat muncul form isian registrasi, masukkan alamat email Anda yang masih valid dan kode keamanan (CAPTCHA Code) yang ditampilkan, lalu klik Produktschl?ssel anfordern.

  • Anda mungkin diminta untuk memasukkan alamat email Anda sekali lagi.

  • Sesaat kemudian akan ditampilkan pesan konfirmasi yang menyatakan telah mengirimkan sebuah link/tautan ke email Anda. (Jika Anda tidak mendapati pesan konfirmasi seperti dibawah ini, silahkan mengulang proses registrasi dari awal, atau coba gunakan alamat email lain yang masih valid)

  • Cek email Anda, pastikan telah masuk email dari TuneUp Promotion<no-reply@tuneup.de> yang berisikan tautan/link untuk mengaktifkan permintaan kode lisensi gratis TuneUp Utilities 2009 Anda.

  • Klik tautan/link tersebut atau copy+paste di browser internet Anda, yang akan membawa Anda ke halaman yang menampilkan kode lisensi resmi TuneUp Utilities 2009.
  • Catat kode lisensi yang ditampilkan. Itu adalah kode lisensi resmi Anda untuk program TuneUp Utilities 2009 ini.

  • Download program setup TuneUp Utilities 2009  [ Klik di SINI ].
  • Setelah selesai download, jalankan file setup hasil download tadi untuk menginstal TuneUp Utilities 2009 di komputer Anda.
  • Gunakan kode lisensi resmi yang sudah Anda catat tadi untuk mengaktifkan TuneUp Utilities 2009 secara penuh.
  • Selesai.

Selamat menikmati. Ingat, TuneUp Utilities 2009 hanya mendukung Windows XP-SP2 dan Vista.