Pernahkah Anda ketika men-download sebuah file berukuran besar dari internet dan tiba-tiba proses download berhenti di tengah jalan karena koneksi internet terputus, listrik padam, Windows crash atau sebab yang lain? Jika Anda menggunakan download applet standar Windows atau browser internet, tentu tidak ada yang bisa Anda lakukan selain mengulangi lagi proses download dari awal. Disinilah Anda membutuhkan sebuah download manager, yaitu program yang berfungsi untuk mendownload sesuatu dari internet yang akan memungkinkan anda untuk melanjutkan download yang terputus (sengaja maupun tidak sengaja). Download manajer juga memungkinkan Anda untuk memulai beberapa sesi download secara bersamaan dari sumber download yang tersedia untuk satu file, yaitu dengan membagi file menjadi beberapa bagian, kemudian tiap bagian didownload pada waktu yang bersamaan. Saat semua bagian file sudah selesai didownload, semua bagian ini akan digabungkan kembali dan membentuk file asli seperti semula.
Sebuah download manager atau yang juga sering disebut download accelerator, memang ditargetkan untuk mempercepat proses download atau upload suatu file dari atau ke internet.
Meskipun demikian, yang harus dicatat adalah: tidak ada satu program download manager manapun yang bisa membuat Anda mendownload file dengan kecepatan melebihi kecepatan akses koneksi internet yang Anda miliki. Pun, sebuah download manager yang bagus tidak hanya dilihat dari hasil adu cepat mendownload file saja, tetapi juga harus mampu menjaga agar file hasil download tidak rusak karena proses segmentasi download kadang sering terputus di tengah jalan. Apalah gunanya mampu mendownload file besar dengan secepat kilat tetapi hasilnya tidak bisa digunakan karena rusak, bukan?
Di luar sana banyak sekali program download manager yang seperti ini. Nama-nama yang cukup dikenal mungkin adalah Orbit, IDM, Mass, GetRight, IDA, FDM dsb. Namun kali ini saya akan menampilkan Free Download Manager (FDM), sebuah download manager favorit yang punya kemampuan yang boleh dibilang punya keunggulan tersendiri dibandingkan dengan program sejenis, baik yang berbayar (paid) ataupun yang gratis (free).

Berikut adalah beberapa fitur unggulan FDM:
Stabil
Kerusakan file akibat koneksi internet yang tidak stabil jamak dialami oleh sebuah download manager, yang mengakibatkan file hasil download tidak bisa digunakan sama sekali.
FDM, Meskipun bukan yang tercepat di kelasnya, mempunyai kecepatan download yang bagus dan diimbangi dengan proteksi file download dari resiko kerusakan (corrupted) yang bisa diandalkan.

Konfigurasi
FDM sangat mudah diatur atau dikonfigurasikan sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan setingan di beberapa fungsi jika Anda mau, seperti: mengatur penggunaan bandwidth berdasarkan kecepatan akses internet yang Anda miliki, mengatur jadwal otomatis download; men-download video dari situs video; mendownload seluruh situs web dengan HTML Spider, dan banyak masih lagi.

Upload Manager
Upload Manager yang terintegrasi di dalam FDM memungkinkan Anda untuk meng-upload file dengan mudah untuk berbagi dengan orang lain. Pun dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem anda (Windows Explorer, Internet Explorer, Outlook Express).

Mendukung HTTP/FTP/BitTorrent
FDM memungkinkan Anda men-download file dan seluruh situs web dari remote server manapun melalui HTTP, HTTPS dan FTP.
Anda juga dapat men-download file menggunakan protokol BitTorrent.

Portabel Installer
Anda juga bisa menempatkan FDM di media portabel, umpamanya Flashdisk. Dengan sistem portabel, Anda bisa melakukan download dimana saja dan kapan saja. Proses dan hasil download file juga di tempatkan di flashdisk, sehingga download satu file berukuran besar dari internet pun bisa dilakukan secara estafet dari komputer mana saja, di kota mana saja. Tidak perlu takut harus mengulang download file dari awal.

Gratis
FDM dirilis sebagai software open source dibawah lisensi GNU GPL. Bisa digunakan semau kita, tanpa harus cari keygen, crack, patch atau repot-repot cari kode lisensi aspal (asli tapi palsu). Dan yang pasti, tidak ada rasa berdosa kan?

Browser friendly.
Dapat terintegrasi dengan mudah dengan browser internet yang umum, seperti Firefox, SeaMonkey, Internet Explorer, Opera, Safari dan Chrome.

Dan lain-lain.

Free Download Manager tersedia dalam dua versi installer, yaitu Full dan Lite. Versi Lite adalah versi ringan dari FDM, murni fasilitas download/upload saja. Tapi pilihan Add-ons juga disediakan yang bisa diinstall di kemudian hari sehingga bisa seperti versi penuh FDM.
Anda tertarik untuk mencoba atau membandingkan dengan downloader lain yang sudah Anda gunakan? Silahkan download Free Download Manager dari situs resminya [ Klik di SINI ], juga tersedia di Softpedia [ Klik di SINI ]. Untuk tutorial atau mengenal lebih jauh fitur-fitur FDM, bisa kunjungi situs resmi Free Download Manager.

Selamat mencoba.