Windows Media Player atau WMP, adalah player standar Windows yang punya potensi cukup bagus untuk digunakan sebagai player semua jenis file multimedia yang ada. Baik itu file audio maupun file video. Hanya saja pada saat kita dihadapkan dengan file-file multimedia terutama file video yang punya ekstensi aneh bin ajaib (misal: .3GP,.MKV,.ASF,.FLV,.MOV dsb), Windows Media Player standar akan berlagak bodoh dan menolak untuk menjalankan file-file tersebut karena tidak mengenalinya. Akibatnya, kebanyakan dari kita akan mencari player alternatif untuk masing-masing jenis file. Syukur-syukur kalau bisa menemukan player all in one untuk itu semua, kalau tidak? Bisa dibayangkan berapa jenis program media player yang akan di pasang di Windows.
Sebenarnya, Windows Media Player bisa digunakan untuk memainkan hampir semua jenis file audio dan video yang ada. Yang perlu kita lakukan hanyalah menambahkan codec agar Windows Media Player mengenali file multimedia tersebut dan bisa memainkannya. Lalu apa codec itu? Codec adalah metode kompresi sebuah file, yang digunakan untuk menyimpan sebuah media (encode) dan membuka kembali (decode). Dalam topik ini kita kali ini, adalah video codec.
Tapi tentu saja kita tidak perlu mempelajari tentang codec di sini, bisa pusing nanti (biar yang menciptakan codec aja yang pusing, bukan kita). Yang perlu kita ketahui hanyalah, bagaimana caranya mendapatkan dan memasang codec di Windows Media Player agar bisa memainkan semua jenis file multimedia.
Kali ini melalui AcaRossa.web.id, pilihan saya jatuh kepada K-Lite Mega Codec Pack. Selain dikenal sebagai kumpulan codec yang paling lengkap dan berkualitas bagus, K-Lite juga menyertakan satu fitur asyik, yaitu mampu menciptakan thumbnail dari file-file video.
Perhatikan gambar folder yang berisikan file-file video di bawah ini (sebelum codec dipasang).

Cukup repot kalau file videonya banyak.
Sekarang coba Anda bandingkan dengan tampilan folder yang sama tetapi sudah dipasang codec.

Menarik bukan?
Siap? Baiklah, kita mulai.

  • Download K-Lite Mega Codec Pack dari Softpedia [ Klik di SINI ] atau bisa juga Anda dapatkan di FileHippo [ Klik di SINI ].
  • Selesai download, tutup semua internet browser atau email client Anda (Internet Explorer, Firefox, Thunderbird dll). Ini dikarenakan K-Lite juga akan menyertakan codec untuk online streaming media player yang ada.
  • Jalankan file setup hasil download dan ikuti petunjuk instalasinya.
  • Saat muncul tampilan komfirmasi seperti di bawah ini, pilih profile 4. Anda juga bisa memilih profile 3 jika berencana untuk menggunakan WMP Klasik sebagai player media online di internet. Profile 1 dan 2 hanya digunakan jika Anda ingin menggunakan encoder dan seting khusus (non standar) untuk pekerjaan multimedia kelas mahir. Hindari menggunakan profile 7 atau 8 karena akan memberatkan sistem dengan codec-codec tipe lama yang sudah jarang digunakan.

  • Ikuti langkah selanjutnya seperti gambar di bawah ini.

  • Setiba di sini, pastikan Windows Media Player yang dipilih sebagai media player utama untuk file-file multimedia Anda.

  • Pastikan untuk memilih semua jenis file video sebagai file asosiasi Windows Media player. Jangan mencentang jenis tipe file audio jika Anda ingin menggunakan player lain khusus untuk pemutar file audio/musik (contoh: Winamp atau iTunes).

  • Di sini akan diatur agar Windows Explorer mampu menampilkan thumbnail dari file-file video yang ada. Beri tanda centang pada semua pilihan.

  • Ikuti proses selanjutnya sampai instalasi selesai/finish.
  • Selanjutnya sampai ke tahap akhir yaitu dengan mengatur semua setingan ke modus standar / reset. Ini juga bisa digunakan seandainya suatu saat Anda salah mengutak-atik codec sehingga file-file multimedia menjadi amburadul dan bermasalah/konflik satu sama lain. Yaitu dengan masuk ke menu utama Windows: Start -> All Programs -> K-Lite Codec Pack -> Reset to recommended settings.

  • Ikuti seperti gambar di bawah.

  • Selesai.

Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan Windows Media Player untuk memainkan semua file-file video Anda. Tapi ingat, jangan terlalu sering dipakai untuk memutar file video .3gp, karena … bisa sakit mata. Itu kan film khusus HP yee…

Salam, semoga bermanfaat.