Jika Anda sedang mencari sebuah software yang berfungsi untuk menggali informasi tentang sebuah komputer, baik tentang hardware yang tidak terdeteksi oleh windows, driver hardware yang tidak dikenali, daftar perangkat yang terinstal di dalam CPU, atau bahkan ingin mencari tahu seberapa besar kemampuan komputer Anda lewat beberapa tes uji berskala profesional, mungkin artikel ini bisa memberikan sudut pandang dan jawaban tentang semua keinginan itu.
Ada 2 software yang ingin saya ketengahkan untuk tujuan di atas kali ini, yaitu HWiNFO32 dan PC WIZARD 2010. Kedua software analisa ini memang cukup dikenal mempunyai rating yang bagus di bidangnya, juga selalu up to date mengikuti perkembangan dunia komputer. Dan tentu saja, gratis alias freeware (I loo..ove free software!).
Selain tersedia dalam bentuk installer, HWiNFO32 dan PC WIZARD juga tersedia dalam bentuk portabel (untuk media USB, CD-Rom dan media penyimpanan portabel lainnya), sehingga cocok untuk Anda yang ingin melakukan identifikasi hardware atau informasi sistem untuk beberapa komputer berbeda sekaligus.

HWiNFO32
Hardware Info (HWiNFO) adalah sebuah software utilitas yang dirancang khusus untuk mendeteksi perangkat keras/hardware di bidang komputer. HWiNFO32 memang ditargetkan untuk mengenali sebanyak mungkin informasi tentang hardware komputer yang dianalisa, sehingga memungkinkan Anda untuk memeriksa konfigurasi hardware komputer secara lengkap, cocok untuk pengguna yang mencari driver update, manufaktur komputer, system integrator dan analisa teknis juga. Informasi yang diperoleh akan disajikan secara logis dan mudah dipahami, juga dapat diekspor ke dalam berbagai jenis laporan.


Berikut adalah beberapa fitur HWiNFO32:
· Mendukung teknologi standar dan terbaru
· Informasi hardware yang luas
· Sistem pemantauan status komputer
· Benchmark/uji sitem tingkat dasar (basic)
· Laporan dapat diekspor dalam format Teks, CSV, XML & HTML
· Pembaruan & pengembangan software secara periodik
· Menunjukkan semua komponen/hardware komputer yang tersusun secara detil
· Menampilkan status dari monitor hardware

Silahkan download HWiNFO32 dari website resmi REALiX [ Klik di SINI ].

PC WIZARD
PC WIZARD adalah sebuah software utilitas yang ampuh yang dirancang khusus untuk mendeteksi hardware komputer dan juga beberapa kegiatan analisis. Software ini mampu mengidentifikasi komponen sistem dalam skala besar dan mendukung teknologi terbaru dan standar. software ini secara berkala terus diperbaharui (biasanya sekali per bulan) agar dapat memberikan hasil yang paling akurat.

Berikut adalah beberapa fitur PC WIZARD:
· Mendukung teknologi standar dan terbaru
· Informasi hardware yang sangat luas dan menyeluruh
· Informasi konfigurasi sistem yang lengkap
· Sistem pemantauan status komputer
· Benchmark/uji sitem tingkat lanjut (advanced)
· Laporan dapat diekspor dalam format TXT, RTF, HTML, PDF, BMP atau file kompresi (CAB,ZIP)
· Pembaruan & pengembangan software secara periodik
· Menampilkan status dari monitor hardware

Silahkan download PC WIZZARD dari website resmi CPUID [ Klik di SINI ].

SARAN

  • Kedua software tersebut juga tersedia di softpedia [ Klik di SINI ].
  • Meskipun tersedia dalam bentuk portabel, saya menganjurkan format installer yang dipilih karena memang lebih sedikit mengalami kasus kegagalan deteksi daripada versi portabel.
  • Setiap software memang mempunyai kelebihan dan kekurangan satu sama lain, begitu juga dengan kedua software ini. PC WIZARD memang jauh lebih unggul dalam fitur dan informasi yang diperoleh dibandingkan dengan HWiNFO32, namun PC WIZARD juga lebih sering mengakibatkan sebuah komputer hang saat pendeteksian hardware dalam beberapa kasus daripada HWiNFO32.

*Catatan: Jika komputer hang/freeze saat pendeteksian hardware oleh kedua software tsb, tidak usah panik. Cukup restart ulang komputer dan silahkan tes ulang lagi jika Anda belum kapok. Namun jika terjadi hang/freeze untuk kedua kalinya di komputer yang sama, sebaiknya Anda mulai mencari alternatif lain dalam masalah ini.

Salam, semoga bermanfaat.