Virus Effect Remover© atau V.E.R.© adalah sebuah software yang berfungsi untuk menghilangkan efek-efek negatif yang ditimbulkan oleh virus komputer, baik dari virus yang masih aktif di suatu komputer maupun peninggalan atau sisa-sisa kerusakan dari virus komputer yang sudah hilang karena sudah dibersihkan oleh sebuah software anti-virus.
V.E.R.© akan memperbaiki beberapa fungsi penting Windows yang rusak karena serangan virus, seperti taskmanager, RegEditor, msconfig, OS Folder Options, Windows ® AutoUpdate dll. Tapi juga tidak tertutup kemungkinan kerusakan tersebut diakibatkan oleh kecerobohan pengguna komputer sendiri yang mungkin secara tidak sengaja merubah setingan Windows hingga amburadul. Hal inipun juga bisa disembuhkan dengan V.E.R.©.
Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna komputer setelah serangan virus komputer adalah, banyak perubahan sistem pada Windows yang disebabkan oleh malicious software (malware). Contoh yang paling sering terjadi misalnya control panel atau task manager tidak bisa terbuka, security permissions telah berubah, service, item-item startup yang telah bertambah atau diubah, atau proses yang berjalan di latar belakang yang telah dijalankan secara rahasia oleh virus.
Memang kadang-kadang mustahil untuk memperbaiki kerusakan yang parah pada sistem yang telah dirusak hebat oleh virus komputer. Artinya dalam kasus-kasus tersebut hanya dengan cara mengembalikan backup atau instalasi baru Windows adalah satu-satunya pilihan. Namun, sebagian besar kerusakan yang sering terjadi tidaklah separah itu. Kerusakan-kerusakan ini bisa diperbaiki baik oleh software anti virus yang membersihkan virus/malware tersebut atau oleh software dari pihak ketiga seperti Virus Effect Remover© ini.

Berikut adalah tampilan antarmuka Virus Effect Remover©:

Saat program Virus Effect Remover© ini dijalankan, sangat banyak tombol dan informasi yang ditampilkan pada antarmuka utama dari fungsi-fungsi di sidebar kiri, susunan proses dan link ke berbagai fungsi yang dapat digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki pengaturan sistem tertentu, file dan fitur-fitur.
Semua tools pada halaman ini memungkinkan pengguna untuk memindai/scan misalnya service, lokasi startup, memeriksa file system, menampilkan file yang mencurigakan, menampilkan daftar proses dan sekitar lusinan fungsi lainnya. Itu hanya dari tab utama saja!
Daftar tab yang lain seperti detil autorun, rincian proses, pilihan file dan folder, Unlocker, dsb. Juga ditampilkan link ke berbagai aplikasi-aplikasi sistem Windows seperti Registry Editor, Group Policy Editor atau msconfig.
Sungguh, bukanlah sebuah program yang mudah untuk digunakan, terlebih bagi orang-orang yang awam (seperti – saya). Tapi untunglah sang pembuat software, Avinash Sachan dan Virus Secure Lab, telah menyertakan dokumen bantu / manual yang sangat terperinci dalam format PDF, sehingga cukup membantu kita dalam mempelajari program mega fungsi ini.
Jika Anda membutuhkan program ini karena sebab-sebab seperti yang telah saya tampilkan di atas, silahkan download program Virus Effect Remover© ini dari Softpedia [ Klik di SINI ] atau langsung dari website resmi Virus Effect Remover© [ Klik di SINI ].

Data otentifikasi:
Nama Software: Virus Effect Remover© / V.E.R.©
Versi Terakhir: 3.2.1.26
Tanggal Release: 01 Februari 2010
Lisensi: Gratis (Freeware)
Standalone: Tidak, setup
Operating System: Windows XP / Vista
Software pendukung wajib: .NET Framework 2 (ke atas)
Developer: Avinash Sachan / Virus Secure Lab.