Revo Uninstaller Free adalah sebuah software uninstaller yang bekerja layaknya fungsi applet Add/Remove standard Windows, tetapi dengan kemampuan yang jauh lebih inovatif. Fungsi utamanya memang untuk meng-uninstall program-program yang Anda anggap tidak diperlukan lagi di komputer, selain fitur-fitur tambahan lainnya semacam Windows Cleaner, Autorun Manager dan beberapa tool standard Windows.
Lalu muncul pertanyaan, kalau hanya untuk meng-uninstall software, kenapa tidak memakai fungsi standar uninstall Windows saja, atau shortcut yang disediakan masing-masing software?
Memang benar dan tidak salah. Hanya saja, jika diperhatikan lebih dekat, fungsi standard uninstall Windows masih banyak meninggalkan sisa-sisa file/data di harddisk maupun registri Windows. Tidak kentara memang, dari kisaran sekian Kilo Byte hingga sekian Mega Byte. Belum lagi registri Windows yang PASTI juga ikut membengkak. Dapat dibayangkan jika dikalikan dengan seberapa sering kita bongkar-pasang software di komputer. Atau jika instalasi software tersebut rusak/corrupt sehingga tidak bisa dibuang hanya dengan fungsi uninstall standard. Selain hanya membuang space harddisk untuk file/data yang sudah tidak diperlukan, registri Windows yang membengkak juga akan membuat kinerja komputer semakin berat dan melambat, DIJAMIN.
Lalu bagaimana sebenarnya prinsip kerja Revo Uninstaller ini?
Revo Uninstaller bekerja dalam 3 tahapan, yaitu memeriksa system sebelum (dan setelah) menghapus aplikasi. Kemudian menjalankan uninstaller standar program yang akan dihapus. Setelah selesai, Revo Uninstaller akan menghapus file, folder dan registri yang biasanya ditinggalkan oleh software tersebut di komputer.

Revo Uninstaller cukup fleksibel dengan kondisi yang diinginkan penggunanya. Uninstaller yang satu ini tetap memberikan pilihan untuk metode uninstall yang digunakan, yaitu:
1. Built-in.
Hanya melakukan uninstall lewat uninstaller standar Windows atau program yang dimaksud saja.
2. Safe.
Seperti metode Built-in, tetapi dengan melakukan pembersihan ringan dan aman di beberapa lokasi di harddisk dan registri Windows.
3. Moderate.
Seperti metode Safe, tetapi metode pembersihan yang dilakukan lebih detil dan spesifik.
Ini adalah metode yang paling dianjurkan.
4. Advanced.
Seperti Metode Moderate, tetapi metode pembersihan yang dilakukan lebih dalam, terutama di bagian registri Windows.
Ini adalah metode yang paling beresiko sekaligus paling bersih dalam menghapus sebuah program. Gunanakan metode ini HANYA jika Anda mengerti apa yang Anda lakukan dan telah siap dengan segala imbas yang (mungkin) akan terjadi.

Lalu bagaimana cara menggunakan Revo Uninstaller ini?

  • Jalankan program Revo Uninstaller.
  • Pilih program yang akan dihapus/uninstall pada paparan program-program yang terpasang di komputer dengan meng-klik kanan mouse, pilih Uninstall.
  • Pilih modus yang akan digunakan untuk menghapus program yang dimaksud (seperti gambar di atas).
  • Revo Uninstaller akan segera menganalisa system dan beberapa aspek yang berhubungan dengan software yang akan diuninstall.
  • Uninstaller standar Windows akan dijalankan oleh Revo Uninstaller, ikuti saja seperti biasanya saat Anda meng-uninstal suatu software. Proses uninstall akan selesai di sini jika modus yang dipilih adalah metode Built-in.
  • Setelah selesai, Revo Uninstaller akan memeriksa adanya kemungkinan file, data atau registri yang ditinggalkan oleh proses uninstall standard Windows.
  • Tergantung metode yang Anda pilih sebelumnya, data-data yang tertinggal (registri, file, folder dsb) akan ditampilkan oleh Revo Uninstaller untuk Anda pilih.
  • Silahkan beri tanda centang pada item-item yang ingin dihapus.

  • Konfirmasi untuk lanjut dan Revo Uninstaller akan melakukan pembersihan sesuai item yang dipilih.
  • Selesai.

Catatan:

  • Proses uninstall dapat Anda batalkan setiap saat dengan meng-klik tombol Cancel.
  • Sebaiknya Anda TIDAK MENGGUNAKAN Revo Uninstaller jika Anda berencana untuk memasang kembali program yang dihapus (contoh: meng-uninstall suatu program versi lama untuk dipasang kembali dengan versi yang lebih baru), karena bisa saja beberapa hal penting menyangkut program yang dimaksud juga ikut terhapus, misalnya kode lisensi atau setingan program.

Tertarik? Silahkan download Revo Uninstaller dari CNET Download.com [ Klik di SINI ] atau dari Softpedia [ Klik di SINI ]. Tersedia dalam bentuk file installer (setup), maupun versi portable yang praktis [ Klik di SINI ].

Selamat mencoba.