Sebagai seorang teknisi komputer partikelir, menangani kasus komputer yang rusak akibat terserang virus merupakan hal yang jamak saya alami. Mulai dari yang berakibat minimalis seperti hanya menampilkan yel-yel “Hidup Virus!” sampai yang maksimalis seperti komputer tidak mau lagi “bergerak” atau hang saat mulai masuk Windows.
Kalau sudah begini, memasang atau menjalankan software anti-virus di komputer yang terinfeksi virus adalah hal yang paling saya hidari. Alasannya sederhana saja, selain mungkin kita sudah tidak bisa booting ke Windows lagi, juga karena proses identifikasi virus oleh program anti-virus akan bisa dengan mudah dimanipulasi oleh virus komputer jaman sekarang yang sudah “pintar” dan sudah terlanjur “ngendon” di komputer tersebut. Atau lebih tepatnya, seperti petuah dari mbah guru saya:”Sepintar-pintarnya software Anti-virus, tetap saja virus komputer berada selangkah di depan“.
Di sinilah saya akan memberitahukan senjata rahasia seorang “ahli virus komputer panggilan” yang telah sekian lama saya gunakan untuk memperbaiki masalah virus komputer ini. Yaitu dengan menggunakan program pembasmi virus eksternal yang bisa dijalankan tanpa harus masuk kedalam system Windows terlebih dahulu.
Kalau sebelumnya saya sempat mengungkap rilis baru AVG Rescue CD, maka kali ini saya akan membeberkan beberapa software serupa yang selalu saya gunakan secara estafet ketika sedang “dinas luar” memperbaiki komputer yang terserang virus atau Windows yang tidak bisa start karena dirusak oleh virus komputer.

Avira AntiVir Rescue System
Basis: Linux
Ukuran file: 77,72MB (.iso)
Database Update: Offline update lewat CDROM atau harddisk.
Download: Avira AntiVir Rescue System

AVG Rescue CD
Basis: Linux
Ukuran file: 80 – 90MB
Database Update: Online / offline lewat media lain (USB, HDD).
Catatan: File download tersedia dalam bentuk file kompresi (.rar/.zip) untuk media USB Flash Drive atau file image (.iso) untuk media CD/DVD.
Download: AVG Rescue CD

BitDefender Rescue CD
Basis: Linux
Ukuran file: 260MB (.iso)
Database Update: Online / offline lewat media lain (USB, HDD).
Download: BitDefender Rescue CD

Dr.Web LiveCD
Basis: Linux
Ukuran file: 137MB (.iso)
Database Update: Online update lewat menu program
Download: Dr Web LiveCD

F-Secure Rescue CD
Basis: Linux
Ukuran file: 119MB
Database Update: Online / offline lewat media lain (USB, HDD).
Catatan: File download tersedia dalam bentuk file kompresi (.zip) yang dilengkapi dengan beberapa tools penyelamatan data.
Download: F-Secure Rescue CD

VBA32 Rescue
Basis: Linux
Ukuran file: 95.4MB
Database Update: Online / offline lewat media lain (USB, HDD).
Download: VBA32 Rescue

Sebenarnya masih ada beberapa software rescue cd lagi yang biasa saya gunakan. Hanya saja karena sampai sekarang saya belum bisa mendapatkan link-link gratis untuk mendownload mereka selain dengan fasilitas Rescue CD Builder internal yang ada di software Anti-Virus versi berbayar (paid version). Karena itu sementara hanya 6 merek Anti-Virus di atas yang bisa saya ungkapkan di sini. Tetapi, sepanjang yang saya tahu, semua itu sudah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai senjata pamungkas menjadi seorang “ahli virus panggilan“.

(*)Linux base: Platform yang digunakan. Semua software di atas digunakan untuk menangani komputer dengan basis OS Windows.

Semoga bermanfaat.