Di Indonesia, orang lebih mengenal Google sebagai mesin pencari informasi di Internet, sehingga kata-kata “digugel (google) aja..” bisa jadi sudah sering kita dengar. Beberapa orang juga menggunakan Yahoo! Search lewat browser internet yang mereka gunakan. Memang 2 mesin raksasa pencarian ini punyai kemampuan yang sangat fantastis dalam menyajikan seputar informasi yang kita cari di internet, apapun itu.
Lantas, bagaimana dengan Twitter Search? Sudahkah Anda mendengar dan mencobanya?
Mungkin Anda akan langsung tersenyum simpul dan berguman “Ada-ada saja! Cari informasi kok lewat jaringan sosial.”.
Sebenarnya, Twitter yang dikenal sebagai layanan jaring sosial dan microblogging ini memiliki fitur asyik selain sebagai media kirim-kirim pesan (tweet), yaitu fitur pencarian informasi yang beredar di internet. Twitter Search mungkin menawarkan sesuatu yang kadang-kadang tidak bisa kita temukan di mesin pencarian lain (seperti Google, Yahoo! bing dsb), yaitu pencarian secara ‘Real Time’. Dan karena alasan inilah Google menyertakan hasil pencarian real time dari Twitter Search di timeline-nya. Tak ketinggalan Microsoft juga sedang menguji untuk memasukkan hasil pencarian real time Twitter ini ke dalam mesin pencarinya sendiri, bing.
Twitter telah memperkenalkan sebuah halaman pencarian khusus di search.twitter.com yang dapat Anda gunakan untuk menemukan update real-time melalui Twitter. Asyiknya, yang ingin menggunakan mesin pencarian Twitter ini tidak harus memiliki akun di Twitter, ataupun harus log-in terlebih dahulu. Cukup dengan mengunjungi Twitter Search [ Klik di SINI ], dan cari apa yang ingin Anda ketahui.
Twitter Search memberikan update terbaik di topik hangat seperti: acara peluncuran iPad, Apple OS 4.0, handset Nokia terbaru, software gratis dan hal-hal lainnya melalui web.

Advanced Search
Selain pencarian normal, ada juga pencarian yang lebih spesifik yang dapat Anda gunakan untuk menyaring hasil yang seakurat mungkin. Anda juga dapat menggunakan halaman advanced search untuk mengkombinasikan dengan operator pencarian yang lain dalam permintaan Anda.

Plugin untuk browser internet
Selain halaman khusus pencarian, Twitter Search juga menyediakan plugin yang bisa Anda gunakan di browser internet Anda jika mau. Plugin ini nantinya bisa Anda gunakan sebagai default pencarian menggantikan yang sudah ada, ataupun sebagai tambahan saja yang sesekali bisa digunakan untuk fungsi pencarian di internet.

Dengan meng-klik tautan ‘Install Search Plugin’, Anda akan mendapati kotak dialog dari browser Anda untuk mengkonfirmasi pemasangan plugin Twitter Search di browser, seperti:

i. Mozilla Firefox

Beri tanda centang pada ‘Start using it right away’ jika Anda ingin menjadikan Twitter Search sebagai default mesin pencarian.

ii. Internet Explorer

Beri tanda centang pada ‘Make this my default search provider’ jika Anda ingin menjadikan Twitter Search sebagai default mesin pencarian.

iii. Google Chrome

Untuk menjadikan Twitter Search sebagai provider pencarian secara default di Google Chrome, buka menu Option, klik tombol manage untuk default search, cari Twitter dalam kategori other search engines, pilih dan klik tombol Make Default.

iv. Opera

Dalam Opera, Anda harus menambahkan Twitter Search secara manual. Untuk melakukan hal ini, buka menu Opera > Settings > Preferences > Search tab dan klik tombol ‘Add’. Selanjutnya, masukkan search.twitter.com dalam kotak Name dan Keyword, dan http://search.twitter.com/search?q=%s di kotak Address. Juga jangan lupa memberi tanda centang di ‘Use as default search engine’ jika Anda ingin menjadikan Twitter Search sebagai default mesin pencarian, lalu tekan Ok.

Semoga bermanfaat.

AcaRossa [via] Web Trickz