Global Clipboard adalah sebuah software manajer multifungsi untuk Clipboard (tempat penampungan sementara untuk data-data yang di salin). Program ini akan menyimpan semua informasi yang telah disalin ke clipboard ke dalam databasenya sendiri. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah mencari dan mengembalikan data yang pernah Anda copy ke clipboard untuk digunakan kembali. Sebuah antarmuka fleksibel dan nyaman memungkinkan Anda untuk melihat semua data informasi pada setiap slot data.
Bahkan setelah Anda merestart komputer pun, semua data yang pernah Anda salin ke Clipboard masih bisa Anda temukan di sini (ya, tentu saja selama Anda belum menghapus lewat menu di Global Clipboard itu sendiri).
Sistem kerja yang sangat mudah untuk menyimpan, memilih dan mengembalikan data dari clipboard (teks, gambar, file dll.) sangat saya sukai, begitu mudah dan cepat dimengerti. Tinggal pilih dari slot data yang ada, klik dan simpan.
Pengaturan fungsi untuk menjalankan Global Clipboard secara otomatis saat Windows mulai berjalan sungguh sangat tepat, belum lagi kemudahan pengaturan jumlah memori untuk sejumlah slot yang diinginkan bisa diatur semau kita. Sangat fleksibel.

Berikut beberapa fitur unggulan Global Clipboard:

  • Memungkinkan menyimpan semua data dimasukkan ke dalam clipboard untuk selanjutnya diubah, disalin kembali ke clipboard atau menyimpannya dalam bentuk file.
  • Memungkinkan untuk menunjukkan isi clipboard secara detil: gambar(Bitmap, Metafile), teks(Plain Text, Rich Text Format), salinan file dan folder, potongan-potongan suara ataupun informasi data binary lainnya.
  • Menyimpan semua slot data dan menampilkan kembali mereka pada saat Windows di restart.
  • Memberikan statistik isi clipboard, seperti jumlah string, kata-kata dan karakter (teks), lebar dan tinggi (gambar) dan ukuran memori yang digunakan (binary).
  • Fasilitas zoom untuk tampilan teks dan grafis.
  • Data manipulasi yang memungkinkan kita untuk mengedit (teks), memutar atau membalik rotasi (gambar)
  • Dll.

Sayangnya, program manis dan sangat menawan ini bukanlah program gratis melainkan software berbayar yang dibanderol seharga $19.95 untuk setiap lisensinya. Tapi, untunglah, di luar sana ada sebuah website yang sedang berbaik hati membeberkan kode lisensi asli Global Clipboard secara terbuka untuk umum (Dan dari informasi yang saya kumpulkan, satu lisensi untuk semua ini memang legal dan didukung oleh ElasticLogic selaku pengembang Global Clipboard).
Jadi, tunggu apalagi? Silahkan kunjungi Tech I Share dan untuk software gratisan ini. Link untuk download dan kode lisensi tercantum di bagian bawah artikel tentang bagi-bagi Global Clipboard di website sana.

Catatan:
Mohon maaf, kode lisensi dan link download sengaja tidak saya perjelas di sini untuk menghormati website yang punya gawe, Tech I Share. Silahkan mengunjungi website tersebut untuk mendapatkannya.

Salam, selamat menikmati.