Paragon Virtualization Manager adalah sebuah software yang berfungsi untuk menciptakan sebuah system virtual (bayangan) dari sebuah komputer.Dengan adanya system virtual, kita bisa berbuat atau bereksperimen apa saja dengan operasional komputer tanpa takut akan merusak system (Windows) yang sebenarnya. Semua itu bisa terjadi karena segala sesuatunya berlangsung di lingkungan virtual yang diciptakan oleh Paragon Virtualization Manager dari space drive yang ada.
Lalu apa keuntungan menggunakan system virtual semacam ini?
Mungkin beberapa alasan ini bisa memberikan sedikit gambaran tentang itu:
Bisa menjalankan aplikasi favorit lama
Jika kita mengupgrade komputer dan Windows ke versi baru, tentu tidak semua software favorit kita bisa kompatibel. Dengan system virtual, kita bisa menciptakan system virtual persis seperti system yang lama, dan menempatkannya di komputer dengan system yang baru.

Mencoba software baru tanpa takut merusak system
Software baru yang sering dicoba di komputer tidak selalu baik, bahkan kadang-kadang bisa merusak system. Kita bisa mencobanya terlebih dahulu di lingkungan virtual ini, dan jika kita suka, kita bisa menjadikannya permanen dengan memindahkannya ke system yang sebenarnya.

Keperluan back-up
Kita bisa memback-up system komputer kita dan menempatkan di komputer lain, sehingga kalau sewaktu-waktu komputer kita ngadat, kita masih bisa menggunakan komputer yang lain tersebut serasa menggunakan komputer yang biasanya kita pakai. Tentu saja ini sangat berguna sembari kita menunggu komputer yang ngadat diperbaiki.

Operating system ganda
Kita bisa menciptakan dual operating system dalam satu komputer. Tidak hanya sebatas antar Windows (Windows XP dan Win 7, misalnya), bahkan juga bisa yang berlainan ‘marga’, beda bapak dan ibu (contoh: Windows dan Linux).

Berikut fitur utama Paragon Virtualization Manager sesuai dengan keterangan dari website resminya:

  • Migrasi komputer berbasis Windows ke lingkungan virtual (P2V)
  • Migrasi dari lingkungan virtual ke fisik asli Windows (V2P)
  • Virtualisasi sistem dari image backup (P2V)
  • Migrasi dari satu lingkungan virtual ke lingkungan virtual yang lain jika ada (V2V)
  • Meng-kover kemampuan startup OS setelah migrasi sistem ke komputer yang berbeda atau virtualisasi system yang gagal diselesaikan oleh software lain (penyesuaian P2P dan P2V)
  • Meng-klon sebuah partisi atau seluruh harddisk
  • Pertukaran data antar lingkungan fisik system dan yang virtual, atau antara disk virtual dan snapshotnya
  • Fitur mempartisi virtual drive (membuat, format, menghapus, memindahkan, mengubah ukuran dll)

Paragon Virtualization Manager merupakan software premium yang dijual seharga $29.95 untuk setiap lisensinya. Tapi untuk waktu yang dibatasi selama 3 hari saja (21 Mei 2010 s/d 24 Mei 2010), kita diberi kesempatan untuk memperoleh software installer khusus Paragon Virtualization Manager v9.5 (special edition) beserta kode lisensinya gratis tanpa membayar sedikitpun. Cukup dengan men-download dan registrasi untuk minta kode lisensi selama masa promosi tersebut di atas, dan kita bisa install programnya kapanpun nanti kita mau atau sempat.

Halaman Registrasi

Link Download (78MB)

Catatan:
Kode lisensi yang dikirimkan oleh Paragon lewat email hanya berlaku untuk Paragon Virtualization Manager v9.5 yang harus didownload dari link di atas, bukan untuk versi lainnya.

Sumber: Paragon Software