Process Explorer adalah sebuah software utility yang berfungsi untuk memanajemen proses di komputer yang tidak bisa kita dapatkan dari fungsi Task Manager standar Windows. Software yang satu ini akan menampilkan proses yang tengah berjalan dalam format diagram intuitif yang tidak hanya meliputi nama-nama proses, tetapi juga ikon program dan data lainnya, seperti deskripsi, gambar, statistik memori, account pengguna, atribut keamanan, ataupun waktu prosesor, secara real time.
Process Explorer juga dapat mengidentifikasi suatu proses dari aplikasi tertentu, dan yang sangat inovatif, kita juga bisa langsung mencari tahu di Google secara otomatis (kalau sedang online, tentunya) – sebuah cara yang sangat berguna dan mudah.
Tampilan Process Explorer terdiri dari dua sub-window. Bagian atas selalu menampilkan daftar proses yang sedang aktif, termasuk nama account yang menjalankan, sedangkan informasi yang ditampilkan pada bagian bawah bergantung pada mode yang dipilih pada Process Explorer: jika berada dalam modus ‘handle’, kita akan melihat proses handle yang tengah berlangsung, jika Process Explorer dalam modus ‘DLL’, kita akan melihat file DLL dan memori yang dipetakan.

Kita juga bisa melihat segala sesuatu yang berhubungan informasi komputer yang digunakan, seperti penggunaan CPU, statistik memori, koneksi jaringan, dan sebagainya, jika kita membuka tampilan kedua melalui menu System Information:

Dan yang betul-betul teramat sangat berguna sekali (EYD – Ejaan Yang Disalahkan!), kita juga bisa langsung mengetahui suatu proses yang (mungkin) misterius hanya dengan 1 kali klik mouse – langsung lewat Google (harus online)

Tidak perlu lama seperti kalau sedang antri BBM, hasil pencarian dari Google tentang informasi tersebut bisa langsung ditampilkan lewat browser

Process Explorer memang software besutan dari salah satu personil organisasi Microsoft, Mark Russinovich (Sysinternals). Mungkin karena alasan itulah Microsoft tidak mengganti Task Manager standar Windows-nya dengan Process Explorer ini, meskipun pada kenyataannya, software yang satu ini memang jauh lebih mumpuni daripada Task Manager.

Tertarik untuk mencoba? Silahkan download Process Explorer dari Sysinternals [ Klik di SINI ] atau bisa juga dari CNET Download.com [ Klik di SINI ].

Oh, ya. Satu hal lagi.
Process Explorer terlihat seperti suatu program yang rumit dan diluar kemampuan pengguna awam komputer, meskipun pada prakteknya tidaklah seme-ngeri-kan seperti itu. Cukup aman digunakan, apalagi hanya untuk sekedar dicoba dan dilihat-lihat saja, siapa tahu nanti bisa lebih familiar, bukan?

Salam, semoga bermanfaat.