Bagi Anda yang menggunakan Avira Antivir Personal (Free Version) dan selalu meng-update database virusnya secara online, tentu sudah tidak terkejut dengan tampilan “Nag Screen” yang selalu muncul saat update. Nag Screen atau window yang berisi “omelan” dari Avira ini memang tidak bosan-bosannya menyuruh kita untuk segera upgrade ke versi premium (Pro Version), dengan membayar sejumlah uang tentunya. Mungkin tidak menjadi masalah pada awalnya, namun setelah sekian lama, bosan juga rasanya melihat itu. Nah, di sinilah hadir NoNotifyAvira, sebuah utility kecil dan sederhana yang mampu menghapus iklan update dan splash screen startup dari Avira Antivir Personal tadi.
NoNotifyAvira bekerja dengan memodifikasi dua kode regedit: satu untuk iklan popup dan yang lainnya untuk layar splash startup. Sementara untuk komputer yang menggunakan windows 7, NoNotifyAvira menggunakan baris perintah khusus (icacls.exe) yang berfungsi untuk menghentikan eksekusi “avnotify.exe” yang notabene adalah file yang meluncurkan iklan dari Avira tersebut.
Anda tidak perlu kuatir, NoNotifyAvira tidak akan merusak fungsi ataupun sistem kerja Avira Antivir, karena  NoNotifyAvira menggunakan instruksi internal Windows untuk memblokir “avnotify.exe”, jadi tidak menyentuh program Avira Antivir itu sendiri dengan cara apapun.

Lantas, bagaimana cara menggunakan NoNotifyAvira ini? Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk itu:

  • Nonaktifkan (disable) fitur antivirus Avira Antivir Guard.

  • Download versi terakhir NoNotifyAvira (.ZIP) dari Softpedia [ Klik di SINI ].
  • Ekstrak dan jalankan NoNotifyAvira. Jika komputer Anda menggunakan sistem multiple user, Anda harus menjalankannya sebagai user dengan hak administrator.
  • Jika muncul peringatan semacam ini, lanjutkan saja:

  • Selesai. Sekarang Anda tidak akan melihat ‘omelan’ dari Avira Antivir lagi.
  • Jangan lupa, aktifkan kembali (enable) fitur Avira Antivir Guard!

Pada saat Avira Antivir melakukan update untuk pertama kalinya setelah menjalankan NoNotifyAvira, Anda mungkin akan mendapati peringatan dari Windows yang menyatakan ada kemungkinan kerusakan file AVNOTIFY.EXE karena virus, seperti ini:

Jangan kuatir, ini bukanlah suatu masalah yang serius. Peringatan ini muncul karena Windows menghalangi avnotify.exe mengubah ukuran filenya untuk kepentingan menampilkan iklan dari server Avira.

Catatan:
Beberapa program antivirus dan antispyware menganggap NoNotifyAvira sebagai atau telah terinfeksi oleh malware. Hal ini disebut “False Positive”, istilah yang digunakan ketika sebuah program antivirus salah mengklasifikasikan berbahaya (ofensif) sebuah file sebagai virus.
Jangan kuatir, NoNotifyAvira bukanlah virus/malware. Aplikasi ini aman dan tidak menimbulkan ancaman bagi sistem anda. Namun jika Anda masih ragu-ragu karena hal itu, silahkan menggunakan layanan online VirusTotal untuk memeriksa file NoNotifyAvira ini.

Salam, semoga bermanfaat.