PhotoStudio Darkroom adalah sebuah program komputer grafis besutan ArcSoft yang sejatinya ditujukan sebagai program editor foto dengan format non kompresi yang beresolusi tinggi (CRW, CR2, DNG, NEF, RAW, ERF, ORF) , meskipun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan dalam editing foto maupun gambar dalam format-format yang umum seperti JPEG, TIFF, dan BMP. Sedangkan format RAW ini memang lebih banyak dihasilkan oleh gambar-gambar yang diambil oleh sebuah kamera DSLR (kamera digital dengan sistem lensa mekanis; lebih sering digunakan oleh photographer profesional), misalnya Canon, Nikon, Fujifilm, Panasonic, Olympus dan Pentax.

Karena ditujukan untuk pengguna di bidang photographer profesional, tentu mutu dan hasil yang ditawarkan oleh program manipulasi gambar ini juga profesional, meskipun cara penggunaannya tak serumit dan seseram namanya.
PhotoStudio Darkroom ini memiliki antar muka yang cukup sederhana dan tidak membingungkan. Dengan hanya beberapa menu dipanel sisi kanan yang bisa diekspansi jika diklik, kita akan banyak disuguhi menu-menu editing yang bervariasi, seperti White Balance, Exposure, saturasi, efek warna, koreksi lensa dan masih banyak lagi.
Ya, ini mungkin akan cukup memberi rasa kawatir melakukan kesalahan editing bagi para pengguna amatir, meskipun itu bisa ditepis dengan fasilitas Undo yang ada. Tentu ini sangat berguna bagi kita yang mulai belajar bereksperimen dengan koleksi gambar yang ada dan mencoba-coba untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang baru.

Program yang pernah disebut-sebut sebagai pesaing berat Adobe Photoshop Elements ini memang cukup punya gaung ketika Versi 1 diluncurkan sekitar tahun 2006 yang lalu. Dengan kisaran harga yang sempat dipatok sekitar $99, tentu banyak photographer yang tertarik untuk mencoba sebelum membeli.
Namun, setelah keluar versi 2, entah mengapa (meskipun tidak banyak orang yang tahu) ArcSoft memberikan program ini secara gratis dengan menitipkan installer full versionnya (v1.5) di Avanquest, salah satu market software kenamaan di luar sana.
Bahkan setelah di install di komputer, kita bisa meregistrasikan software ini langsung ke ArcSoft secara online.
Dan yang menarik, kita juga bisa update ke versi 1 rilis terakhir, yaitu versi 1.7 yang diterbitkan sekitar tahun 2008, gratis! Atau jika kurang berkenan update secara online, kita juga bisa mendownload updaternya langsung dari ArcSoft.
Hanya saja, file installer PhotoStudio Darkroom ini memang sudah cukup lama dititipkan di Avanquest, hampir setahun lamanya. Kalau ternyata sudah tidak bisa didownload lagi dari Avanquest, berarti kontraknya sudah habis.
Yang bisa dilakukan kalau itu sudah terjadi, tentu kita berharap agar giliran versi 2 (terbaru) yang dibagikan gratis, tapi….. mungkin 2 tahun lagi. He… he…

Download ArcSoft PhotoStudio Darkroom v1.5 (26.3MB)

Download ArcSoft PhotoStudio Darkroom v1.7 Update (25MB)

Catatan:

  • Anda harus download dan instal v1.5 terlebih dahulu sebelum bisa update dengan v1.7
  • Selain bisa dibeli langsung lewat retailer, produk-produk ArcSoft biasanya juga sering  disertakan sebagai bonus jika kita membeli peralatan digital seperti Camera, Printer, Scanner dsb.