Firewall adalah software yang membantu mencegah hacker, virus, dan worm yang mencoba menjangkau komputer Anda melalui Internet. Jika komputer Anda tidak dilindungi ketika Anda terhubung ke Internet, hacker bisa mendapatkan akses ke informasi pribadi pada komputer Anda. Mereka dapat menginstal kode-kode pada komputer Anda yang akan merusak file atau menyebabkan malfungsi. Mereka juga dapat menggunakan komputer Anda untuk menimbulkan masalah di komputer orang lain yang juga terhubung ke Internet. Firewall membantu untuk menyaring berbagai lalu lintas data Internet yang berbahaya sebelum mencapai komputer Anda.
Beberapa firewall juga dapat membantu untuk mencegah orang lain untuk menggunakan komputer Anda untuk menyerang komputer lain tanpa sepengetahuan Anda. Menggunakan firewall memang sangat penting, tidak peduli bagaimana Anda terhubung ke internet dengan modem-modem dial-up, kabel, atau jalur pelanggan digital (DSL atau ADSL).
Salah satu firewall yang memiliki kemampuan solid dan cukup banyak diminati oleh para pengguna komputer di luar sana adalah Online Armor. Firewall besutan Tall Emu Pty Ltd ini terbukti memang bisa diandalkan untuk dijadikan penjaga gerbang internet di komputer kita. Tersedia dalam 3 jenis produk ada, yaitu Online Armor Free (GRATIS, dan yang kita bahas kali ini), Online Armor Premium dan Online Armor++ (untuk 2 produk yang terakhir, adalah produk berbayar yang lisensinya musti dibeli setiap tahun).

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan Online Armor Free:

  • Sangat mudah digunakan dengan antarmuka yang cukup mudah dimengerti.
  • Tidak banyak tampilan Pop-up yang mengganggu, karena opsi tingkat peringatan bisa diatur sesuai kebutuhan.
  • Ringan di sumber daya CPU.
  • Memberikan perlindungan dari ancaman gangguan dari luar, serta kontrol penuh akan data yang diperbolehkan meninggalkan komputer menuju internet.
  • Penguncian online sesi browsing dan melindungi komputer dari website yang mencurigakan yang mencoba menginstal program berbahaya pada komputer Anda.
  • Mencegah Spyware, dengan memberikan peringatan sehingga Anda dapat mencegah agar mereka tidak berjalan di komputer.
  • Mampu memblokade ataupun menghapus paksa spyware yang sudah terlanjur menjangkiti komputer dengan mudah.
  • Pengecekan file HOSTS dan memberitahu Anda jika terjadi perubahan, juga untuk melindungi agar web browser Anda tidak dibelokkan untuk mengunjungi situs lain yang tidak Anda inginkan.
  • Manajemen Autoruns untuk mengontrol program mana saja yang boleh dimulai secara otomatis di komputer Anda.
  • Perlindungan tamper untuk mencegah program berbahaya yang mencoba merusak program lain di komputer, termasuk program Online Armor itu sendiri.
  • Mencegah keylogger yang mencoba untuk mencuri data-data rahasia Anda di komputer.

Jika disimpulkan dari keseluruhan fitur di atas,  Online Armor adalah sebuah firewall dengan fitur HIPS (Host Intrusion Prevention System) yang sangat berguna untuk melindungi komputer yang sering digunakan online ke internet. Sangat sesuai untuk disandingkan dengan program anti-virus yang ada dikomputer, karena tingkat fleksibilitas dan kemampuannya yang bisa melengkapi fitur keamanan dari program Anti-virus itu sendiri.
Tertarik untuk mencoba? silahkan download Online Armor Firewall Free Edition dan pasang di komputer Anda. Bandingkan dengan program firewall Anda (jika ada yang lain), siapa tahu Anda akan langsung menyukai firewall yang satu ini.

Salam, selamat mencoba.