PCSX2 adalah emulator PlayStation 2, sebuah software yang berfungsi untuk mensimulasikan kemampuan mesin permainan PlayStation 2 di komputer. Atau jika ingin dipersingkat, berarti bermain game PlayStation 2 di komputer. Dan tentu saja, ini cukup diminati oleh para penggemar berat PlaySation 2 (yang kebetulan juga memiliki komputer dengan spesifikasi yang berat juga, pastinya), sehingga cukup banyak dicari dan digunakan. Kenapa? Entahlah, mungkin karena game-game untuk PlaySation 2 (PS2) sangat beragam dan mudah didapatkan, dan lebih seru dibanding game untuk komputer biasa.
Selain mampu memainkan keping DVD yang berisi game untuk PS2, PCSX2 juga mampu memainkan file jenis ISO, yaitu sebuah file yang berupa salinan 1:1 dari media DVD yang tersimpan di harddisk, sehingga tidak diperlukan lagi keping DVD saat bermain game (file ISO dari DVD bisa dibentuk dengan bantuan program ‘pembakar’ CD/DVD semacam Ahead Nero, Ashampoo Burning Studio, Alcohol 120%, ImgBurn dll).
Memainkan game dari file ISO mungkin adalah pilihan yang paling bijaksana jika Anda memiliki ruang harddisk yang cukup lapang. Karena selain kecepatan akses game yang sangat bagus, pertimbangan daya tahan dan umur DVD Drive di komputer yang menurun karena stress saat bermain PCSX2 juga harus diperhatikan, terutama DVD drive dengan kemampuan baca & tulis.

Hanya saja, sesuai dengan komitmen dari developer program PCSX2 dalam urusan hak cipta, program ini hanya ditujukan untuk pengguna PS2 yang memiliki mesin asli PlayStation 2 dari Sony Corp., karena PCSX2 memerlukan salinan file BIOS dari mesin PS2 yang asli agar bisa bekerja, yang bisa diperoleh dengan cara mengekstrak file BIOS dari mesin Sony PS2 lewat tool yang juga disediakan oleh team PCSX2 (meskipun, di luar sana juga cukup banyak orang yang bisa memperoleh BIOS PS2 dengan cara mendownload dari internet lewat link-link yang mereka dapatkan dari Google Search).
Lantas bagaimana cara install dan seting PCSX2 agar bisa langsung digunakan? Memang terlihat cukup ribet di konfigurasi awal, tapi sangat mudah digunakan jika sudah selesai. Hanya saja saya tidak akan menerangkan di sini secara detil bagaimana cara download, install atau konfigurasi PCSX2 di komputer, karena semua itu sudah ditampilkan secara jelas oleh developer PCSX2 di websitenya.

Download PCSX2

Tutorial Konfigurasi (Bhs. Indonesia)

 

Selamat mencoba, asyiik lho.

UPDATE:
Karena cukup banyak pertanyaan seputar PCSX2, ada baiknya bagi Anda yang tertarik dengan PCSX2 memperhatikan beberapa hal berikut sebelum kecewa:

  • PCSX2 adalah program emulator/simulasi/peniru mesin PlayStation 2. Artinya, sampai saat inipun, PCSX2 masih belum bisa menyamai kemampuan asli mesin PlayStation 2.
  • Tidak semua games untuk PlaySation 2 bisa dimainkan di komputer dengan menggunakan PCSX2.
  • Sudah memiliki file BIOS PlayStation 2.
  • Tidak direkomendasikan untuk dipasang di laptop karena faktor kemampuan hardware yang dibatasi (pengalaman terakhir saya dengan hasil ‘asal jalan‘: Dell Vostro, intel Dual Core 2.0Ghz, RAM 2GB, VGA 256MB, Vista Home).

Untuk menggunakan PCSX2 dengan kualitas ‘asal jalan‘, minimal menggunakan komputer dengan spesifikasi:

  1. Processor AMD/Intel 2GHz dengan fitur SSE2.
  2. 1GB RAM.
  3. VGA dengan fitur Pixel Shader 2.0 (GeForce 6600 atau ATI yang sederajat).
  4. DVD Game PlayStation 2 dengan kualitas ORIGINAL.
  5. Windows XP 64Bit atau Vista. Beberapa versi Windows XP 32Bit diketahui sering hang/freeze saat di tes menjalankan beberapa game PS2.

Intinya, jika PCSX2 bisa berjalan cukup baik di komputer Anda, artinya Anda memang orang yang cukup beruntung. Tapi jika tidak, main game dengan mesin PlayStation 2 yang asli adalah jalan terakhir.
Tapi jika Anda memaksa juga (semoga berhasil.. :) ), ada baiknya Anda membaca semua pertanyaan di forum PCSX2 ini, atau bisa lewat terjemahan Bhs. Indonesianya.