Salah satu developer software yang cukup ternama, Acronis Inc., yang cukup dikenal dengan program Acronis True Image-nya bagi kalangan pengguna komputer biasa, ataupun Acronis Backup & Recovery yang sering digunakan oleh tenaga-tenaga IT di server-server dan workstation, baru-baru ini telah merilis Acronis® Drive Monitor™, yaitu sebuah software/program yang berfungsi khusus untuk memonitor kondisi kesehatan hardisk, baik itu harddisk yang terpasang di PC, workstation ataupun server.
Selain bersifat gratis bagi siapa saja yang membutuhkan software yang satu ini, aspek keragaman informasi akurat yang bisa digali dan ditampilkan oleh Acronis® Drive Monitor™ juga cukup menjadi alasan kuat mengapa kita pantas untuk menggunakannya.
Pada dasarnya, Acronis® Drive Monitor™ menggunakan fitur S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology) yang biasanya sudah disematkan ke dalam harddisk masa kini oleh para pabrikan harddisk, serta analisis log-log dari operating system. Tekhnologi monitoring S.M.A.R.T. ini memang terbukti cukup akurat dalam memprediksi resiko kerusakan harddisk , sehingga pemilik harddisk bisa mengambil tindakan penyelamatan data sebelum kerusakan itu benar-benar terjadi.

(Tampilan awal / summary dari Acronis® Drive Monitor™)

(Tampilan parameter S.M.A.R.T. yang informatif)

Berikut beberapa fitur utama Acronis® Drive Monitor™:

  • Secara otomatis memeriksa kondisi harddisk yang terpasang di komputer, server maupun workstation.
  • Menampilkan banyak informasi tentang harddisk yang dimonitor, di antaranya tingkat suhu, rasio seek error, waktu spin-up, siklus hidup, total waktu pemakaian, dan beberapa indikator penting lainnya.
  • Mengirimkan email (jika terhubung secara online serta melalui beberapa setingan sebelumnya) dan menampilkan pesan pada taskbar Windows ketika mengungkap masalah yang berhubungan dengan harddisk.
  • Indikasi peringatan (flags) yang cukup jelas ketika memonitor event log sehingga pengguna punya waktu untuk melakukan tindakan penyelamatan data/backup.
  • Mendukung sejumlah besar jenis harddisk internal, harddisk eksternel (USB) dan software pengontrol RAID.
  • Berjalan di platform Windows XP-SP2 / 2003-SP2 / Vista / 2008 / 7.
  • Laporan status mingguan.

Dalam kasus tertentu, jika Anda yakin harddisk Anda sudah memiliki fitur S.M.A.R.T. tetapi Acronis® Drive Monitor™ tidak bisa mendeteksinya, berikut hal-hal yang mungkin bisa dilakukan:

  • Pastikan fitur S.M.A.R.T. di BIOS sudah diaktifkan.
  • Cobalah untuk update driver I/O controller. Kadang-kadang versi terbaru dari driver dapat mengaktifkan dukungan S.M.A.R.T.

Catatan:
Meskipun Acronis® Drive Monitor™ dapat digunakan secara gratis, link download baru diberikan oleh Acronis Inc. setelah Anda selesai mengisi form yang menanyakan tentang Nama, alamat email, dsb.
Hanya saja ketika saya mendownload program ini dan mengisi form dengan data-data yang wajib diragukan kebenarannya (sedikit ngawur), link download (berbeda untuk setiap orang) tetap diberikan juga. Hmm…