Jika sebelumnya AcaRossa telah mengetengahkan salah satu program memory optimizer yang sedang promo, Fresh RAM v5 via facebook, maka kali ini akan saya bahas satu lagi program memory optimizer yang benar-benar efisien, sangat efektif, gratis dan tentunya adalah favorit AcaRossa: CleanMem.
Tidak seperti kebanyakan program memory optimizer yang ada yang sering meng-klaim sanggup memberikan performa terbaik sebuah komputer dengan membersihkan memory (RAM), tetapi ujung-unjungnya malah membuat komputer bekerja sangat berat dan lambat, sedangkan CleanMem terbukti mampu menjaga agar memory tetap bersih tetapi stabil.
Lalu apa yang membedakan CleanMem dengan program memory optimizer lainnya?
Secara garis besar, perbedaan CleanMem dengan program memory optimizer lainnya dapat dikelompokkan ke dalam 2 hal, yaitu tampilan antarmuka dan prinsip kerja.

Antarmuka/Interface
Jika program memory optimizer yang lain memilih untuk ditampilkan dengan antarmuka yang fantastik dan menarik, CleanMem justru sebaliknya: Tidak ada tampilan antarmuka, opsi pengaturan atau.. apapun, tidak ada sama sekali! Atau lebih tepatnya, menggunakan istilah: ‘Instal dan lupakan!’

Prinsip kerja
Umumnya, program memory optimizer akan mencoba membebaskan memory (RAM) dengan cara memindahkan data-data yang ada di RAM ke dalam memory virtual (paging file) di harddisk, sehingga RAM yang bebas (free memory) selalu tersedia. Hanya saja ketika membaca ulang data di paging file ketika dibutuhkan akan membuat komputer seperti tidak merespon instruksi dari penggunanya, karena masih sibuk dengan urusannya sendiri di paging file.
CleanMem bekerja dengan pendekatan yang berbeda. CleanMem tidak membersihkan memori dari proses itu sendiri, melainkan meminta Windows untuk melakukan hal itu. Ketika dijalankan, CleanMem akan memeriksa proses yang berjalan, kemudian memanggil Windows API (Application Programming Interface) untuk melepaskan memory dari proses-proses yang sudah tidak diperlukan lagi. Setelah semua itu selesai, CleanMem akan menutup dirinya sendiri.
Satu hal lagi, CleanMem tidak menetap di memory secara resident, melainkan bekerja secara otomatis setiap 30 menit sekali tanpa perlu campur tangan dari kita. Ini bisa dilakukan karena CleanMem menggunakan fasilitas task schedular Windows.

Karena itulah mengapa kita tidak bisa melihat seperti apa tampilan CleanMem, atau apa yang perlu di seting, karena semuanya berjalan secara otomatis tanpa kita sadari.
Tapi tentu saja prosesnya bisa dilihat kalau Anda memaksa juga, seperti gambar task manager di bawah yang diambil ketika CleanMem sedang aktif:

Pun, kalau Anda mau repot (meskipun saya kurang tahu untuk apa), Anda juga bisa melihat bagaimana status CleanMem di task scheduler Windows di panel administrator seperti dibawah ini:

Secara default CleanMem memang di atur dari sononya untuk berjalan setiap 30 menit sekali, tetapi tentu saja kita bebas mengaturnya sesuai yang diinginkan (meskipun ini tidak saya anjurkan, karena … RIBEEET) lewat menu Administrative Tools di control panel Windows, seperti di bawah ini:

Kesimpulan:
CleamMem sangat bagus dalam memanajemen memory (RAM) di Windows karena prinsip kerjanya yang efektif. Hanya saja banyak orang tidak terlalu menyukainya karena tidak punya interface apapun, terutama bagi orang-orang yang lebih mengutamakan tampilan daripada fungsi. Untuk orang-orang selebihnya yang memang memerlukan program pengaturan memori di komputer, silahkan download dan instal di komputer, tanpa perlu menyeting apapun. Pasang dan Lupakan, itu saja.

Satu hal lagi, sebaik dan sebagus apapun program manajemen memory yang Anda gunakan, tidak ada satupun yang mampu mengungguli kemampuan memori (RAM) secara fisik.
Jadi, jika ada dana dan fasilitas upgrade RAM di komputer masih memadai, menambah jumlah memori (RAM) adalah langkah yang lebih baik.

Salam, semoga bermanfaat.