Saya yakin setiap pengunjung AcaRossa mempunyai kebanggan tersendiri dengan komputernya masing-masing, entah itu komputer lama, baru, cepat, lambat atau apapun jenisnya. Begitu juga dengan saya, mempunyai rasa bangga karena memiliki komputer yang didapat dengan usaha yang sama sekali tidak mudah, penuh perjuangan (he..he.. perjuangan, seperti film tahoen 45 aja). Ya, meskipun bisa di bilang udzur jika dilihat dari sisi tekhnologi, pun tak akan menyurutkan niat untuk mengutak-atik setingan komputer agar bisa bekerja secara maksimal. Agar tidak ketinggalan jaman, katanya..
Lalu bagaimana caranya agar bisa melihat seberapa hebat kemampuan komputer kita? Atau sudah maksimalkah? Membadingkan langsung berhadap-hadapan dengan komputer orang lain? Tentu saja cara ini tidak etis sama sekali (kalau tidak mau dibilang kurang ajar). Hmm..
Sebenarnya ada cara yang paling tepat jika kita ingin menguji kemampuan komputer kita dan membandingkannya dengan milik orang lain, yaitu dengan menggunakan sebuah software pengujian (benchmark) yang bisa kita dapatkan secara gratis, salah satu contohnya adalah NovaBench.

NovaBench adalah software penguji (benchmark) sebuah komputer yang materinya bisa dikelompokkan ke dalam 4 bagian utama, yaitu:
CPU Test
Menguji seberapa cepat CPU melakukan proses komputansi berdasarkan kecepatan aritmatika Floating Point (Floating Point Test), integer (Integer Test), dan kecepatan CPU secara umum (MD5 Hashing Speed).

GPU Test
Menguji seberapa cepat display adapter/VGA card mampu mengolah 3D Graphics dengan shader yang cukup berat (layaknya game-game komputer jaman sekarang).

RAM Transfer Speed
Menguji seberapa cepat memori/RAM mampu melakukan data transfer melalui instruksi baca dan tulis internal.

Disk Write Speed
Menguji seberapa cepat harddisk atau drive lain yang dipilih dalam melakukan proses penulisan data.

Melakukan pengujian (benchmark) lewat NovaBench tidak sulit sama sekali. Cukup jalankan NovaBench, klik tombol ‘Start Benchmark Test‘, maka proses benchmark akan langsung dijalankan.
Setelah 1-2 menit, hasil akhir akan langsung ditampilkan:

Nilai (Score) yang ditampilkan adalah hasil pengujian NovaBench terhadap komputer yang dimaksud. Semakin tinggi total nilai yang dihasilkan, berarti semakin bagus performa hardware komputer yang sedang diuji.
Ingin membandingkan dengan score komputer orang lain? Tidak masalah.
Jika saat itu kita terhubung online ke internet, klik saja tombol ‘Compare These Results Online‘ untuk itu. Hasilnya?
Kita bisa melihat spesifikasi komputer apa saja dari seluruh dunia yang menggunakan NovaBench dengan nilai yang kurang lebih sama dengan komputer kita.

Cukup menarik untuk dicoba sekaligus ‘mengintip‘ hasil uji komputer orang lain, bukan?

Download NovaBench dari NovaTech Network

Catatan khusus;
Agar bisa bekerja, NovaBench memerlukan setidaknya .NET Framework 2.0 dan DirectX 9.0c dari Microsoft.

Selamat mencoba.