Software untuk optimalisasi kemampuan komputer sepertinya tidak akan pernah ada matinya. Contoh yang sudah lazim dikalangan pengguna komputer mungkin adalah TuneUp Utilities, Glary Utilities, Advanced SystemCare, WinUtilities, jv16 PowerTools dan sebagainya. Kesemua nama tadi adalah software berbayar yang sempat dipromosikan gratis dan diulas di AcaRossa. Lalu ada lagi satu ultility semacam ini yang dikeluarkan oleh Ashampoo GmbH & Co. KG, yaitu Ashampoo WinOptimizer.
Sebenarnya dulu saya sama sekali tidak tertarik untuk membahas produk yang satu ini karena ada beberapa faktor yang kurang saya sukai. Namun, setelah adanya promosi gratis versi 6, hati saya tergelitik untuk mengulasnya, meskipun hanya sekedar mencoba saja.
Ashampoo WinOptimizer v6 memang memiliki tampilan yang menarik, terutama karena program yang satu ini telah dibekali dengan 3 pilihan skin yang cantik.

Sedangkan urusan fitur, memang cukup bagus dan dilengkapi dengan modul-modul yang berguna. Tapi tidak akan saya jelaskan di sini karena semua fitur dan kemampuan Ashampoo WinOptimizer v6 sudah dijelaskan di halaman fitur WinOptimizer v6 (berbahasa Inggris), atau bisa juga dibaca di halaman terjemahan Bhs. Indonesia ini.
Nah kembali ke urusan performa.
Cantik dan menarik tentu belum cukup dijadikan alasan yang bagus untuk menilai sesuatu, perlu tindakan yang nyata untuk membuat komputer kita berada di puncak performa. Untuk itulah perlu dilakukan percobaan optimalisasi komputer dengan software ini:

Hasilnya, beberapa setingan & service Windows telah diubah oleh WinOptimizer ke value yang berbeda dari sebelumnya. Untuk mengetahui apakah ini akan membuat komputer punya performa yang lebih baik, saya mengecek kembali komputer dengan 2 software utility andalan saya: TuneUp Utilities 2009 dan jv16 PowerTools 2009. Hasilnya? Amiiii….iinnnn, lolos sensor! (Sekedar informasi, laptop AMD Dual Core ber-OS Vista yang saya gunakan selalu dijaga performa hariannya oleh TuneUp Utilities 2009, juga jv16 PowerTools 2009 saat merambah ke permasalahan registri).
Produk WinOptimizer v7 (terbaru) memang dijual seharga US$49.99 untuk setiap kode lisensinya, sedangkan versi 6 (yang saya bahas ini) dihargai senilai US$39.99.
Dan jika Anda tertarik untuk memiliki, ada promosi gratis Ashampoo WinOptimizer v6 (terus terang saja saya tidak tahu promosi ini sebenarnya lewat media apa, karena link promo ini saya temukan dengan cara mencoba-coba/try and error dari kode-kode promosi Ashampoo yang sudah saya miliki sebelumnya), cukup dengan melakukan:

  • Mengunjungi halaman promosi gratis WinOptimizer v6, atau link alternativenya.
  • Saat disodori formulir kode lisensi gratis, isi dengan alamat email Anda yang masih valid.
  • Jika Anda sudah memiliki akun di Ashampoo, maka Anda akan dimintai password untuk login; atau
  • Jika Anda belum memiliki akun di Ashampoo, maka Anda akan dikirimi sebuah email konfirmasi dari Ashampoo <MrReg@ashampoo.com> yang berisi link/tautan untuk aktivasi. Klik link/tautan di dalam email tersebut.
  • Selanjutnya akan ditampilkan halaman kode lisensi gratis WinOptimizer v6 untuk Anda.

  • Download file installer WinOptimizer v6 dari website Ashampoo dan install di komputer.
  • Gunakan kode lisensi tadi untuk aktivasi versi full WinOptimizer 6.
  • Selesai.

Catatan:
Ashampoo dikenal cukup dermawan dalam urusan bagi-bagi kode lisensi, tapi mereka juga cukup ‘dermawan‘ mengirimi email-email penjualan (spam) bagi siapa saja yang minta gratisan. Wajar bukan?

Selamat menikmati.