Mempercantik tampilan Windows XP agar terlihat lebih ‘fresh‘ sebenarnya tidak sulit. Beberapa orang memilih merubah tampilan ‘jadul‘ Windows XP dengan mengganti-ganti tema, sementara sebagian lainnya menggunakan cara yang lebih ekstrim: Menggunakan tranformation pack.
Saya bisa dikatakan termasuk golongan orang yang berada di kelompok terakhir. Terhitung sudah banyak transformation pack yang telah saya coba sejak tahun 2005 lalu, mulai dari yang mirip Windows Longhorn (Unofficial name of Vista), Vista, Mac Leopard dan yang terakhir: Seven. Namun, setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya saya memutuskan untuk membuang semua itu dan menggunakan 2 macam polesan manis tetapi tidak ‘ngoyo’ di sumber daya CPU.
Dan berikut adalah cara saya mempercatik Windows XP di laptop P4 Acer yang saya miliki:

Microsoft Royale Theme.
Ini adalah rilis resmi dari team Microsoft untuk tema di Windows XP. Dirancang untuk memberikan efek ‘glossy‘ pada tampilan Windows XP standar agar terlihat lebih mengkilap.
Untuk memberikan gambaran bagaimana perbedaan yang diperoleh setelah menggunakan tema Royale ini, berikut saya tunjukkan perbedaannya:

Tampilan Windows XP standar:

Tampilan Windows XP dengan tema Royale:

Cara untuk bisa menggunakan tema ini tidak sulit, cukup dengan:

  • Download Royale Theme for WinXP dari Softpedia (file Royale_theme.zip – 0.9MB).
  • Ekstrak dan instal file installer tema ini di komputer (Windows XP).
  • Klik kanan mouse Anda di desktop -> Properties -> Themes -> Royale -> OK.
  • Selesai. Mengkilap bukan?

TrueTransparency
Program kecil ini akan memberikan efek transparasi pada window/jendela yang muncul di Windows XP. Fitur ini memang defaultnya hanya ada di Windows Vista dan Seven, tapi masih bisa juga dicicipi di Windows XP kalau mau. Seperti tampilan di bawah ini:

Sangat indah bukan? Tapi bukan itu saja kemampuannya! Masih ada lagi yang cukup hebat:

  • Aero Snap. Fitur ini sebenarnya hanya ada di Windows 7, fungsinya untuk menarik ukuran jendela yang ada. Sebagai contoh, coba Anda drag & drop (seret dan jatuhkan) sebuah jendela ke sisi desktop untuk snap atau tarik ke atas untuk memaksimalkan. Bila Anda tarik kembali ke posisi terakhir, ukuran jendela terakhir akan dikembalikan.
  • Aero Shake. Fitur ini juga hanya ada di Windows 7, fungsinya untuk ‘mengusir’ window/jendela lain yang mungkin banyak dibelakang dan mengganggu perhatian dengan cara menggoyang (shake) window utama. Sebagai contoh, misalkan Anda memiliki lebih dari satu jendela terbuka dan Anda ingin meminimalkan semua jendela lain kecuali jendela yang sedang Anda kerjakan, maka Anda cukup menggoyang/shake jendela itu dengan mouse anda dan semua jendela lain akan langsung diminimalkan secara otomatis. Goyang/shake sekali lagi, maka semua jendela yang diminimalkan tadi akan segera dimaksimalkan lagi.
  • Bring me to back. Ini berfungsi untuk membawa jendala yang sedang aktif ke belakang jendela yang lain yang terbuka. Cukup dengan klik kanan mouse di tab merah ‘X‘ (close).

Cara untuk memasang semua fitur di atas juga cukup mudah, yaitu dengan:

  • Download TrueTransparency dari Softpedia (file TrueTransparency.ZIP – 0.9MB).
  • Ekstrak file TrueTransparency.zip hasil download Anda ini di drive C (hanya contoh: C:\TrueTransparency).
  • Cari dan jalankan (double click) file TrueTransparency.exe di folder tersebut.
  • Klik kanan mouse Anda pada icon program TrueTransparency di system tray dan pilih fitur yang Anda kehendaki (Sangat saya sarankan untuk menjalankan program ini secara otomatis: Run at startup).

  • Restart komputer (Ini juga sangat saya anjurkan).
  • Lihat hasilnya: Wow!! Menggemaskan…

Catatan:

  1. Microsoft Royale Theme dan TrueTransparency tidak ada kolarasinya sama sekali. Anda bisa memasang salah satu saja atau keduanya secara bersamaan.
  2. Meskipun TrueTransparency sangat cantik memanipulasi tampilan, sumber daya yang digunakan tetap kecil. Tercatat hanya sekitar 3MB memory dan 0.1% CPU process.
  3. TrueTransparency juga bisa digunakan di Windows Vista, karena fitur AeroSnap dan AeroShake memang hanya ada di Windows 7.

Selamat mencoba.