Pernahkah Anda mendengar tentang ISO image? Mungkin ada yang sudah familiar, sekedar tahu atau malah belum pernah mendengar sama sekali. Baiklah, sebelum terlalu jauh, maka akan saya sedikit menggambarkan apa itu ISO image.
ISO image adalah sebuah file salinan/kloning/copy 1:1 dari sebuah keping fisik CD/DVD. File salinan ini berisi satu struktur lengkap dari setiap sector yang ada dari sebuah keping CD/DVD. Besaran file image inipun sama persis dengan jumlah data (byte) yang terpakai di sebuah CD/DVD. Hanya saja, file ISO ini tidak bisa kita akses langsung isinya seperti saat kita menggunakan Windows explorer untuk membaca isi dari sebuah keping CD/DVD.
Lalu mengapa AcaRossa membahas ISO image ini? Apakah memang kita memerlukannya?
Sebenarnya, ini adalah jawaban dari pertanyaan yang sangat sederhana, bergantung dengan kebutuhan masing-masing individu.
Sebagai contoh: saya mempunyai sebuah DVD game komputer yang sangat bagus. Hanya saja setiap kali bermain game ini, keping DVD game ini diharuskan selalu berada di drive DVD. Tentu ini akan menjadi masalah besar nantinya, karena selain keping DVD akan mudah tergores, optik DVD drive saya juga akan beresiko rusak kalau terlalu sering di pakai untuk waktu yang lama. Solusinya tentu saja dengan membuat salinan/copy DVD virtual (tidak ada secara fisik), dan meletakkannya di dalam harddisk ataupun flashdisk.
Karena file image CD/DVD ini sesungguhnya merupakan CD/DVD virtual (tidak nyata atau tidak ada secara fisik), maka kita perlu memasang sebuah drive CD/DVD drive yang tidak nyata juga, atau yang sering disebut dengan Virtual Drive.
Vitual drive ada banyak sekali di luar sana, baik yang gratis (freeware) ataupun berbayar (shareware). Mungkin Vitual drive yang sudah umum adalah Daemon Tool. Tapi kali ini saya akan membahas satu virtual drive yang cukup bagus, solid dan kompatibel dengan semua versi Windows, yaitu Virtual CloneDrive dari SlySoft.
Virtual CloneDrive adalah software gratis yang mampu bekerja dan berperilaku seperti layaknya CD/DVD drive secara fisik. File ISO image dapat dipasang ke Virtual CloneDrive dari hard disk anda atau dari sebuah network drive, dan digunakan dalam cara yang sama.


Berikut fitur yang ditawarkan oleh Virtual CloneDrive:
• Mendukung semua format image yang umum seperti ISO, BIN, CCD dsb.
• Mendukung hingga 15 drive virtual pada saat yang sama.
• Bekerja baik pada CPU 500 MHz dan 128MB RAM.
• Mendukung mulai Windows 98 ke atas (termasuk Windows 7).

Dengan Virtual CloneDrive, kita bisa menambahkan sebuah virtual CD/DVD drive di komputer, seperti yang ada di gambar bawah:


Atau jika 1 belum cukup, kita bisa menambahkan lagi (maksimal 15), ini tentu cukup berguna ketika kita ingin menggunakan beberapa file image sekaligus:


Penggunaan Virtual CloneDrive juga tidak sulit, cukup dengan double click file CD/DVD image yang kita punyai, atau bisa juga dengan klik kanan mouse pada icon drive virtual di Windows explorer untuk memasang/memasukkan file image:


Ini juga berlaku saat kita ingin mengeluarkan atau ‘eject’ file image dari drive virtual:


Sangat mudah bukan?
Ini adalah solusi tepat untuk menghemat keping CD/DVD sekaligus diskdrive-nya.

Download SlySoft Virtual CloneDrive (1,5MB)

Catatan:
File image dari sebuah keping CD/DVD bisa Anda ciptakan dengan bantuan program-program ‘pembakar’ keping CD/DVD, seperti Ahead Nero, Ashampoo Burning Studio, Alchohol 120% dsb.