Dulu, saya sering menggunakan sebuah penggaris plastik untuk mengukur sesuatu di layar monitor, baik itu untuk mengukur bidang suatu gambar ataupun teks dalam beberapa format font. Itu terjadi karena tidak semua software yang saya gunakan mempunyai penggaris (ruler) untuk mengetahui secara tepat berapa dimensi suatu obyek dalam pixel. Atau juga karena meskipun sebuah program grafis ataupun teks editor (misal: MS Word) mempunyai fitur ruler, tetapi kadang-kadang cukup sulit untuk menempatkannya di suatu titik tertentu karena sifatnya yang permanen: jika tidak berada diujung atas, tentu berada di samping kiri
Tapi, itu dulu. Sekarang tentu terasa aneh rasanya jika untuk posting gambar atau teks di AcaRossa saya masih menggunakan penggaris plastik, karena sebenarnya sudah ada software kecil sebagi penggaris (ruler) di layar monitor.
Adalah Yoshida Rulers, contoh sebuah software kecil yang memberikan tampilan penggaris yang terasa cukup bermanfaat, karena mampu mengukur ukuran yang tepat dari suatu objek di layar.

Yoshida Rulers akan menempatkan sebuah penggaris semi-transparan pada layar komputer pada saat dijalankan kali pertama. Penggaris ini akan berada di atas tampilan program-program lain yang tengah berjalan, sekaligus juga bisa dipindah-pindahkan dengan fungsi drag (tekan tombol kiri mouse, tahan dan geser). Sedangkan klik tombol kanan mouse pada penggaris akan membawa kita ke sebuah tampilan opsi dari Yoshida Rulers ini.

Melalui opsi ini, kita bisa melakukan kustomisasi tentang berapa jumlah penggaris (ruler) yang bisa ditampilkan secara bersamaan (maksimal 10 unit penggaris dengan warna yang berbeda), sekaligus melakukan beberapa setingan di tiap penggaris, seperti:
Tampilan
Pilihan font dan warnanya, semi transparansi (alpha blend), ataupun intensitas tampilan penggaris (terang atau gelap).

Ukuran penggaris
Dapat ditentukan panjang penggaris melalui preset (680, 800, 1024 dan 1280 pixel) atau kita masukkan sendiri sesuai keinginan. Juga bisa diatur berapa margin kana dan kiri, sekaligus lebar penggarisnya.

Orientasi
Ini fitur yang sangat berguna, karena bisa mengatur arah bentang penggaris ke 4 arah sesuai kebutuhan: dari atas ke bawah, kiri ke kanan, ataupun sebaliknya.

Ketebalan titik
Kita bisa mengatur apakah setiap penggaris perlu menampilkan garis-garis tebal untuk setiap puluhan unit, ukuran, angka sekaligus besarannya.

Sebanding dengan ukuran filenya yang hanya sekitar 680KB, program portable ini cukup kredibel karena diklaim mampu bekerja dengan baik hingga Windows 7. Dan juga harus diingat, penggaris ini tidak menampilkan unit centimeter ataupun inci, melainkan pixel.

Salam, semoga bermanfaat.