WinX DVD Author adalah sebuah software DVD authoring profesional yang dirancang khusus untuk membuat sebuah film DVD dan membakarnya langsung kedalam keping DVD. Mendukung berbagai format file video seperti AVI, WMV, DivX, MPEG, Xvid, RM, RMVB, ASF file, dll, yang memungkinkan kita untuk mengkonversi video ke DVD lengkap dengan tambahan menu, judul, musik background, dll.
WinX DVD Author mendukung kedua format standar video untuk televisi, yaitu NTSC (format video standar dari Amerika) dan PAL (video standar Jepang). Pun, film DVD yang dihasilkan juga dapat diformat dengan rasio 16:09 untuk TV layar lebar atau 04:03 untuk TV standar.


Sebelum terlalu jauh, mungkin akan ada pertanyaan klasik. Apa sih bedanya membuat film DVD menggunakan software DVD Author, dibandingkan dengan merekam (copy) file-file DVD (berekstensi *.VOB) ke dalam sebuah keping DVD?
Membuat film DVD, artinya mengkonversi sebuah atau beberapa file video kedalam sebuah keping DVD sehingga bisa diputar/dimainkan oleh sebuah DVD Player di televisi biasa (hasilnya, keping DVD ini sama fungsi dan penggunaannya seperti film DVD yang banyak dijual di toko-toko film DVD).
Sedangkan jika kita meng-copy file video DVD (*.VOB) atau file-file video lainnya langsung ke sebuah keping DVD, maka yang diperoleh adalah sebuah keping DVD yang berisi file Video untuk dilihat di komputer saja, tidak bisa di putar di sebuah DVD Player untuk TV.
Sekarang, kembali lagi ke topik awal.
Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan WinX DVD Author:

  • Mendukung hampir semua format video yang umum untuk dikonversi ke DVD.
  • Kualitas tinggi dan kecepatan proses super cepat..
  • Mendukung konversi bertumpuk (batch).
  • Mendukung rasio 16:09 (layar lebar) dan 4:13 (TV standar); Berstandar PAL ataupun NTSC.
  • Kemampuan menambahkan subjudul (*.srt) ke DVD.
  • Mendukung semua interface hardware (IDE/SCSI/USB/1394/SATA).
  • Mendukung Dolby Digital AC-3 Audio.

Detil fitur dan kemampuan yang ditawarkan oleh WinX DVD Author bisa kita lihat selengkapnya di website resmi WinX.
Seperti yang sudah sering saya tulis sebelumnya, Digiarty Software selaku pengembang WinX memang sangat dermawan soal urusan bagi-bagi software gratis. Dalam kesempatan ini, yaitu WinX DVD Author v5.5 (terbaru). Kali ini yang digandeng untuk promosi gratis adalah toko online Softpedia.
Bagaimana, ingin memiliki tanpa harus membeli, atau sekedar untuk mencoba software yang biasanya dijual seharga $39.95 ini?
Tidak susah, cukup download file installer WinX DVD Author di halaman download Softpedia dan install di komputer. Tidak perlu kode lisensi ataupun aktivasi, karena ini adalah versi khusus (Full Version).


Tapi harus diingat. Jika Anda tidak mendapati gambar seperti di atas ketika tiba di halaman download Softpedia, itu artinya promosi gratis WinX DVD Author ini sudah tidak ada lagi (ditutup).
Jadi, BURUAN DOWNLOAD!

Catatan:
Untuk bisa bekerja normal, program ini memerlukan DirectX 9.

Tutorial:
Cara untuk menggunakan WinX DVD Author sebenarnya juga tidak sulit, hanya 3 langkah.
Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat halaman tutorial DVD Author, atau bisa juga di halaman yang sudah diterjemahankan ke Bhs. Indonesia.

Selamat menikmati.