PCTools Privacy Guardian adalah sebuah software/program penjaga privasi ketika sedang berselancar di internet, dengan cara menghapus jejak online, catatan kegiatan progam yang tersimpan di browser dan file tersembunyi lain di komputer.
Teorinya, informasi dari setiap website yang dikunjungi oleh seseorang akan disimpan di komputer dan dicatat dalam Windows di suatu lokasi secara tersembunyi, termasuk diantaranya file-file sementara, cookies, sistem registry dan file data index. Web browser secara umum hanya menyediakan perlindungan privasi parsial dengan membiarkan beberapa file sementara Internet dan cookies untuk dihapus , tetapi mereka tidak membersihkan data dari semua file yang tersembunyi, juga tidak menghapus data secara aman .
Privacy Guardian juga mengembalikan ruang hardisk dan mempercepat kinerja sistem dengan cara membersihkan catatan sementara yang sudah tidak terpakai lagi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk secara sederhana, aman dan mudah dalam menghapus file privasi yang sensitif dari Windows, Microsoft Office, Netscape, Windows Media Player dan Internet Explorer.


Privacy Guardian cukup sederhana untuk diinstal dan mudah ketika digunakan. Kompatibel dengan browser internet yang umum, seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape, Opera dan Firefox. Juga dapat diatur agar secara otomatis melindungi privasi secara berkala.

Berikut adalah fitur unggulan Privacy Guardian:

  • Membersihkan bekas jejak online internet, informasi history dan data sensitif lainnya.
  • Penghapusan bersifat permanen dengan menggunakan standar US Department of Defense (DoD 5220.22-M), tanpa ada kemungkinan untuk dikembalikan oleh tangan-tangan yang tidak berhak.
  • Mendukung berbagai aplikasi web browser yang umum, seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape, Firefox dan Opera.
  • Mampu membersihkan jejak kegiatan lebih dari 50 aplikasi pihak ketiga, termasuk Kazaa, ICQ, iMesh dll.
  • Mengembalikan ruang kosong hardisk dan meningkatkan performa sistem dengan cara menghapus file-file sampah.

Bagi sebagian kalangan fans PCTools, nama PCTools mungkin adalah sebuah lambang kepercayaan produk-produk yang berkualitas. Dan tentu saja, harga $29.95 per tahun untuk kode lisensi software ini bisa jadi adalah nilai yang kecil bagi mereka.
Tapi bagi yang minim dana atau suka gratisan, sekarang ada promosi gratis 1 tahun lisensi PCTools Privacy Guardian (sepertinya ini promosi yang sama di tahun kemarin, tepat saat kode lisensi yang lama akan habis).
Caranya dengan melakukan:

  • Selanjutnya lisensi program ini akan langsung dikirim oleh PCTools ke alamat email yang diajukan.
  • Download file installer PCTools Privacy Guardian (11.2MB) dari website PCTools.
  • Install PCTools Privacy Guardian di komputer dan gunakan kode lisensi yang dikirim via email oleh PCTools <do-not-reply@pctools.com> untuk aktivasi.
  • Selesai.

Meskipun secara pribadi saya lebih menyukai CCleaner ketimbang PCTools Privacy Guardian, mengkoleksi kode lisensi program-program semacam ini juga merupakan kesenangan tersendiri.
Namanya juga gratisan…