Secara default, setelah menginstal Windows pertama kali dan juga setelahnya, kita bisa langsung masuk (login) ke sistem dan menggunakan komputer. Tetapi untuk sebagian orang (termasuk saya), apalagi di sebuah komputer yang digunakan bersama oleh beberapa orang secara bergantian, akan lebih nyaman jika digunakan cara wajib log-on, yaitu dengan memilih nama pengguna (akun) sekaligus password yang sesuai.
Cara ini cukup mudah dan nyaman untuk semua pengguna, tetapi masih ada cara yang lebih nyaman lagi selain dengan harus memasukkan password, yaitu dengan cara logon menggunakan software pengenalan wajah, Blink!
Blink! adalah software pengenalan wajah dari profil pengguna komputer untuk logon ketika komputer mulai dihidupkan, pada saat komputer dikunci, setelah hibernasi, ataupun setelah log-off. Tapi tentu saja komputer tersebut harus memiliki webcam yang bisa digunakan untuk menambahkan atau mengenali wajah pengguna.

Meskipun software ini hanya menggunakan pengenalan wajah dari sebuah webcam untuk log-on ke Windows, tetapi kita masih bisa menggunakan cara normal yaitu dengan mengklik profil pengguna dan mengetikkan password saat berada di menu logon screen Windows, karena fitur ini masih tetap ada dan tidak di disable.
Pun, Blink! juga bisa dinonaktifkan kapan saja melalui ikon Blink! di system tray.
Bagaimana, tertarik untuk mencoba hal baru dan menarik ini?
Kalau begitu silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk instal dan konfigurasi awal:

  • Download Blink! dari halaman download Luxand (developer Blink!).
  • Persiapkan webcam Anda dan pastikan masih bisa bekerja dengan baik.
  • Jalankan file instaler Blink! hasil download tadi dan instal di komputer.
  • Ikuti saja langkah-langkahnya secara default (klik tombol next..next..) sampai selesai proses instalasi.
  • Sekarang kita tiba di menu konfigurasi awal.

  • Setiba di sini, pastikan Anda bebas terlihat oleh webcam, dan klik tombol ‘Next‘.
  • Secara perlahan, palingkan wajah Anda dari arah kiri ke kanan sambil terus memperhatikan layar monitor.
  • Setelah Blink! selesai merekam dan meregistrasi wajah pengguna (Anda), maka data ini akan langsung disimpan di database Blink! di komputer.
  • Selanjutnya Blink! akan meminta Anda memasukkan password yang biasa Anda gunakan ketika Log-on ke Windows, dan klik tombol ‘Finish‘.

  • Proses konfigurasi Blink telah selesai.

Selanjutnya adalah proses uji coba.
Silahkan log-off dari komputer Anda (atau bisa juga restart komputer jika ingin simulasi yang sebenarnya), duduk manis di depan komputer, maka Blink! (program ini berjalan otomatis di startup) akan mengenali Anda dan .. suit…suit…, langsung masuk ke desktop tanpa harus memilih nama user ataupun password!
Bagaimana jika gagal mengenali wajah kita saat log-on (eh, kok bisa ya.. mungkin karena kita pakai topeng ninja kalee..)?
Tidak masalah, pakai cara standar logon dengan memilih profil user dan memasukkan password seperti biasanya.
Kalaupun ingin menghapus atau mengganti data lama karena wajah kita berubah menjadi lebih cakep misalnya, maka bisa kita edit lewat menu klik kanan di ikon Blink! yang ada di system tray.

Sekedar saran:
Blink! cukup akurat dalam mengenali wajah pengguna berdasarkan struktur wajah, dan juga terkesan sangat modern di komputer.
Namun menggunakannya di komputer yang berisi data-data penting dan sangat rahasia mungkin bukan langkah yang bijaksana, masih ada kemungkinan orang lain yang sukses log-on ke komputer hanya dengan menggunakan foto-foto kita sebagai pengecoh Blink! (meskipun rasio keberhasilannya cukup kecil).

Selamat mencoba.