MiniTool Power Data Recovery adalah sebuah program yang berguna untuk mengembalikan file atau data yang hilang di sebuah media karena terhapus, baik yang disengaja maupun tidak. Pemakaiannya yang relatif mudah terasa cukup membantu, bahkan para penggunanya tidak perlu memiliki latar belakang teknis untuk menggunakannya. Semua langkah-langkah pemulihan data dilakukan dengan cara logis dan mudah seperti halnya berhitung angka 1-2-3. Cukup dengan mengikuti panduan langkah pemulihan data yang ada, maka data yang hilang bisa kembali.
MiniTool Power Data Recovery cukup mumpuni dan profesional. Tidak hanya membantu mengembalikan file yang terhapus, tetapi juga mampu memulihkan data dari harddisk yang rusak karena terformat ulang. Tidak hanya mendukung hard disk dan device RAID saja, tetapi MiniTool Power Data Recovery juga mendukung pemulihan data dari keping CD, DVD, kartu memori, memory stick ataupun flash drive.
MiniTool Power Data Recovery memiliki 5 modul pemulihan data, yaitu Undelete Recovery, Damaged Partition Recovery, Lost Partition Recovery, Digital Media Recovery dan CD/DVD Recovery. Setiap modul pemulihan data memiliki fokus pada kondisi kehilangan data yang berbeda.

Undelete Recovery
Modul ini hanya bekerja pada file yang dihapus dan memungkinkan untuk ‘membatalkan penghapusan’ (istilah lain yang populer adalah ‘unerase’). Modul ini berfokus pada pemulihkan file dan folder yang terhapus.

Damaged Partition Recovery
Modul ini memiliki kemampuan pemulihan yang paling ampuh untuk membantu memulihkan file di harddisk yang rusak. Tidak peduli karena diformat ulang atau menjadi tidak dapat diakses dengan alasan yang tidak diketahui .
File dapat dipulihkan dengan menggunakan modul ini selama partisi tersebut masih ada dan bisa dideteksi. Dan juga, bisa memberi lebih banyak kesempatan untuk memulihkan file yang hilang/dihapus ketika Undelete Recovery tidak bekerja.
Modul ini tidak hanya bekerja pada partisi harddisk saja, tapi juga bisa memulihkan file dari memory stick, kartu memori dan flash drive.

Lost Partition Recovery
Modul ini dirancang untuk memulihkan data dari partisi yang hilang/terhapus (ini adalah alasan kehilangan data yang paling umum). Dan juga , modul ini dapat membantu memulihkan data ketika harddisk crashed, MBR rusak, mempartisi drive (fdisk) dan partisi yang tertimpa ketika mengembalikan data image dari proses backup. Dengan kata lain, jika tidak dapat menemukan partisi yang ingin digunakan untuk proses pemulihan data, Lost Partition Recovery adalah pilihan modul pamungkasnya.

Digital Media Recovery
Modul ini bisa membantu memulihkan data yang hilang dari perangkat media digital. Sebagai contoh: flash drive, mp3 player, kamera digital, memory stick, kartu memori, iPod dsb.
Ketika ingin memulihkan foto, musik dan file video dari perangkat media digital, baik karena kartu memori diformat atau file yang dihapus, modul inilah yang harus menjadi pilihan pertama.

CD/DVD Recovery
Modul ini dirancang khusus untuk memulihkan file yang hilang dan terhapus dari keping CD dan DVD yang tergores atau rusak. Mendukung untuk memulihkan data dari semua jenis CD dan DVD (CD-ROM, CD-R, CD-RW, DVD-ROM, DVD-R, dan DVD-RW). Juga mendukung disk yang direkam dengan software perekam keping CD/DVD dengan paket UDF: DirectCD, InCD, dan PacketCD.

Menilik fitur yang ditawarkan, bisa dipastikan MiniTool Power Data Recovery dari MT Solution Ltd. ini termasuk jenis software berbayar, lebih tepatnya dijual dengan harga mulai dari US$49 hingga US$499, tergantung jenis lisensi yang diinginkan, yaitu personal, komersial, Enterprise ataupun Teknisi.
Namun jika Anda berminat untuk memiliki program ini untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk tujuan komersial, MT Solution Ltd. bersedia memberikan software ini GRATIS tanpa harus membeli lisensi.
Namun, tentu saja semua itu ada kompensasinya.
Setiap menjalankan program ini, Anda wajib menyetujui dan berstatemen bahwa Anda adalah pengguna perorangan dan bukan untuk tujuan komersial:

Dan setiap selesai dan keluar dari program ini, Anda juga diminta dengan kerelaan hati untuk donasi buat sang developer (jika Anda merasa sangat tertolong karena program ini dan punya dana berlebihan, tentunya), meskipun kalau tidak bersedia donasi juga tidak apa-apa kok.

Buat saya pribadi yang memang tidak punya dana lebih, syarat diatas terasa cukup adil dan bisa diterima. Meskipun sebenarnya saya sudah melakukan donasi lho, yaitu dengan donasi do’a: ‘Semoga amal ibadah sang developer diterima Tuhan dan mendapatkan balasan rezeki yang berlimpah. Amii…ien.’