WinMend Folder Hidden adalah sebuah program kecil yan berfungsi untuk menyembunyikan file ataupun folder sehingga tidak dapat diakses oleh yang tidak berhak. Sambil tetap menjamin keamanan sistem yang absolut, aplikasi ini dapat dengan cepat menyembunyikan file dan folder pada partisi lokal (harddisk) dan / atau pada perangkat removable seperti flashdik. File atau folder yang disembunyikan ini tetap aman tersembunyi meskipun drive diakses di sistem operasi lain pada komputer yang sama atau diinstal ulang di komputer lain. Pada perangkat removeable seperti flashdisk, data tersembunyi ini juga tetap tidak bisa dibaca ketika perangkat ini sedang dipasang di komputer lain.
Meskipun tampilan yang dimiliki sangat sederhana, WinMend Folder Hidden sangat kredibel dalam tugas dan fitur yang dimiliki, diantaranya:

  • Menggunakan tekhnik menyembunyikan yang aman dan tidak merusak, karena file/folder yang diproteksi tidak dienskripsi.
  • Kecepatan akses instan. Mampu menyembunyikan atau menampilkan data, file ataupun folder yang berisi banyak file (bahkan puluhan Giga Byte) hanya dalam sekejab.
  • Mendukung semua drive lokal ataupun perangkant removable USB, seperti flashdisk, eksternal harddisk dll.

WinMend Folder Hidden bekerja dengan menggunakan password yang harus Anda definisikan terlebih dahulu. Artinya, semua fitur (menyembunyikan atau menampilkan data) hanya bisa diakses setelah pengguna masuk ke program utama yang dilindungi oleh password.
Jadi, selama pengguna masih ingat password yang digunakan di program ini, semua data akan aman-aman saja. Jika lupa? Hmm.. sayonara…


Lalu bagaimana cara menggunakannya?
Sangat mudah, setelah menginstall program WinMend Folder Hidden dan menjalankannya untuk pertama kali, Anda akan diminta memasukkan password yang bisa Anda tentukan sendiri:


Setelah masuk tampilan utama program WinMend Folder Hidden, Anda bisa menambahkan file atau folder yang ingin Anda sembunyikan sebanyak yang diinginkan:


Sedangkan untuk mengubah status data yang dimaksud, cukup klik kanan mouse dan pilih Hide untuk menyembunyikan atau Unhide untuk menampilkan:


Sederhana dan mudah, bukan?

Download WinMend Folder Hidden (1.7MB)

Meskipun sangat efektif, celah keamanan (meskipun sangat kecil) bisa saja ada karena program ini memang tidak menggunakan sistem enskripsi dalam operasionalnya. Artinya, untuk sekedar penggunaan pribadi, WinMend Folder Hidden sudah sangat mumpuni untuk menyembunyikan dan memproteksi data dari tangan orang lain. Sedangkan untuk memproteksi data penting yang sangat rahasia, mungkin program lain yang menggunakan sistem enskripsi tingkat tinggilah yang harus dipertimbangkan.

Salam, semoga bermanfaat.