Jika ditelaah dan disimpulkan, alasan mengapa sebuah komputer terkesan bekerja lambat (lemot) bisa dikategorikan ke dalam 2 faktor, yaitu hardware (perangkat keras / komputer itu sendiri), dan faktor yang kedua adalah cara atau kebiasaan seseorang dalam menggunakan komputer dalam kesehariannya.
Hanya saja, memang faktor pertama (hardware) ini sebenarnya lebih tertuju bagi orang-orang yang berencana untuk memiliki sebuah komputer (baru maupun bekas). Sedangkan faktor kedua memang bisa saja dialami oleh banyak pemilik komputer.
Berikut adalah rincian penyebab komputer bekerja lambat sekaligus cara menghindarinya:

Hardware.
Jika Anda berniat membeli sebuah komputer baik baru maupun bekas, pastikan Anda memilih CPU yang dipersenjatai dengan processor dengan merek kenamaan, dengan logo-logo yang tertera seperti di bawah:

High Performance Processor

Ingat, hindari merek-merek aneh bin ajaib yang mungkin saja Anda temui. Seperti contoh merek processor di bawah ini:

Fake CPU's Brand

Mengapa? Karena bisa saja processor di CPU komputer mereka bukanlah mesin pintar bertenaga listrik, melainkan mesin organik yang bisa dipastikan akan membuat komputer berjalan sangat lambat:

Organic Powered Engine

Penggunaan harian.
Satu yang sudah pasti: sehebat dan secanggih apapun komputer yang Anda miliki, pastikan Anda memang cukup ahli dalam memakai komputer. Karena jika tidak, komputer pasti berjalan lambat.
Seperti gambar di bawah ini:

Slowest Mode On

Selamat membaca. Semoga lebih bersemangat lagi!!