Video WallpaperMenjadikan sebuah gambar statis sebagai wallpaper (gambar latar belakang) sebuah komputer mungkin adalah hal yang sangat lumrah. Gambar pemandangan alam, tekhnologi, abstrak, futuristik atau apapun namanya bisa menjadi pilihan setiap individu, bahkan ada yang sangat sering mengganti wallpapernya, baik secara manual ataupun otomatis (tentunya dengan bantuan software pihak ketiga). Tak dipungkiri ini memang bisa memercantik tampilan desktop agar tidak terkesan kaku.
Lalu bagaimana jika kita tidak ingin hanya sekedar file gambar diam saja yang dijadikan sebagai wallpaper? Gambar bergerak seperti file video contohnya, apakah juga bisa dijadikan sebagai wallpaper ?
Idenya (mungkin..) agar tidak bosan melihat wallpaper statis, atau juga biar bisa bekerja di depan komputer sembari nonton film. Ya, meskipun sepertinya tidak akan menambah produktifitas, dua alasan tersebut di atas mungkin adalah jawaban yang paling masuk akal.
Lalu bagaimana caranya?
Sebenarnya, menggunakan file video sebagai wallpaper tidaklah sulit, bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Tentunya dengan bantuan software dari pihak ketiga, dan kali ini yang akan saya tunjukkan adalah dengan menggunakan software gratis (freeware) dari VideoLAN.org, yaitu VLC Media Player.
Mungkin sudah banyak dari kita yang mendengar atau malah menggunakan VLC Media Player sebagai player multimedia di komputer, seperti halnya menggunakan Windows Media Player atau Winamp.

VLC media player

Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya dalam versi barunya, VLC Media Player tidak hanya bisa digunakan sebagai media player file-file multimedia saja melainkan sudah memiliki fitur untuk menjadikan file-file video sebagai gambar background bergerak dalam modus video wallpapernya?

Video wallpaper

Belum tahu?
Baiklah, ikuti saja langkah-langkah berikut agar kita bisa langsung uji coba:

  • Download VLC Media Player dari website resminya (VideoLAN.org) dan install di komputer (untuk yang sudah menggunakan VLC Media Player, abaikan saja langkah ini).
  • Jalankan VLC Media Player dan pilih menu Tools >> Preferences.
  • Klik pada sub-menu Video (menu sebelah kiri).
  • Pastikan Anda melakukan setting  seperti pada gambar di bawah ini:

Video wallpaper setup

  • Klik tombol Simpan dan keluar dari VLC Media Player.
  • Jalankan VLC Media Player, pilih file video yang ingin dijadikan video wallpaper dan .. mainkan/play.
  • Walah, sudah jadi wallpaper dari file video!

Catatan:
~ Modus video wallpaper hanya bisa diterapkan dengan cara menjalankan VLC Media Player.
~ Jika ingin menggunakan beberapa file video sekaligus secara bergiliran, sebaiknya kita menggunakan fungsi daftar file (playlist).
~ Meskipun cukup menarik, apapun program yang memiliki fitur video wallpaper akan cukup menguras sumber daya CPU.

Selamat mencoba.