Windows XP SetupWindows XP yang rusak, bekerja tidak normal atau bermasalah bukanlah berita baru di sistem komputer. Beberapa hal penyebab kerusakan/tidak normalnya kinerja Windows bisa disebabkan beberapa hal, misalnya serangan virus/malware, software milestone yang bekerja serampangan, ataupun kesalahan pengguna mengutak-atik beberapa file penting system.
Beberapa orang akan berusaha melakukan perbaikan Windows dengan menggunakan bantuan software utility, online update, dan yang paling ekstrim: Instal ulang Windows XP (Clean Install).
Sebenarnya, jika tidak normalnya Windows disebabkan oleh kerusakan instalasi standar file system Windows, ada cara yang paling mudah dan aman yang bisa dilakukan. Yaitu dengan melakukan perbaikan instalasi Windows menggunakan CD Installer Windows XP.
Saya bilang mudah karena cara ini bisa dilakukan oleh semua kelas pengguna komputer (amatir ataupun mahir), dan aman karena proses ini tidak menyentuh bagian data-data pengguna/dokumen ataupun program-program lain yang terinstall sebelumnya.
Namun, jika kerusakan Windows disebabkan oleh serangan virus/malware, ada baiknya Anda baca peringatan No.1 dibawah artikel ini.

Siap? Baiklah, berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki instalasi Windows XP yang rusak dengan menggunakan CD Installer Windows:

  • Siapkan CD Installer Windows XP Anda.
  • Booting komputer menggunakan CD installer Windows XP (Anda mungkin perlu mengubah urutan booting pada sistem BIOS sehingga komputer booting lewat CD sebelum harddisk).
  • Ketika Anda melihat tampilan “Welcome To Setup“, Anda akan melihat pilihan seperti di bawah ini

This portion of the Setup program prepares Microsoft Windows XP to run on your computer:

To setup Windows XP now, press ENTER.

To repair a Windows XP installation using Recovery Console, press R.

To quit Setup without installing Windows XP, press F3.

  • Tekan tombol ‘Enter‘ untuk memulai Setup Windows (jangan memilih “To repair a Windows XP installation using the Recovery Console, press  R”).
  • Ketika ditampilkan perjanjian/pernyataan lisensi, tekan tombol F8 dan program setup akan langsung mencari instalasi Windows yang ada.
  • Selanjutnya akan ditampilkan daftar instalasi Windows XP yang sudah ada (yang akan diperbaiki), dan di layar bawah terdapat menu:

    F3=Quit     R=Repair     Esc=Don’t repair

  • Pilih instalasi XP yang ingin diperbaiki dari daftar yang ditampilkan dan tekan ‘R‘ (Repair) untuk memulai proses perbaikan instalasi Windows (Jika Anda tidak melihat pilihan “Repair” di sana, STOP! Baca peringatan No.2 di bawah artikel ini).
  • Setup akan mulai menyalin/copy file-file yang diperlukan ke harddisk dan reboot setelah proses ini selesai.
  • Jangan tekan tombol apa pun untuk booting dari CD bila muncul tulisan di monitor:

Press any key to boot from CD…

  • Setup akan melanjutkan proses akhir perbaikan instalasi Windows XP sampai selesai.
  • Sekarang, Windows XP Anda akan bekerja seperti baru lagi 🙂

Peringatan! (penting untuk diperhatikan):

  1. Perbaikan instalasi Windows ini tidak akan menghilangkan virus/malware di komputer yang terinfeksi. Sebaiknya lakukan pembersihan virus/malware terlebih dahulu dengan menggunakan AntiVirus Rescue CD sebelum melakukan proses di atas.
  2. Jika Setup tidak menampilkan pilihan R (Repair), artinya Setup tidak mampu mendeteksi adanya instalasi Windos XP di harddisk Anda (mungkin memang tidak ada installasi sebelumnya/kosong, atau bisa juga karena Windows XP Anda telah mengalami kerusakan parah/total. Ini akan memicu Setup untuk memulai instalasi baru (bukan perbaikan), dan ada kemungkinan membuat Anda juga kehilangan data-data (My Documents, Password, arsip email dsb) jika semua itu berada Drive system (biasanya [C:\]).