Kingsoft Office 2007 Small BoxUpdate: Baca artikel yang lebih baru: Kingsoft Office Suite Free 2012.
Ketika Anda ditanya tentang Microsoft Office, saya yakin hampir semua pengguna komputer akan mengatakan, “Tentu saja saya tahu. Saya menggunakannya setiap hari. Ini merupakan produk yang sangat bagus dan membuat saya bisa bekerja dengan baik dan stabil”.
Namun, tahukah Anda bahwa saat ini ada satu alternatif terbaik selain Microsoft Office, yaitu Kingsoft Office. Sebuah program Office Suite besutan vendor software kenamaan asal China: Kingsoft Corporation.
Kingsoft Office sudah ada sejak lebih dari 20 tahun yang silam, bahkan lebih awal dari Microsoft Office. Waktu itu, Kingsoft Office lebih terkenal di pasar Cina, dan mengambil lebih dari 90% konsumen pasar lokal. Kingsoft Office terkenal di pasar Cina karena situasi yang sama seperti Microsoft Office di dunia. Bahkan sekarang, Kingsoft Office sudah mengambil alih pasar 70% di China, 50% di Jepang dan Malaysia, juga mulai populer di Australia.
Kingsoft Office terdiri dari 3 program utama dari sebuah office suite, yaitu Writer, Presentation dan Spreadsheets (Di Microsoft Office kita mengenal program semacam ini dengan: Word, PowerPoint dan Excel).

Microsoft Office vs Kingsoft OfficeLalu mengapa Kingsoft Office? Bukankah banyak alternatif lain untuk pembanding Microsoft Office? Seperti Ashampoo Office, SoftMaker Office ataupun OpenOffice.org?
Dibandingkan dengan Office Suite lain yang serupa, Kingsoft Office lebih mirip dengan Microsoft Office. Pengguna dapat dengan mudah mentransfer pekerjaan dari Microsoft Office ke dalam Kingsoft Office. Kita bisa melihat:

  • Bahasa pemrograman serupa. Kingsoft Office dibentuk murni dari bahasa pemrograman Microsoft Windows, tidak memerlukan Runtime Java (seperti yang digunakan OpenOffice.org). Membuat Kingsoft Office sangat ringan di sumber daya CPU, bahkan lebih ringan dari Microsoft Office itu sendiri.
  • Aplikasi serupa. Kingsoft Office fokus pada tiga aplikasi Office Suite, yaitu Kingsoft Writer, Kingsoft Spreadsheet dan Kingsoft Presentatation.
  • User interface serupa. Kingsoft Office menggunakan interface Microsoft Office 2003, menjadikannya sederhana dan mudah bagi semua pengguna.
  • Penggunaan kustom serupa. Kingsoft Office memiliki banyak operasi yang sama dengan Microsoft Office, seperti perintah menu, tombol shortcut dan sebagainya
  • Equation Editor serupa. Kingsoft Office telah terintegrasi dengan Equation Editor yang sama untuk membuat pekerjaan “berhitung” menjadi lebih mudah.
  • Kompatibilitas yang tinggi. Pengguna dapat membuka, mengedit, menyimpan file Microsoft Office dalam Kingsoft Office dengan sempurna.
  • Enkripsi Tinggi. Kingsoft Office menggunakan metode enkripsi yang sama tinggi dengan Microsoft Office.
  • Mendukung Microsoft Office (Word/Excel) API yang kompatibel untuk otomatisasi aplikasi OLE/COM/ActiveX.
  • Harga yang murah (Kingsoft Office 2010 = US$69; sayangnya, tidak murah buat saya. Upss..). Lebih murah dari Microsoft Office versi termurah (Office Home and Student = US$149).

Sekarang coba Anda perhatikan tampilan antara Microsoft Word (latar belakang) dan Kingsoft Writer (tampilan depan) di gambar bawah ini:

Word vs Writer

Atau tampilan Microsoft PowerPoint (latar belakang) dan Kingsoft Presentation (tampilan depan):

PowerPoint vs Presentation

Dan yang terakhir, tampilan Microsoft Excel (latar belakang) dan Kingsoft Spreadsheets (tampilan depan):

Excel vs Spreadsheets

Kingsoft Office edisi terbaru (Kingsoft Office 2010 Pro) memang dijual seharga US$69 untuk setiap lisensinya. Namun jika Anda berminat, Kingsoft telah menyiapkan Kingsoft Office 2007 Personal Edition (full version edisi khusus) yang bisa diperoleh di salah satu agen resmi Kingsoft di Vietnam (Quang Minh DEC).
Tapi tentu saja ada beberapa kondisi yang di tetapkan sehubungan dengan versi gratis ini, yaitu:

  1. Hanya untuk penggunaan pribadi. Dilarang keras digunakan di lingkungan usaha/kantor, profit maupun non profit.
  2. Terdapat bidang iklan di tampilan Kingsoft office (yang tidak bisa/boleh dihilangkan: Seperti pada sisi kiri gambar-gambar tampilan Kingsoft Office di atas.
  3. Belum mendukung format Microsoft Office 2007/2010 (.DOCX, .PPTX, dan .XLSX).

Masih tertarik untuk memiliki?
Baiklah, berikut adalah 3 langkah mudah (tanpa mendaftar) untuk memperoleh Kingsoft Office 2007 Personal Edition:

  1. Kunjungi halaman gratis Kingsoft Office 2007 Personal Edition di Quang Minh DEC.
  2. Cari dan klik langsung tombol Download yang ada di sana (seperti pada gambar di bawah ini):

KSO 2007 Personal Edition Free Download

Selamat menikmati.