BufferZone ProBufferZone adalah sebuah program keamanan yang bekerja melindungi komputer dengan cara menciptakan zona vitual di komputer (semacam DeepFreeze, Wondershare Time Freeze atau program virtualisasi lainnya) khusus untuk memproteksi aktivitas di internet. Dengan metode ini, komputer akan terlindung dari hal-hal yang membahayakan lewat jalur online, karena semua aktifitas di internet akan dilakukan di zona virtual khusus dan terisolasi.
Selain itu, tidak seperti kebanyakan program anti virus/internet security, BufferZone sama sekali tidak memerlukan update database virus yang (mungkin) terasa berat.
Ketika pengguna beraktivitas di internet dengan suatu aplikasi dalam BufferZone, maka aktivitas ini akan berada pada Zona virtual yang ditandai dengan batas kotak warna merah yang menandakan aplikasi ini secara virtual telah terpisah dari system, sehingga semua bahaya yang muncul tidak akan merusak system maupun data di komputer.
Dalam zona virtual pengguna bisa dengan bebas browsing web, internet banking, chatting, download, dan banyak lagi tanpa khawatir akan bahaya yang bisa terjadi.

BufferZone tersedia dalam 2 versi, yaitu versi gratis (free) dan versi berbayar (pro)
Berikut adalah fitur-fitur BufferZone (free edition) sesuai dengan deskripsi developernya:

  • Download apa pun di zona virtual yang terisolasi.
  • Berselancar dengan Internet Explorer dalam zona virtual yang terisolasi.
  • Chat dengan MSN Messenger di zona virtual yang terisolasi.
  • Menerima e-mail dalam zona virtual yang terisolasi.
  • E-Bank dan e-Shop di lingkungan yang terpercaya di Internet explorer (hingga 2 situs terpercaya dalam Zona Privasi).
  • Penjadwalan “flushing” dari Zona Virtual secara periodik.

Sedangkan untuk versi berbayar (pro), selain memiliki semua fitur versi free, juga mampu untuk:

  • Bisa menggunakan semua browser dalam zona virtual yang terisolasi.
  • Chat dengan semua program instant messaging dalam zona virtual yang terisolasi.
  • E-Bank dan e-Shop di lingkungan yang terpercaya di Internet Explorer (Tidak ada pembatasan pada jumlah situs terpercaya dalam Zona Privasi).
  • Share dengan semua aplikasi P2P dalam zona virtual yang terisolasi.
  • Menggunakan perangkat USB dalam zona virtual yang terisolasi.
  • Memproteksi file pribadi (pada folder rahasia) di dalam lingkungan yang terpercaya.
  • Mengambil “snapshot” dari Zona Virtual untuk satu langkah restore.

Untuk info lebih lengkapnya, silahkan mengunjungi halaman perbandingan fitur di website BufferZone, atau bisa juga di halaman terjemahan ke Bhs. Indonesia ini.

Sedangkan persyaratan system yang diperlukan, komputer dengan OS Windows 32bit dengan  minimal memori 256MB(XP) dan 512MB(vista & 7), spasi kosong harddisk 2GB (semakin lapang semakin baik, ini tempat menyimpan zona virtualnya).

BufferZone Pro biasanya dijual dengan harga US$39.95/tahun untuk setiap lisensinya, tapi Trustware Ltd. selaku developer BufferZone tengah membuka promosi gratis BufferZone Pro selama bulan Desember 2010, yang berlaku selama 1 tahun penggunaan.

BufferZone Pro Giveaway

Caranyapun sangat mudah, cukup dengan mendownload file installer BufferZone Pro (14.6MB), pasang di komputer, restart komputer ketika diminta, berikan nama dan alamat email (apa saja, tidak ada syarat yang spesifik) ketika ditanya saat BufferZone Pro jalan pertama kali, selesai. Itu saja.

UJI COBA ALA ACAROSSA (Bukan pakar komputer)

Jujur saja, info promosi gratis BufferZone Pro ini sudah saya peroleh sejak tanggal 2 Desember pagi. Bahkan beberapa website mulai ramai mengobral kabar ini.
Lalu mengapa saya tidak/belum mengupdate posting di AcaRossa?
Ada 2 hal yang menjadi pertimbangan saya, yaitu:

  1. BufferZone kurang terdengar gemanya dan berinteraksi langsung dengan keamanan komputer sehingga perlu pendalaman lebih lanjut sebelumnya.
  2. Meskipun banyak website (di Indonesia atau luar negri) yang menyebarkan info gratis BufferZone Pro, namun tak ada satupun yang mencoba dan mengetes sendiri kemampuannya. Nah..

Karena itu, saya akan mencoba seperti apa dan bagaimana BufferZone Pro ini, khusus untuk Anda pengunjung AcaRossa.

Seperti beginilah kondisi saat saya mencoba BufferZone Pro:
Selesai mendownload, langsung saya install di komputer. Dan hasilnya, sangat tidak saya sukai karena ternyata BufferZone tidak bisa bekerja sama dengan 2 penjaga keamanan komputer favorit saya: Emsisoft AntiMalware dan Online Armor.

Non compatible program

Baiklah, tidak apa-apa, untuk sementara mereka saya non-aktifkan sampai acara uji coba ini selesai.
Setelah selesai install, reboot komputer wajib dilakukan.
Selesai restart (makan waktu lama, perlu waktu booting sekitar 2x dari biasanya), BufferZone aktif, terjadi crash yang mengakibatkan 2 program favorit saya dishut down paksa, yaitu Unlocker dan USB Safely Remove (kakak tertua Zentimo). Hm…
Restart ulang saya lakukan, dan hasilnya masih sama. Walhasil saya atur di sistem startup agar Unlocker dan USB Safely Remove bekerja belakangan (delayed startup). Sukses..
Dan seperti inilah tampilan BufferZone Pro saat saya jalankan dengan beberapa browser dan YM sekaligus:

BufferZone Pro Screenshot

Bisa dilihat saat browsing menggunakan Firefox (juga Internet Explorer 8), terdapat bungkus garis merah di tepi luar browser yang menandakan bahwa saya sedang browsing di dalam zona virtual di bawah perlindungan BufferZone:

buffering firefox

Tetapi, memang acarossa.web.id adalah website normal (dan akan terus begitu) yang tidak melakukan hal-hal yang merugikan, jadi saya beralih ke website-website “Underground” yang banyak sekali pop-up dan perilaku buruknya, ya.. sekedar melihat-lihat saja.
Selesai browsing di website-website yang kurang aman statusnya (ah.. jadi ingat jaman dahulu kala, he..he..), saya bisa melihat laporan BufferZone tentang status keamanan:

BufferZone Pro report

Kondisi virtual ini bisa disimpan dengan melakukan backup zona virtual dan menyimpannya ke dalam bentuk file (snapshot). Jadi sewaktu diperlukan, bisa di ‘load’ kembali, sehingga zona vitual ini kembali pada kondisi terakhir ketika akan disimpan (seperti fungsi ‘system restore Windows’, tetapi khusus zona virtual saja, bukan system komputer).
Kini waktunya untuk membersihkan zona virtual/flushing karena komputer mulai terasa berat, toh saya punya ‘snapshot’ yang sudah saya simpan tadi:

Flushing BufferZone

Sekarang saya ingin kembali browsing dengan kondisi normal di luar lingkup virtual BufferZone, karena saya akan menunjungi website-website yang saya tahu persis status keamanannya, dan muncul peringatan:

Surf Outside

Cukup sudah uji cobanya, sekarang saya akan keluar/exit yang sebenarnya dari BufferZone, cukup dengan mengklik icon BufferZone di system tray:

BufferZone Pro unload

Karena saya lupa beberapa program masih berada di zona virtual, muncul peringatan bahwa beberapa program masih aktif yang bisa saja mengakibatkan saya kehilangan data-data hasil browsing/online selama di internet:

Termination warning

Ok. Itu saja..

Ringkasan
Yang saya sukai:

  • BufferZone berfungsi dengan sangat baik sesuai dengan deskripsi pembuatnya, melindungi komputer pengguna dari kejahatan cyber/online (virus, bot, worm, trojan horse, phishing, keylogger, spyware dsb.) ketika menggunakan internet dengan zona virtualnya.
  • Bisa mengatur zona virtual untuk tetap hidup selama saya mau dan komputer saya mampu, tidak peduli berapa kali komputer dimatikan atau dihidupkan tanpa takut zona virtual menjadi hilang/kosong (berbeda prinsip kerja dengan DeepFreeze atau Wondershare Time Freeze yang akan menghapus semua zona vitual ketika komputer direstart).
  • Ide virtualisasi hanya ketika terhubung dengan internet (bukan keseluruhan system) terasa cukup menarik dan tepat sasaran bagi yang suka ‘pelesiran’ di tempat-tempat rawan di internet.

Yang tidak saya sukai:

  • Tidak kompatible dengan dengan beberapa macam software keamanan yang ada, yaitu Advanced AntiKeyLogger, Norton AntiVirus + SpySweeper, Safe’n’Sec personal, SmartSignOn, System Safety Monitor, Panda Webadmin, Emsisoft AntiMalware dan Online Armor (sayangnya informasi ini tidak disebutkan di website BufferZone).
  • Menyebabkan crash beberapa program yang berjalan di latar belakang (background), tetapi (mungkin) bisa dihindari dengan mengatur agar mereka berjalan setelah BufferZone aktif.
  • Waktu booting komputer terasa jauh lebih lama, karena BufferZone bekerja sejak awal dengan loading service-servicenya di system Windows.
  • Meskipun sudah keluar dari BufferZone (unload) tetap saja sebagian program service internal BufferZone bekerja di latar belakang dan sedikit memakan sumber daya CPU. Menyeting sendiri untuk menghidupkan dan mematikan mereka secara manual ternyata tidak banyak membantu.

Catatan:

  • Ini hanya sekedar uji coba biasa yang saya lakukan di laptop (AMD Turion64 X2, 2GB RAM, Vista 32bit) untuk tujuan pengalaman saja. Mohon tidak menggunakan tulisan saya ini sebagai acuan.
  • BufferZone bukanlah pengganti program AntiVirus, tetapi penunjang keamanan dengan zona virtual.