Memory (RAM) ManagerDulu di bulan Juli, saya sudah mengulas tentang CleanMem, sebuah program kecil yang (menurut saya pribadi) terbukti paling ampuh untuk mengatur pemakaian memori (RAM) komputer. Lalu, apakah Anda sudah menggunakan CleanMem? Jika belum, mungkin ini adalah saat yang paling tepat untuk membaca artikel saya terdahulu tentang CleanMem, mencoba dan menggunakannya (sebaiknya dan seharusnya, hm..).
Atau Anda sudah memakai CleanMem? Jika jawabannya “ya” dan Anda belum mengupdate CleanMem ke versi terbaru, maka Anda pasti akan lebih tertarik lagi karena sekarang CleanMem sudah memiliki “Wajah” yang cukup informatif namun tetap dalam konteks minimalis: CleanMem Mini Monitor.
CleanMem Mini Monitor adalah sebuah add-on/pengaya yang cukup sederhana untuk CleanMem, yang memungkinkan pengguna untuk:
~ Melihat penggunaan memori (RAM) komputer.
~ Menjalankan CleanMem dengan satu klik tombol.
~ Mengakses Task Scheduler Windows untuk mengubah pengaturan autorun CleanMem.

CleanMem Mini Monitor terdiri dari 2 komponen dasar, yaitu

Widget:
Berfungsi untuk memonitor status dari memori (RAM), seperti jumlah total RAM, memori yang terpakai dan besaran paging file (memori vitual).
Juga terdapat tombol eksekusi, yang setelah diklik, akan menjalankan program CleanMem.

CleanMem Mini Monitor Widget

Icon di system tray:
Menampilkan persentase RAM yang sedang digunakan dan jika Anda membawa mouse anda ke atas icon, ini akan menampilkan informasi yang sama seperti widget:

CleanMem Mini Monitor on system tray

Selain itu, dengan klik kanan mouse pada icon di system tray akan memungkinkan Anda secara manual menjalankan CleanMem, menampilkan/menyembunyikan widget, membuka seting CleanMem Mini, membuka Task Scheduler Windows untuk mengubah pengaturan autorun CleanMem, dan keluar/exit untuk CleanMem Mini Monitor.

Icon menu

Sedangkan tampilan seting CleanMem Mini Monitor seperti yang dapat terlihat pada gambar di bawah ini, ada pilihan untuk mengontrol tampilan widget/monitor, seperti kontrol warna, membuatnya transparan, atau membuatnya selalu tampak atas.

CleanMem Mini Monitor Menu

Satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah, CleanMem Mini Monitor bukanlah pengganti program CleanMem, melainkan fitur opsional/pengaya sebagai penyaji informasi status memori di komputer sekaligus akses cepat ke fitur-fitur program CleanMem yang sebenarnya.
Artinya, CleanMem Mini Monitor bisa dipilih untuk diinstall mendampingi program CleanMem, atau cukup program utama CleanMem saja (jika Anda lebih suka CleanMem model lama).

CleanMem bisa Anda download langsung dari website resmi sang developer CleanMem, PcWinTech.comâ„¢. Juga bisa Anda dapatkan dari Softpedia ataupun MajorGeeks.
Khusus untuk download dari PcWinTech.comâ„¢, tersedia 2 versi program CleamMem, yaitu versi installer (.exe) yang terdiri dari program setup CleanMem yang disertai Mini Monitor (ini yang saya rekomendasikan). Dan ada versi non setup (.zip) yang hanya terdiri dari program CleamMem itu sendiri (tanpa Mini Monitor).

Catatan:
Saya tidak ingin mengatakan bahwa program menajemen memori (RAM) merek lain tidak bagus, baik yang gratisan/freeware maupun yang kode lisensinya harus dibeli/shareware. Namun dengan metode kerja yang sangat efektif, sekaligus menurut pengalaman saya pribadi, CleanMem memang sebuah program manajemen memori (RAM) yang paling mumpuni, dan yang pasti … GRATIS!