Toolbar for internet browserKemarin, seorang teman mengeluh kepada saya mengenai komputernya, yang meskipun tergolong baru, terasa sangat lambat dalam kinerjanya dan sering terjadi crash, terutama ketika dia sedang berselancar di internet. Menggunakan progam SpeedyFox yang pernah saya anjurkan untuk meringankan kinerja browser (karena dia pengguna Mozilla Firefox) juga tidak banyak membantu permasalahannya.
Setelah saya sempatkan untuk melihat secara langsung kondisi komputernya, saya langsung geleng-geleng kepala dan berdecak kagum “Hebat..”. Bukan karena apa-apa, tapi melihat Mozilla Firefox yang digunakannya, serasa melihat mobil hias parade 17 Agustusan, bukan browser. Sungguh meriah, penuh dengan toolbar!
Toolbar untuk browser internet, sejatinya berguna untuk memberikan bidang tambahan untuk mesin pencari (Google, Yahoo! dsb), form isian, link kembali ke situs populer, deteksi malware, dll. Ini berguna jika sang pengguna browser memang memerlukan tombol aksi singkat yang sering digunakan ketika berselancar di internet.
Contohnya saya, perlu memasang toolbar Google di Firefox karena memang saya sering menggunakan bantuan Google dalam aktifitas di internet

My browser

Dalam perkembangannya, toolbar browser sudah semakin banyak bentuk dan mereknya. Browser toolbar biasanya dibundel dengan installer untuk produk pihak ketiga sebagai pilihan. Namun, dalam banyak kasus, tujuan utama mereka justru adalah untuk mengumpulkan statistik pemasaran anonim atau memperkuat image merek (dengan menampilkan logo di bagian atas setiap jendela browser).
Toolbar yang diimplementasikan sebagai web browser plug-in telah menjadi kerentanan populer dan makanan empuk di kalangan pencipta spyware dan malware.
Sebagai plug-in ke aplikasi web browser, toolbar juga dapat menurunkan kinerja komputer atau membuat masalah kompatibilitas yang mengakibatkan komputer terasa lambat kinerjanya, atau malah hang tanpa sebab.

Untuk menunjukkan bagaimana toolbar sampai terpasang di browser yang (mungkin) tanpa disadari oleh pengguna, berikut saya mencoba tampilkan apa yang terjadi pada browser Firefox ketika saya sengaja serampangan memasang program-program (yang di bundel dengan toolbar) di komputer.
Dan hasilnya, seperti inilah jadinya Firefox kesayangan saya:

Mozilla Firefox

tidak hanya Mozilla Firefox, Microsoft Internet Explorer pun juga ikut terimbas

Microsoft Internet Explorer

Ketika digunakan browsing ke situs-situs langganan saya di internet, yang terjadi malah Firefox seperti jalan di tempat. Ini dikarenakan para toolbar juga sibuk berebut bandwith koneksi internet untuk berselancar sendiri-sendiri ke rumah mereka, mendata statistik, mencari informasi apalah.., dan sebagainya.
Lama-lama, laptop saya terasa sangat lambat, sehingga dengan terpaksa saya mematikan beberapa proses toolbar-toolbar tadi melalui Task Manager Windows. Huff..
Parahnya, ada toolbar yang bila ditelusuri melalui log debug, sempat mencatat alamat email saya segala (jangan jangan password akunnya juga..). Weleh-weleh.., untuk apa???

Capek sudah berebut sumber daya CPU dengan toolbar. Berikut saya tampilkan contoh 6 toolbar dari sekian puluh model (atau malah ratusan? saya tidak tahu) yang sengaja di bundle dengan file installer program tertentu, yang untungnya, masih memberikan pilihan kepada pengguna untuk bersedia memasang toolbar atau tidak:

Ask toolbar

IObit toolbar

MyAshampoo toolbar

QuickStores toolbar

Web Security Guard toolbar

Winamp toolbar

Kesimpulan:

  • Toolbar untuk browser, bisa menguntungkan jika fitur/fungsinya sering diperlukan oleh penggunanya ketika browsing di internet. Tapi jika tidak sangat diperlukan, sebaiknya dihindari saja.
  • Beberapa installer program sengaja dibundle dengan toolbar pihak ketiga (biasanya dengan memperoleh fee, tentunya). Faktanya, program-program ini bisa bekerja dengan baik meskipun toolbar untuk browser tidak ikut diinstall, karena keduanya memang tidak ada hubungan/keterkaitan satu sama lain.
  • Beberapa toolbar untuk browser bisa diuninstall dengan mudah, sementara beberapa lainnya sangat pintar bersembunyi dan tidak bisa dibuang selamanya (kecuali harddisk diformat ulang).
  • Memperhatikan langkah-langkah instalasi dengan cermat ketika memasang sebuah software di komputer merupakan langkah yang paling efektif untuk mencegah timbulnya penyesalan di belakang hari.
  • Installer program yang memasang toolbar tanpa minta persetujuan pengguna, adalah ciri-ciri software yang tidak berkualitas dan tidak pantas untuk digunakan.