7-ZPMengkompresi/memampatkan file, folder atau bahkan seisi partisi harddisk tentu bukanlah berita baru di masa sekarang, mengingat sudah semakin membengkaknya jumlah data yang mesti disimpan, namun (mungkin) tidak sebanding dengan sisa ruang kosong harddisk akan memaksa kita untuk mencari cara agar bisa semaksimal mungkin mengecilkan ukuran data, tetapi masih tetap bisa diakses dengan mudah ketika diperlukan.
Atau seperti saya, yang notabene hampir setiap hari mengkoleksi setidaknya sebuah software dan menyimpannya ke harddisk. Atau mesti mengirim email yang disertai lampiran file-file tertentu, juga sering mengupload data (yang cukup besar) via internet untuk rekan/kolega.
Untuk alasan-alasan itulah mengapa kita harus memiliki sebuah program kompresi / pemampatan data yang mumpuni: Mampu memampatkan data sekecil-kecilnya, tetapi juga mudah untuk dimekarkan kembali ketika diperlukan tanpa cacat.
Kali ini saya akan membahas sebuah program kompresi yang (jujur saja) belum bisa dikalahkan kemampuannya dalam memampatkan file oleh program-program yang lain, baik yang gratis (freeware) maupun yang berbayar (shareware).
Adalah 7-ZIP, program kompresi/pemampatan/archiver yang bersifat GRATIS/LGPL dari salah satu programmer dunia, Igor Pavlov.

7-ZIP Screenshot

Berikut adalah beberapa fitur utama yang diusung oleh 7-ZIP:

  • Rasio kompresi super padat dalam format 7z yang menghasilkan file berukuran super kecil.
  • Mengkompres file dalam format 7z, TAR, WIM dan ZIP.
  • Membuka file dengan format 7z, ARJ, bzip2, CAB, CHM, cpio, DEB, DMG, FAT, GZIP, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, TAR, UDF, VHD, WIM, XAR, XZ, Z dan ZIP.
  • Proses cepat dalam kompresi dan dekompresi.
  • Kemampuan untuk membuat file berformat 7z yang bisa membuka sendiri (Self-extracting).
  • Memiliki fitur enkripsi AES-256 pada format 7z dan ZIP jika diiinginkan.
  • Terintegrasi dengan Windows Shell.
  • File Manager yang mumpuni.

Mungkin akan muncul pertanyaan, benarkah perkataan saya bahwa 7-ZIP ini bisa mengkompresi file hingga berukuran super kecil, lebih kecil dari RAR misalnya (RAR adalah format kompresi milik WinRAR yang notabene berusia paling tua diantara semua jenis file kompresi yang ada, sekaligus paling kecil dalam ukuran), atau ZIP yang sudah sangat umum dikalangan pengguna komputer?

Baiklah mari kita coba sama-sama.
Saya akan mencoba membandingkan 7-ZIP dengan WinRAR (favorit saya namun tidak gratis, dan sudah saya atur agar melakukan kompresi dengan level Best = Sekecil mungkin), selama proses pemampatan sampai hasil akhir yang didapat.
Telah saya siapkan sebuah folder yang berisi file-file dengan besaran total 123MB. Isinya 80% sudah dimampatkan, sisanya (20%) adalah file-file normal non kompresi.
7-ZIP telah saya atur agar mengkompres folder ini dengan rasio Ultra = sekecil mungkin.

7-ZIP setting

dan proses pemampatan oleh 7-ZIP mulai berjalan…

File compressing on duty

Saat diperhatikan melalui Windows Task Manager, bisa dilihat besaran sumber daya CPU dan memori yang digunakan oleh 7-ZIP:

7-ZIP in TaskMan

Dan ini gambaran ketika WinRAR ikut ambil bagian (sebagai perbandingan saja)

WinRAR in action

juga saat diperhatikan melalui Windows Task Manager

WinRAR via TaskMan

Dari gambaran di atas, bisa disimpulkan bahwa antara 7-ZIP (yang selalu gratis) dan WinRAR (yang harus dibeli lisensinya / tidak gratis) memiliki kapasitas yang sama dalam proses kerjanya.
Tapi hasil akhir yang ditampilkan memang berbeda.
File hasil kompresi yang dihasilkan 7-ZIP (.7z) memang masih belum bisa tertandingi, baik oleh kompresi WinRAR (.RAR) apalagi dengan kompresi standar (.ZIP) yang umum.

Final result

Jika Anda mencari sebuah software kompresi yang bisa memampatkan file, folder atau bahkan 1 partisi sekalipun, tidak perlu membuang-buang waktu. 7-ZIP adalah yang terbaik.
Program 7-ZIP berukuran cukup kecil sekitar 1MB saja, dan bisa Anda downloand langsung dari website resminya, 7-zip.org atau bisa juga dari Softpedia.

Sekedar info:

  • File hasil kompresi 7-ZIP (.7z) bisa dibuka oleh hampir semua program kompresi yang ada.
  • Kalau boleh menjadi seorang juri, saya akan memberi nilai 10 (sempurna) bagi 7-ZIP untuk urusan kemampuan, keamanan data dan hasil kinerjanya. Tapi untuk urusan interface / tampilan, nilai 7 yang saya berikan. Kenapa? Karena,… kurang maniiizz. Aarrrrgh…