PretonSaver HomeMencetak/printing mungkin adalah rutinitas sehari-hari dalam pekerjaan, terutama untuk pekerjaan kantoran. Semakin sering mencetak, semakin dekat juga waktu untuk mengisi ulang tinta printer. Mungkin tidak terasa bagi orang yang menggunakan printer inkjet, karena kebanyakan sudah dimodif dari printer standar menjadi printer dengan sistem infus (modifikasi cartridge), ataupun dengan cara tradisional: disuntik dengan tinta pasaran!
Atau printer laserjet, yang mesti mengisi ulang toner di retail jasa isi ulang toner, bukannya membeli toner asli dukungan pabrik.
err, orang Indonesia pinter-pinter ya.., meskipun dua cara di atas tidak direstui oleh pabrikan printer (dan menghanguskan garansi printer), toh cara ini sudah jamak ditemui“.
Sebenarnya, biaya konsumsi tinta bisa dikurangi dengan mengurasi intensitas hasil cetak, dan ini biasanya sudah ada fasilitasya dalam driver masing-masing printer yang diinstall. Namun tentu saja, karena bersifat global, kadang-kadang hasil cetakan malah kurang memuaskan, dan ujung-ujungnya, pengguna kembali menggunakan setingan standar yang.. (mungkin) boros tinta (“wajar kan, kalau hemat terus, kapan beli toner/cartrigde-nya donk”, ujar sang pabrik).
Sehubungan dengan hal di atas, bagaimana bila kita mencoba menggunakan bantuan software pihak ketiga, yang kira-kira mampu menekan biaya cetak, terutama pada tinta.
PretonSaver Home adalah software berbayar/shareware yang berfungsi untuk menghemat penggunaan tinta printer, dengan cara optimalisasi hasil cetak sebelum dikirim ke printer.

Advanced settings

Sedangkan fitur utamanya adalah sbb:

  • Pixel Optimizer – Sebuah teknologi yang menggunakan algoritma yang canggih untuk mengidentifikasi dan menghapus pemborosan pixel, dapat menghemat tinta untuk setiap pekerjaan cetak antara 0%-70%.
  • Secara otomatis mengabaikan gambar dan grafis.
  • Tingkat penghematan yang bisa disesuaikan untuk setiap format (teks atau foto).
  • Laporan yang komprehensif.
  • Modus standalone – mencetak di luar jaringan (misalnya di rumah).
  • Mendukung Windows XP SP2, Vista dan Windows 7.

Program ini akan menempatkan ikon di system tray, yang apabila kita klik kanan mouse akan menampilkan menu utama program ini. Dan saat pengguna melewatkan kursor di atasnya, akan menampilkan status PretonSaver:

PretonSaver in system tray

Pun, jika kita klik status tersebut, akan menampilkan hasil laporan status penghematan yang komprehensif :

Report

PretonSaver Home memang dijual seharga US$39.95 untuk setiap lisensinya. Namun jika berminat, Anda bisa mendapatkan program ini secara gratis. Caranyapun cukup mudah, yaitu dengan:

  • Mengunjungi halaman promosi gratis PretonSaver Home.
  • Cari dan klik tombol merah ‘Get a FREE License!‘ (ya, sebenarnya langkah ini akan membawa Anda untuk menulis email kosong kepada mereka yang isinya cuma berisi judul permintaan kode lisensi saja).

Free license

  • Periksa inbox email Anda, pastikan telah masuk sebuah email dari Preton <license@preton.com> yang berisi kode serial PretonSaver Home gratis untuk Anda.
  • Download file installer PretonSaver Home dari website Preton.
  • Install di komputer dan gunakan kode serial yang sudah Anda dapatkan untuk aktivasi (komputer harus terhubung online ke internet).
  • Selesai.

Selamat menikmati.