System ProtectSystem Protect adalah sebuah software gratis yang mempunyai fungsi utama sebagai pelindung file-file program, folder ataupun file-file system operasi di komputer dari kemungkinan terhapus atau dirusak, baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja. Disengaja di sini dalam artian ada proses yang merusak (misal: virus komputer), ataupun kesalahan diagnosa (misal: program antivirus yang salah mengidentifikasi file biasa sebagai virus, dan mencoba untuk mengkarantina atau menghapusnya). Sedangkan faktor karena ketidak-sengajaan bisa karena ada pengguna lain komputer yang salah menghapus file (misal: anak-anak kecil yang belajar komputer), ataupun Anda sendiri yang khilaf dan salah menghapus file-file penting.
Pada prakteknya, System Protect bekerja melindungi file/folder penting di komputer berdasarkan daftar nama file yang ada pada database yang dimiliki (yang bisa diupdate tiap hari). Dalam database ini, sudah mencakup file-file system seperti semua file yang termasuk dalam sistem operasi Windows XP, Windows Vista, ditambah semua update dan service packnya. Tidak ketinggalan juga file-file program yang paling umum seperti Microsoft Office, Adobe Acrobat Reader, dll.
Dengan begini, diharapkan komputer bisa bekerja dengan stabil tanpa takut adanya kerusakan/hilangnya file penting dalam penggunaan sehari-hari.

System Protect screenshot
Sesuai keterangan dari Xacti Corporation (developer System Protect), berikut ini adalah beberapa fitur andalan System Protect:

  • Freeware: Gratis untuk pemakaian personal ataupun komersial.
  • Melindungi file dan folder system dari ancaman kerusakan atau bahkan terhapus. Bisa menambahkan file/folder penting pengguna ke dalam daftar perlindungan (Custom Protection).
  • Sistim notifikasi ketika ada proses yang ingin merusak/menghapus file dalam daftar proteksi.
  • Dilengkapi dengan password (jika diinginkan) untuk menjaga agar perlindungan System Protect tidak diubah.
  • Mendukung Windows XP dan Vista.
  • Mudah diinstall dan digunakan.
  • Update otomatis.

Current status
System Protect memiliki 4 jenis pilihan proteksi terhadap komputer, diantaranya:
Deny Mode (Modus Blokade).
Modus ini akan menolak dan memblokade proses apapun yang berusaha untuk menghapus ataupun memodifikasi file dalam daftar perlindungan secara otomatis dan diam-diam.

Deny & Report Mode (Modus Blokade dan Notifikasi).
Sama seperti Deny Mode, tetapi pengguna akan diberi pemberitahuan tentang adanya proses yang diblokade.

Ask Mode (Modus tanya).
Dalam modus ini, semua proses/usaha untuk menghapus atau memodifikasi file dalam daftar perlindungan akan langsung ditanyakan kepada pengguna, dengan pilihan untuk diijinkan atau ditolak.

Protection Disable (Modus Tanpa Proteksi).
Sama seperti arti kalimatnya, tidak ada proteksi sama sekali. Silahkan…

Berikut ini adalah notifikasi dari Windows ketika saya tidak berhasil menghapus sebuah file (yang sudah saya tambahkan sebelumnya ke dalam daftar perlindungan -> Custom Protection):

Acces denied
bahkan tidak berhasil juga saya hapus menggunakan bantuan Unlocker

Alert
Sungguh suatu sistem perlindungan yang perkasa!

FAKTA
Meskipun System Protect sangat solid melindungi file/folder dalam daftar file yang ada di databasenya, ada beberapa hal yang sempat menjadi ganjalan di benak saya, diantaranya:

  • Saya tidak berhasil mencari tahu, baik di semua bagian website resmi System Protect ataupun lewat mesin pencarian Google, apa saja daftar file system dan program yang dilindungi secara detil.
  • Rilis terakhir System Protect (versi 1.0) keluar pertanggal 14 September 2009 (Digital signature saat saya periksa, divalidasi oleh Thawte CSA dan berlaku sampai 20 September 2011)! Dan tidak ada lagi update terbaru semenjak itu. Mengapa?
  • Meskipun ekstra hebat melindungi, sayangnya System Protect tidak memiliki fasilitas untuk melindungi dirinya sendiri. Hanya dengan mematikan service Sytem Protect melalui Task Manager Windows, saya bisa langsung menghapus file-file yang dilindungi dengan sekejab (Meskipun System Protect masih aktif dan dilengkapi password). Ups..
  • System Protect kuat melindungi dari usaha modifikasi, kerusakan atau penghapusan, tetapi sama sekali tidak melindungi usaha untuk menyalin/copy dari pihak-pihak yang tidak berhak.
  • System Protect bukan program AntiVirus, melainkan pelengkap proteksi keamanan di komputer.

Pandangan saya ribadi:
System Protect sangat mudah digunakan dan bekerja seperti yang sudah dijanjikan. Namun, sampai ada perbaikan fitur dan menutup celah keamanan yang masih ada, System Protect hanya berguna sebagai pelindung dasar untuk melindungi file/folder dari usaha pengrusakan/penghapusan. Itu saja.
Jika Anda tertarik untuk mencoba System Protect, silahkan download dari website resmi System Protect.

Salam, semoga bermanfaat.