Dr.Web Mobile Security SuiteSebuah handphone di jaman sekarang sudah tidak lagi melulu sebagai sarana telekomunikasi. Kini fungsinya sudah bisa disejajarkan dengan komputer personal meskipun tetap dalam batasan-batasan baku, terutama karena bentuknya yang kecil.
Selain sebagai alat telekomunikasi, handphone juga sudah mampu digunakan sebagai game console, menjelajah internet, player audio video, camcoder, dan yang paling umum: sebagai sarana media penyimpanan file-file digital. Misalnya media transfer antar file, termasuk … virus-virusnya. Hah.. virus?
Benar. Virus atau program kecil yang merusak, kini bukan lagi milik dunia komputer. Bahkan perangkat handphone juga mulai terjangkit virus yang sengaja ditujukan untuk perangkat mobile ini.
Mulai dari yang bersifat mengganggu, seperti menguras baterei, menghilangkan sinyal bluetooth, memformat memory card, hingga yang sangat merusak: mengacaukan Operating System handphone hingga crash, hang dan diam selamanya.
Karena itu sekarang juga mulai bermunculan program anti virus untuk handphone (yang mempunyai operating system, tentunya), seperti Kaspersky, F-Secure, McAfee atau yang AcaRossa angkat kali ini, Dr.Web Mobile Security Suite.
Sesuai dengan namanya, Dr.Web Mobile Security Suite memang ditujukan untuk melindungi perangkat handphone, sama seperti ketika sebuah program anti virus melindungi komputer.
Dan seperti inilah tampilan Dr. Web Anti Virus ketika aktif di handphone yang memiliki OS Symbian:

Dr.Web Mobile Security Suite for Symbian
atau di handphone/gadget yang menggunakan OS Windows Mobile

Dr.Web Mobile Security Suite for Windows CE
tak ketinggalan bagi yang punya handphone dengan OS yang mulai marak: Android

Dr.Web Mobile Security Suite for Android
Dan berikut ini adalah fitur-fitur Dr.Web Mobile Security Suite sesuai dengan keterangan dari sang developer:

  • Proteksi Real-time dengan scan berkecepatan tinggi (kecuali Symbian).
  • Scan file yang diterima melalui GPRS/Infrared/Bluetooth/Wi-Fi/koneksi USB atau saat sinkronisasi dengan komputer.
  • Dilengkapi 2 modus scan: full dan kustom.
  • Toggling on/off untuk scan memory card (kecuali Symbian).
  • On-demand scan dari sistem keseluruhan atau pemilahan tiap file dan folder.
  • Scan file ZIP, SIS, CAB, RAR, JAR dari virus.
  • Daftar whitelist atau blacklist nomor untuk setiap panggilan atau SMS (kecuali Windows Mobile).
  • Penghapusan file yang terinfeksi virus.
  • Memindahkan file yang mencurigakan ke karantina.
  • Update ke internet melalui koneksi GPRS, Infrared, Bluetooth, Wi-Fi, USB, atau melalui sambungan ActiveSync selama sinkronisasi dengan komputer.
  • Laporan hasil scan yang terperinci.

Seperti kebanyakan produk Anti virus lain untuk handphone yang ada di pasaran, Dr.Web Mobile Security Suite memang tidak dijual secara terpisah, ataupun disediakan gratis, melainkan sebagai paket bonus jika kita membeli produk security untuk komputer.
Namun, sampai dengan tanggal 30 April 2011, Dr. Web Anti Virus telah membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin memiliki produk Dr.Web Mobile Security Suite untuk penjaga keamanan handphone, dengan masa aktif 1 tahun.
Bukan hanya 1, melainkan 2 kode lisensi sekaligus! (maksudnya sih, ditujukan untuk sepasang kekasih. Meskipun pada prakteknya tidak harus punya pasangan).
Tertarik? silahkan ikuti langkah berikut untuk memperoleh 2 kode lisensi Dr.Web Mobile Security Suite:

  • Kunjungi halaman promosi gratis Dr. Web Anti Virus untuk mobile.
  • Isi kolom yang ditampilkan dengan 2 alamat email yang berbeda (maksudnya, Anda dan pasangan Anda, atau Anda dengan … Anda sendiri…) dan klik tombol merah “Dapatkan Hadiah” untuk lanjut.

Big Heart Dr.Web

  • Jika muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti Anda telah berhasil mendapatkan kode lisensinya:

Big Heart Dr.Web

  • Periksa inbox email Anda, pastikan telah masuk sebuah email dari Dr. Web <devnull@drweb.com> yang berisi kode lisensi Dr.Web Mobile Security Suite (kode lisensi berbeda untuk setiap alamat email).
  • Download file installer Dr.Web Mobile Security Suite yang sesuai dengan OS handphone/gadget Anda, yaitu Symbian, Windows Mobile atau Android.
  • Pasang Dr.Web Mobile Security Suite di handphone/gadget Anda (dengan mentransfernya dari komputer ke handphone), dan gunakan kode lisensi yang sudah diterima untuk aktivasi penuh selama 1 tahun.
  • Selesai.

Catatan:
Jujur saja, ini mungkin artikel saya yang paling tidak saya sukai.
Mengapa? Karena mungkin inilah pertama kalinya saya menulis sesuatu yang tidak saya coba dulu sebelumnya. Alasannyapun juga sederhana saja. Karena saya tidak punya gadget/handphone yang mempunyai system operasi.
Ya, hp yang saya gunakan hanyalah hp klasik berlayar monokrom dengan nada dering monophonic semerdu suara piano. Ting..ting..ting.
Jadi, gimana bisa nyoba…