Sonic PDF Creator v2Menciptakan dokumen dalam bentuk PDF merupakan cara yang paling efektif bagi pengguna untuk memproyeksikan citra profesional dan standar baru untuk mengirim dan menerima dokumen elektronik. Karena itulah sudah semakin banyak ditemui orang-orang yang menggunakan atau menciptakan dokumen elektronik dengan standar PDF dalam keseharian. Ini tentu saja bisa memastikan bahwa dokumen elektronik yang disebarkan selalu terlihat dalam format aslinya, selain tentu saja, terkesan lebih elegan, profesional dan aman dalam format baku yang sudah umum digunakan.
Sonic PDF Creator adalah salah satu nama software dari sekian banyak program sejenis di luar sana yang berfungsi untuk membuka, menciptakan dan mengedit dokumen berformat PDF. Program yang sudah cukup lama eksis ini (sejak tahun 2005, versi 1.0) memang dikenal cukup bagus di eranya dulu. Karena selain mampu melakukan pembuatan PDF yang cukup sederhana, Sonic PDF juga menawarkan kemampuan untuk mengedit dokumen PDF, misalnya menghapus atau menambah halaman ke dokumen PDF, menggabungkan atau memecahkan dokumen PDF, cap gambar atau menambahkan watermark ke dokumen PDF.

AcaRossa in PDF

Berikut adalah beberapa fitur Utama Sonic PDF Creator sesuai dengan keterangan dari sang developer:

  • PDF Printer: mencetak PDF dari semua program Windows yang punya kemampuan mencetak menggunakan printer, termasuk Word ke PDF, Excel ke PDF, PPT ke PDF, gambar ke PDF, dsb.
  • 40 & 128 Bit Encryption: menambahkan fasilitas keamanan enskripsi pada dokumen yang dihasilkan, untuk mencegah orang lain untuk menyalin, menyisipkan teks dan grafik, menambah atau menghapus halaman, komentar, dsb.
  • Password Protection: mengamankan dokumen dengan tambahan password, memungkinkan Anda untuk menentukan siapa saja yang dapat mengakses dokumen PDF.
  • PDF to Text Converter: mengakses data PDF dan mengubahnya menjadi format teks (file txt.) yang bisa diedit.
  • PDF Editor: bisa menyisipkan atau menghapus halaman tertentu dari dokumen PDF, memutar halaman, mengubah ukuran, memotong, menambahkan header atau footer, atau stempel dokumen PDF dengan gambar watermark, dsb.
  • PDF toolkit: dilengkapi dengan fitur seperti menggabungkan file PDF, mengekstrak halaman, membuat buklet atau handout, melampirkan dokumen atau menambah penanda/signature jika diperlukan.
  • User friendly: tersedia 2 cara mudah membuat file PDF, menggunakan toolbar yang dapat diluncurkan dari desktop atau dengan memilih printer Sonic PDF dari print dialog dalam aplikasi yang sedang gunakan.

Sonic PDF Creator adalah software berbayar (shareware) yang dijual seharga US$75 per kode lisensi. Namun jika berminat, Investintech.com Inc selaku developer Sonic PDF bersedia memberikan kode lisensi khusus produk Sonic PDF Creator secara gratis melalui media sosial facebook.
Caranya juga tidak sulit, cukup dengan:

  • Mengunjungi halaman penggemar Investintech.com di facebook.
  • Saat muncul tampilan zona penggemar (yang tertutup tirai transparan), klik tombol “Suka” atau “Like“.

Investintech - Facebook

  • Anda mungkin diminta untuk Login ke facebook atau mendaftar jika tidak punya akun facebook.
  • Setelah tirai penutup hilang, isi formulir yang ditampilkan dengan nama depan, nama belakang dan alamat email yang masih valid (boleh menghapus tanda centang pada kotak newsletter jika Anda tidak ingin berlangganan berita dari Investintech.com). Lalu klik tombol biru “Send me keycode“.
  • Sebuah email dari Investintech.com <facebook@investintech.com> yang berisi link download dan kode lisensi Sonic PDF Creator 2.0 akan langsung dikirim ke alamat email yang Anda daftarkan tadi.
  • Download file installer Sonic PDF Creator 2.0 dari halaman download Investintech.com.
  • Instal di komputer dan gunakan kode lisensi (yang berbeda untuk setiap orang) yang sudah Anda terima tadi untuk aktivasi dan mengubah versi trial Sonic PDF Creator 2.0 menjadi versi penuh.
  • Selesai.

Meskipun tampilan Sonic PDF Creator 2.0 terlihat “jadul“, produk ini bekerja cukup baik ketika saya gunakan di komputer dengan OS Windows XP dan Vista.