Sebuah handphone dengan fasilitas Java di pasar Indonesia bukanlah berita baru lagi. Hampir semua merek (lokal maupun branded) sudah dilengkapi dengan platform Java. Keuntungannya tentu saja, sang pemilik handphone bisa dengan leluasa menambah aplikasi ataupun game java favoritnya di situ.
Masalahnya, tidak semua aplikasi atau game untuk handphone yang jumlahnya beribu-ribu jenis itu cocok dengan selera sang pemilik gadget ini. Susahnya, setelah dicoba diinstall di handphone dulu, baru ketahuan sesuai selera atau tidak. Bah…
Sebenarnya, urusan mencoba-coba aplikasi atau game untuk handphone bisa dilakukan di komputer terlebih dahulu sebelum di install di handphone. Tentunya dengan bantuan sebuah program simulasi/emulator untuk aplikasi di handphone.
Keuntungannya tentu saja cukup banyak, diantaranya:

Menghemat waktu dalam memilih dan mencoba aplikasi.
Ini dikarenakan proses install di komputer jauh lebih cepat dibanding dengan install di handphone.

Tidak memberatkan kinerja handphone.
Diakui atau tidak, proses install dan uninstall aplikasi java di handphone akan membuat media penyimpanan di handphone akan terfragmentasi dan mengakibatkan handphone lemot.

Hemat pulsa (Nah, nih dia..).
Mengunduh aplikasi atau game java lewat handphone (wap) tentu akan sangat menguras pulsa, karena biasanya tarif yang berlaku adalah berapa KB besaran file yang diunduh.
Lain dengan mengunduh lewat komputer, pasti lebih murah.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, mencoba aplikasi atau game berbasis java untuk handphone bisa dilakukan di komputer dengan bantuan sebuah program emulator. Seperti gambar proses emulator java di bawah ini ketika saya coba untuk memainkan game java dan aplikasi yang lain:


Sementara syarat yang dibutuhkan ada 3 hal, yaitu program Java Runtime Environment (jre) untuk komputer, microemu (emulator Java), dan file aplikasi atau game java untuk handphone yang akan dicoba (file *.jar)
Khusus untuk jre, mungkin saja sudah terinstall di komputer sebelumnya, karena beberapa program komputer juga memasang jre ini terlebih dahulu agar bisa bekerja (contoh: OpenOffice.org). Untuk mengeceknya, silahkan periksa di Control Panel Windows, apakah ada simbol Java di sana (gambar cangkir dengan asap).

Tertarik untuk mencoba? Silahkan ikuti langkah berikut:

  • Siapkan file aplikasi atau game java untuk handphone yang akan dicoba (file *.jar).
  • Untuk komputer yang belum terpasang jre, download program ini dari Sun Microsystems. Tersedia dalam 2 jenis instaler: Online (web installer) ataupun offline (ini yang saya rekomendasikan). Lalu install di komputer.
  • Download program microemu sebagai emulator java dari Google ( file microemulator-x.x.x.zip).
  • Ekstrak file .zip ini dan double click file microemulator.jar untuk menjalankan program emulatornya.
  • Pada menu File > Open MIDlet File > dan pilih file aplikasi atau game java yang akan dicoba (file *.jar).
  • Itu saja.

Program emulator ini hadir dengan tampilan standar display seperti handphone. Jika Anda ingin menyesuaikan dengan ukuran display handphone yang Anda miliki, silahkan pilih menu Option > Select device… > Resizable device > OK. Lalu klik tombol Resize (pojok kanan bawah), lalu masukkan ukuran display yang diinginkan (sesuai handphone Anda).

Selamat mencoba.