RBTrayBagi pengguna komputer (Windows) yang cukup dinamis, membuka beberapa aplikasi/software sekaligus adalah rutinitas keseharian. Sebagai contoh, membuka Adobe Reader, Notepad, Calculator, Browser internet, email client, Paint, (dan masih bisa lebih banyak lagi, karena inilah fungsi dasar Windows sebagai multitasking platform.
Atau.. Spider Solitaire yang cukup asyik untuk membunuh waktu senggang.
Bisa dibayangkan, bagaimana penuh sesaknya Taskbar Windows di bawah ketika semua aplikasi berebut tempat.

Taskbar penuh

Syukur-syukur kalau software tersebut punya fasilitas me-minimal-isirkan dirinya ke system tray, sehingga masih bisa menyisakan tempat kosong di Taskbar. Kalau tidak?

Untuk hal seperti inilah diciptakan RBTray, sebuah software kecil gratis yang punya fungsi khusus untuk meminimalkan semua aplikasi yang diinginkan dan masih terbuka di desktop ke lokasi yang paling strategis: icon di system tray.
Tidak hanya aplikasi, RBTray juga mampu meminimalkan semua tampilan standard Windows yang terbuka, seperti Notepad, My Documents, bahkan Recycle Bin!

Cara penggunaannya juga sangat mudah: Cukup double Click file RBTray.exe, yang akan membuat program ini berjalan secara background dan resident/menetap di memori.
Lalu klik kanan mouse pada tombol minimal pada semua tampilan window yang terbuka di desktop yang ingin diminimalkan ke system tray.

Klik kanan untuk me-minimal-kan

Lalu, Mama mia…. semua langsung berbaris rapi dalam bentuk icon-icon di system tray!

Icon-icon di system tray

Untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di-minimal-kan ke ukuran semula (restore), cukup dengan klik kanan mouse Anda di icon aplikasi tersebut (yang ada di system tray).
Mudah bukan?

Sayangnya, program portabel kecil tanpa proses install ini memang sangat sederhana, tanpa fasilitas untuk menambahkan dirinya sendiri agar jalan otomatis ketika Windows start.
Artinya, pengguna harus menjalankan program ini secara manual agar bisa bekerja dan resident.

Jika Anda tertarik untuk mencoba program kecil nan asyik ini, silahkan download langsung dari SourceForge.net (ukurang file kurang dari 1MB).

Catatan:
Tidak semua aplikasi bisa diminimalkan ke system tray, tergantung dari design program tersebut, termasuk program-program yang sudah memiliki fasilitas meminimalkan dirinya sendiri ke system tray. Namun aktualnya, RBTray memang mampu meminimalkan hampir semua aplikasi atau window standard yang ada di desktop.