WinFlog ExtremeMematikan layar monitor ketika kita sedang tidak aktif di komputer adalah salah satu cara yang efektif untuk menghemat listrik. Bisa diatur agar layar monitor mati otomatis lewat menu “Power Scheme” setelah melewati masa idle tertentu, atau dengan cara yang paling ekstrim: Mematikan monitor lewat saklar power di panel monitor!
Eh, siapa bilang? Beberapa komputer atau laptop jaman sekarang sudah dilengkapi dengan keybord yang punya fungsi khusus mematikan layar monitor.
Lalu, bagaimana dengan komputer/laptop yang tidak memiliki tombol keyboard khusus?
Tidak masalah. Cukup dengan 2x klik mouse saja.
Mematikan layar monitor via software ataupun tombol keyboard khusus, adalah cara yang paling mudah dan aman untuk kelangsungan kehidupan sebuah monitor komputer, jika dibandingkan dengan mematikan layar monitor lewat saklar fisik.
Seperti yang mampu dilakukan oleh software yang satu ini, WinFlog: mematikan layar monitor dengan 2x klik mouse: Klik kanan –> Klik kiri

Additional option

Tidak hanya itu. WinFlog juga mempunyai fitur lain yang cukup bagus untuk mematikan ataupun mengaktifkan fitur Windows yang lain, diantara untuk membuka (eject) CD/DVD drive, efek AERO dan Flip 3D (2 fitur terakhir hanya untuk Windows Vista).

Menilik 4 fitur yang disediakan di atas, bisa dipastikan bahwa WinFlog memang ditujukan untuk pengguna Windows Vista. Dengan ukuran paket program yang cukup kecil, kurang dari  400KB saja, WinFlog adalah software wajib yang mesti dimiliki pengguna Vista, karena fitur ON/OFF Aero dan Flip 3D yang dimiliki bisa sangat membantu ketika pengguna memerlukan memori lebih untuk suatu pekerjaan tertentu. Ya, siapa yang tak kenal Vista: Seri Windows yang paling haus memori di antara seri yang lain.

Lantas, bagaimana dengan pengguna Windows yang lain, XP atau 7 misalnya?
Khusus untuk Windows 7, saya tidak tahu.. Nah lho? (Saya tidak punya Windows 7, jadi tidak bisa mencoba langsung). Jadi, silahkan dicoba sendiri ya..
Sedangkan untuk Windows XP, hanya fitur ON/OFF monitor dan Eject CD yang bisa didapatkan, itupun juga perlu software tambahan ekstra yang mesti diinstall terpisah, yaitu Microsoft .NET FrameWork.

Bagaimana, tertarik?
Silahkan download WinFlog dari Softpedia.

Catatan untuk pengguna XP:
Bagi yang masih berminat dengan software ini, Anda harus memastikan bahwa komputer Anda sudah terinstall Microsoft .NET FrameWork (bisa dilihat di menu Add or Remove Programs yang ada di Control Panel Windows).
Jika belum, bisa download versi offline dari Softpedia;
atau versi terbaru online (v4.0, web installer) dari Microsoft (Verifikasi keaslian Windows mungkin akan dilakukan di sini).